Tips Memanfaatkan Blog Ini

  1. Perhatikan tanggal penulisan dan tanggal update artikel. Semakin baru tanggal-tanggal ini, semakin valid informasi yang tercantum.
  2. Harap membaca komentar-komentar terkait sebelum bertanya; bisa jadi hal yang ingin Anda tanyakan sudah terjawab.
  3. Pertanyaan dapat disampaikan lewat bagian komentar atau lewat akun Twitter @asyafrudin.

Minggu, 17 Februari 2013

Bayar Pajak Kendaraan / Perpanjang STNK Kendaraan (Revisi)

Tulisan ini merupakan edisi revisi dari
http://bagaimana-cara.blogspot.com/2008/11/urus-pajak-kendaraan.html
Tulisan ini mengacu kepada pengalaman Penulis mengurus STNK kendaraan sendiri, baik motor maupun mobil, di Samsat Ciledug.

UPDATE (15 Januari 2014)
Tambahan informasi dari pembaca yang bernama Ariwidodo:
Sekedar info untuk samsat jatim pembayaran pajak tahunan bisa tanpa bpkb, Saya bayar pajak april 2013 tanpa bpkb di samsat lamongan

Tulisan Awal
Mengeluarkan uang untuk membayar pajak kendaraan adalah pekerjaan rutin tahunan bagi para pemilik kendaraan bermotor. Yang tidak bisa mematuhi aturan pembayaran pajak kendaraan (dan tentunya perpanjangan STNK kendaraan) akan dikenakan denda saat membayar pajak kendaraan tahun berikutnya. Perihal siapa yang akan mengurus pembayarannya tidak terlalu menjadi masalah karena mengurus pembayaran pajak kendaraan ini memang dapat diwakilkan.

Ketentuan bagi yang tidak bisa mengurus STNK sendiri (harus diwakilkan orang lain):
  1. Bila orang yang mewakilkan itu suami atau istri sendiri, tidak ada masalah.
  2. Bila orang yang mewakilkan itu anggota keluarga (selain suami atau istri), harap siapkan surat keterangan dari RT setempat dan fotokopi Kartu Keluarga sebagai bukti.
  3. Bila orang yang mewakilkan itu orang lain, misalnya tetangga sebelah rumah, harap siapkan surat kuasa. Surat kuasa ini harus menggunakan materai 6.000.
Persyaratan untuk pembayaran pajak kendaraan adalah sebagai berikut:
  1. KTP (Kartu Tanda Penduduk) pemilik kendaraan yang tercantum di STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) beserta 1 (satu) fotokopinya.
  2. STNK asli beserta 1 (satu) fotokopinya.
  3. BPKB asli beserta 1 (satu) fotokopinya.
Bila persyaratan tersebut sudah lengkap, pembayaran pajak kendaraan terkait dapat dilakukan di kantor Samsat setempat.

Prosedur pembayaran pajak kendaraan adalah sebagai berikut:
  1. Cek Fisik.
    Untuk perpanjangan STNK per 5 tahun, kendaraan terkait harus dibawa untuk dilakukan cek fisik. Kita akan mendapatkan berkas hasil cek fisik untuk melengkapi persyaratan mengurus STNK per 5 tahun.
  2. Pendaftaran.
    Dokumen yang menjadi persyaratan (dilengkapi hasil cek fisik bila kita memperpanjang STNK per 5 tahun) diserahkan ke bagian pendaftaran. Di bagian ini akan dilakukan pemeriksaan terhadap data yang tercantum dalam dokumen yang ada. Kita akan mendapatkan sejenis surat yang menerangkan tidak ada masalah dengan kendaraan terkait.
  3. Perpanjangan.
    Setelah selesai di bagian pendaftaran, kita lanjutkan ke bagian perpanjangan STNK dan menyerahkan semua dokumen yang menjadi persyaratan, termasuk surat keterangan yang kita dapatkan di bagian pendaftaran.
  4. Pembayaran pajak kendaraan.
    Setelah dokumen kita diproses, kita diharuskan membayar sesuai nominal pajak yang ditentukan.
  5. Pengambilan STNK dan SKPD (Surat Ketetapan Pajak Daerah).
    Setelah pembayaran dilakukan, STNK dan SKPD dapat diambil. Selain itu, KTP asli pemilik kendaraan juga dapat kita ambil kembali.
  6. Pengambilan Plat Nomor Baru.
    Setelah pengambilan STNK dan SKPD, untuk perpanjangan STNK per 5 tahun, kita dapat mengambil plat nomor yang baru untuk kendaraan kita.
Proses pembayaran pajak kendaraan seperti yang saya jelaskan memang terbilang cepat dan mudah. Dengan Samsat yang bersih, bebas calo, dan mengikuti prosedur yang baku, proses pembayaran pajak kendaraan tidak lagi menyulitkan para pemilik kendaraan bermotor seperti kita.

Semoga bermanfaat!

182 komentar:

  1. Baru ahu nih tentang STNK makasih yaaa

    BalasHapus
  2. Pak, kalau cuma perpanjang STNK tahunan itu sama nggak mekanismenya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama aja, Mas. Cuma untuk yang tahunan itu gak perlu Cek Fisik aja.

      Hapus
    2. tanya lagi, untuk hari sabtu buka nggak ya?

      Hapus
    3. Samsat Ciledug sih buka untuk hari Sabtu itu buka. Tapi kayaknya setengah hari deh. Saya agak lupa. Biasanya saya ke Samsat Ciledug itu jam 8-9. Urusannya bisa selesai dalam waktu 1 jam. Yang lama nunggunya soalnya banyak pengurus. :)

      Hapus
    4. Motor saya pengambilan bandar lampung, mau perpanjang stnk dibandar lampung, tapi ktp saya jakarta, apa bisa pak tanpa surat domisili. Karena surat domisili waktu pengambilan hanya berlaku 6bln dan sudah mati skrg, mohon infonya syarat yg benar

      Hapus
  3. Klo mengurus sim c yg sudah diblokir bisa ngak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk kasus ini saya tidak bisa bantu. Mohon maaf.

      Hapus
  4. kalo mobil saya atas nama ayah saya,ayah saya lg sakit, apa perlu surat kuasa atau fotocopy KK saja dan bawa ktp, bpkp dan stnk asli saja kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya cukup dengan membawa fotokopi KK untuk membuktikan kalau Mas/Mbak Anonim memang anak pemilik kendaraan. Jangan lupa membawa KTP sendiri untuk bukti pendukung seandainya petugas yang memeriksa agak kaku. Kalau petugasnya cukup fleksibel, biasanya cukup dengan BPKB, STNK, dan KTP pemilik kendaraan yang asli.

      Semoga membantu.