Tips Memanfaatkan Blog Ini

  1. Perhatikan tanggal penulisan dan tanggal update artikel. Semakin baru tanggal-tanggal ini, semakin valid informasi yang tercantum.
  2. Harap membaca komentar-komentar terkait sebelum bertanya; bisa jadi hal yang ingin Anda tanyakan sudah terjawab.
  3. Pertanyaan dapat disampaikan lewat bagian komentar atau lewat akun Twitter @asyafrudin.

Kamis, 09 Maret 2017

Lapor SPT Tahunan Online Lewat e-Form

Sepertinya tulisan ini agak terlambat dipublikasikan, tapi toh lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Dalam tulisan ini saya akan membahas cara lapor SPT Tahunan menggunakan e-Form. e-Form adalah layanan pelaporan SPT Tahunan secara online seperti e-Filing. Hanya saja, sedikit berbeda dengan e-Filing, pengguna e-Form tidak perlu terhubung ke Internet terus-menerus karena pengisiannya dilakukan secara offline. Pengguna e-Form hanya perlu terhubung ke Internet saat mengunduh e-Form beserta viewer-nya dan saat mengirim data SPT lewat e-Form tersebut. Sesuai dengan karakteristik tersebut, pengguna e-Form pun tidak perlu kuatir muncul masalah login timeout yang berpotensi membuat data kita hilang (dan harus mengulang pengisian dari awal).

Untuk mulai menggunakan e-Form, ikuti langkah-langkah mudah berikut ini:
  1. Login lewat djponline.pajak.go.id.
  2. Masuk ke profil lengkap (bukan profil singkat ya).
  3. Scroll ke bawah, centang e-Form, klik "Ubah Akses". Bila sukses, fitur e-Form akan aktif dan siap digunakan.
  4. Login kembali lewat djponline.pajak.go.id.
  5. Klik link (atau logo) e-Form.
  6. Klik link "Download Viewer" di menu sebelah kanan.
  7. Install aplikasi yang sudah di-download. Bila sukses, komputer kita sudah dilengkapi viewer untuk membuka e-Form.
  8. Kembali ke halaman e-Form, klik "Buat SPT".
  9. Ikuti petunjuk, klik tombol "e-Form ...".
  10. Ikuti petunjuk, klik "Kirim Permintaan". Bila sukses, e-Form SPT yang kita butuhkan akan di-download langsung ke komputer kita. Selain itu, kita akan menerima kode verifikasi yang akan kita gunakan saat mengirim SPT yang sudah kita isi.
Tampilan Dashboard DJP Online setelah e-Form aktif
Menu Form Viewer
Contoh Pilihan Buat SPT untuk SPT 1770 S
Pesan Sukses Hasil Permintaan e-Form SPT
Di sini kita sudah memiliki e-Form SPT, viewer untuk membukanya, dan kode verifikasi untuk verifikasi pengirimannya. Selanjutnya, untuk mengisi dan melaporkan SPT Tahunan melalui e-Form, ikuti langkah-langkah mudah berikut ini:
  1. Klik 2x e-Form SPT yang sudah kita download.
  2. Pada form SPT yang tampil, isi data SPT yang benar sesuai petunjuk.
  3. Klik tombol di bagian atas untuk berpindah dari halaman yang satu ke yang lain.
  4. Bila data SPT masih ada yang kurang, klik tombol Save (tombol dengan ikon disket kecil) agar data yang sudah diisi tidak hilang. Pengisian SPT Tahunan dapat dilanjutkan lain waktu.
  5. Bila data SPT sudah benar, klik "Selesai". 
  6. Isi kode verifikasi yang kita terima, kirim SPT.
Proses pelaporan SPT Tahunan menggunakan e-Form pun selesai kita lakukan. Mudah, cepat, dan tidak butuh koneksi Internet yang konstan. Kalau masih ada data yang salah, kita pun bisa melakukan pembetulan SPT. Nyaman, bukan? :)

Semoga bermanfaat!

--
Amir Syafrudin

59 komentar:

  1. bagaimana jika e-mail yang didaftarkan sudah tidak aktif. bolehkah menggunakan e-mail baru ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau masih bisa login, Anda bisa ubah email terdaftar di profil Anda. Kalau Anda tidak bisa login, misalnya karena lupa password, coba gunakan fitur Reset Password. Di situ, kita bisa minta agar password baru kita dikirim ke email kita yang baru.

      Hapus
  2. kok pake eform..setelah selesai dia malah minta diunggah file dengan ukuran 400mb..gimana tu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Permintaan untuk mengunggah file itu ada di bagian mana ya? Boleh diperjelas?

      Hapus
  3. mau tanya pak, ikon kirim di spt online kok belum aktif kalau saya pas mengerjakan. saya cuma bisa berhenti di peryataan, peryataan saya tunggu lama bgt, tidak muncul kotak 2 , yg isinya ya / tidak. Kalau sudah mencetang itu, tombol kirim lgsung aktif. trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf. Pertanyaannya bisa diperjelas? Ini ada di bagian mana?

      Hapus
  4. bagian INDUK yang F pak, yang ada tulisan "Pernyataan" kan
    seharusnya muncul kotak keci l dengan alasan
    setuju/agree , la setelah itu, ikon kirim baru aktif (sampai halaman
    terakhir) pak,
    La dalam beberapa hari ini tak coba trus, gak bisa2 pak, satu jam saya
    tunggu, gak bisa muncul
    . trimkasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini e-Filing ya; bukan e-Form? Tidak ada pesan error?

      Hapus
  5. ya pak e-filling bukan e form pak, tidak ada pesan eror tu pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk bisa bantu lebih lanjut, sepertinya saya perlu lihat screenshot-nya. Silakan kontak saya lewat akun jejaring sosial yang tercantum di sidebar blog ini. Dengan begitu, informasinya bisa lebih rinci dan lebih jelas.

      Hapus
  6. Selamat Siang,

    Pak, mau tanya perihal login website eform..
    kenapa yach saya selalu gagal ?

    pesan gagal :
    Error 001 : Username atau password yang anda masukan salah

    padahal kalo saya masuk ke djponline pasti bisa !

    mohon bantuannya pak.

    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dicoba lagi, Mas? Mungkin pas Mas akses, ada kendala teknis. Barusan saya coba login dan berhasil.

      Hapus
    2. sudah saya coba berulang kali pak, tapi tetap sama errornya.
      dan anehnya, untuk npwp yang lain pasti bisa.. :(

      kira kira, kesalahan dimana yach pak ?

      Hapus
    3. Sudah coba lapor lewat Kring Pajak? Kalau lapor lewat Kring Pajak, seharusnya bisa minta dicek NPWP-nya. Mungkin ada hal teknis yang menjadi kendala NPWP-nya Mas gak bisa login. Kalau di tempat umum seperti ini, gak mungkin share NPWP. Maaf kalau kurang membantu.

      Hapus
    4. Oya, sebelumnya sudah mengaktifkan fitur e-Form lewat bagian Profil Lengkap di DJP Online?

      Hapus
    5. Sore Pak.

      saya sudah coba telp kring pajak tapi tidak pernah bisa masuk.

      dan utk fitur eform sudah saya aktifkan Pak.

      okeh Pak, sementara lapor manual dulu dech.

      terima kasih

      Hapus
    6. Oke, Mas. Semoga tidak kapok menggunakan layanan elektronik dari Ditjen Pajak ya. Btw, e-Filing juga gak bisa kah?

      Hapus
  7. saya coba lapor pake e-form spt 1770 tapi kok lampirannya cuma 1770-IV aja ya pak? tidak ada kolom hal sebelumnya dan kolom hal sesudahnya tidak bisa di klik, itu kenapa ya pak? mohon penjelasannya. mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya form 1770 terbaru memang hanya sampai Lampiran IV. Seharusnya tidak ada lagi lampiran setelah itu. Apa seharusnya ada lampiran lain? Mohon diperjelas.

      Hapus
  8. Pak..mau tnya..pas d bagian "kirim permintaan" e form SPT yg dibutuhkan kenapa tidak terdownload lgsung y ke komputer saya? Jd saya tidak bs menujunke thap brikutny.. Pdhal sy sudah download e form viewerny dan d install...mohon penjelasan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kode verifikasinya sudah masuk ke email?

      Hapus
    2. Ga ada kode vrifikasi msk pak..stelah kirim permintaan cm muncul tulisan "SPT yg ingin anda donlod sdh trlapor. Pstikan no pmbetulan yg akan anda buat bnr"....mohon ptunjukny?

      Hapus
    3. Ga ada kode vrifiksi msuk pak..stlh kirim prmintaan cmn muncul tlisn " SPT ingin anda donlod sdh trlapor.pstikan no yg ingin anda buat bnar"....mohon petunjukny pak?

      Hapus
    4. Sesuai pesannya, mungkin Mas Winardi salah pilih tahun dan nomor pembetulannya. Waktu buat SPT, pilihan tahun dan isian pembetulannya seperti apa?

      Hapus
  9. SPT untuk th 2016..tahun pembetulan ke 0..kirim token saja sy tidak centang...saya mengikuti langkah2 yg bpk tuliskan ...tp tetep tdk mau muncul untuk mengunduh form 1770..gmna y pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh, mau lapor SPT untuk tahun lalu ya? Memangnya tahun lalu belum lapor SPT?

      Hapus
  10. Eh slh pak..mksudny 2017..lapor yg th 2017 spt ny

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seharusnya lapor SPT terbaru ya. Kok bisa ada pesan kalau SPT 2017 pembetulan 0 sudah ada ya? Oya, di arsip SPT yang sudah terkirim (dalam aplikasi e-Filing), SPT 2017 pembetulan 0 itu memang tidak ada kan?

      Hapus
    2. Sudah bisa nih pak..skrg sy sdng tahap mngisi form 1770-IV bagian A: Harta pada akhir th...tapi sy menemui kendala pak dimana untuk kolom "Nama Harta" dan "Harga Perolehan" itu tidak muat Spaceny dman untuk harga cuma smpai ratusan ribu saja slbih dari itu tidak bs...mohon petunjukny?

      Hapus
    3. Kok tiba-tiba bisa, Pak? Masalahnya di mana, solusinya apa?

      Hapus
    4. Sudah bisa smua pak..sudah selesai sampai akhir..kmarin ada salah ketik n kslahan2 yg tidak cermat...smuany panduan langkah2 yg d sampaikan oleh pak amir MANTAP....makasih banyak pak! Salam Sukses!

      Hapus
    5. Terima kasih atas apresiasinya, Pak. Senang bisa membantu. Tapi sepertinya ada banyak kendala yang Bapak selesaikan sendiri tanpa bantuan saya. :)

      Hapus
  11. Pak Amir, saya sudah isi e-form semua, sampai SPT 1770 Induk, disitu kolom telp merah (kolom harus diisi), padahal sdh otomatis ada muncul no telp rumah saya. Jadi kendalanya saya tidak bisa submit karena dianggap ada kolom yg belum diisi. Bisa dibantu solusinya Pak? saya sdh coba hapus dan tulis ulang tetap kolom telp itu merah terus pak. thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut informasi yang saya terima, kalau kolomnya sudah terisi dan masih merah, kemungkinan formatnya ada yang salah. Di isian nomor telepon itu ada karakter selain angka, misalnya strip? Kalau ada, coba isikan angka saja.

      Hapus
    2. terima kasih Pak Amir, ternyata memang benar penulisan 021-xxx, dibuang tanda (-) jdi bisa. saya coba lanjut submit deh.semoga tdk ada kendala lagi, thx Pak

      Hapus
    3. Saya mengalami masalah yang sama yaitu kolom nomor telepon yang berwarna merah. Sudah 2 hari saya utak-utik. Alhamdulillah akhirnya saya menemukan Blog ini. Terima kasih dan semoga Allah Subhaanahu wa Ta 'aala memberikan keberkahan kepada Pak Amir Syarifudin dan Pak Anonim. Aamiin.

      Hapus
  12. Assalamualaiku pak....sya cba download atau kirim permintaan eform tpi selalu sja ggl...muncul pesan "silahkan cem status npwp anda di kpp....sdgkan yg lain alhamdulillah berhasil....mhon bantuanya pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut informasi yang saya dapatkan, pesan seperti itu menandakan bahwa Bapak/Ibu perlu memastikan beberapa hal di KPP tempat Bapak/Ibu terdaftar. Sayangnya hal apa saja yang perlu dipastikan, saya tidak bisa tahu. Silakan datang ke KPP tempat Bapak/Ibu terdaftar untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas.

      Hapus
  13. Selamat sore pak, saya sudah ada di halaman terakhir e form namun tidak bisa di submit karena kolom tanggal selalu merah, padahal saya sudah menggunakan kalender yang sudah di sediakan .. bagaimana caranya supaya tidak merah lagi ya pak ? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba Date and Time pada Control Panel Laptop atau PC di Reset saja. saya coba berhasil

      Hapus
  14. Saya udah isi semua e form spt 1770..tapi selalu gagal submit...tertulis ada field yg kosong or masalah server

    BalasHapus
  15. Pak,
    Mohon petunjuk dalam mengisi di Kolom harta apa harus terisi kah?
    Karna muncul di Kolom warna merah yang Ada petunjuk harus diisi?
    Bagaimana cara agar di Kolom harta bisa dikosongkan.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  16. mohon pencerahan pak. sy cb submit lewat e-form thb pajak 2017,tp selalu keluar kode tdk valid. pdhl di thn pajak 2016 sy lapor lwt e-form lancar jaya. thanks sebelumnya

    BalasHapus
  17. Pak.. mau nanya, kalo pas mau submit eform muncul pesan eror gagal membuat BPE, bps spt sebelumnya blm ada itu kenapa yaa terimakasih

    BalasHapus

  18. sy kesulitan pd saat upload e form
    tertulis token tdk valid
    tlg.....
    tq

    BalasHapus
  19. kenapa di email saya belum masuk bkti tand

    BalasHapus
  20. kenapa di email saya belum masuk bkti tanda terima penyampain spt,padahal sy pake e form.tlg solusiny...trims...

    BalasHapus
  21. SAYA SDH SELESAI ISI DAN DAPAT KODE VERIFIKASI MELALUI EMAIL TP PADA SAAT DI SUBMIT ADA KOTAK YG TERTERA ANDA LG OFFLINE PADAHAL SAYA SDH BUKA DJP ONLINE DAN SUDAH ONLINE ..APA YANG HARUS SAYA LAKUKAN ? SEBELUM SUBMIT KOQ TIDAK SAYA TEMUKAN KOLOM SELESAI YA

    BalasHapus
  22. Saya sudah isi sesuai petunjuk pak...kok ngga bisa di submit ya....mohon informasinya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada beberapa kemungkinan. Mungkin karena koneksi Internet, mungkin karena versi OS-nya. Bisa share info terkait itu?

      Hapus
  23. Mohon info pak.. saya sudah isi semua dan tidak ada kolom merah, dan sudah masukkan kode verifikasi.. namun saat klik submit yg muncul dialog box kosong saja.. apa yang harus saya lakukan pak.. terima kasih

    BalasHapus
  24. Mohon infonya pak.. Saya sudah isi e-form lengkap, tidak ada kolom merah.. ketika mau submit muncul kotak dialog bertulis "Pastikan anda sudah mengisi field dengan benar dan tersambung ke internet ! Jika pesan ini masih muncul, ada kesalahan pada koneksi ke server."

    Apa yang harus saya lakukan pak? terimakasih.

    BalasHapus
  25. Pak kalo setelah submit eform keluar error berupa tanda seru kenapa ya ? mohon petunjuknya terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada screenshot-nya? Silakan dikirim ke email saya.

      Hapus
  26. Pak, mohon pencerahan. Setelah semua selesai mau masukan kode verifikasi yg dikirim lewat email dan saya copy paste di e-form dan saya submit. Muncul token anda tidak valid. Kode verifikasi = token.

    BalasHapus
  27. Mohon bantuannya pak,saya mau submit eform tapi muncul dialog box anda menggunakan spt verai lama,bagaimana ya pak?

    BalasHapus
  28. Mohon bantuannya pak, setelah saya klik buat spt terus saya klik 2018 klik normal terus klik permintaan proses gagal kenapa ya pak?

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.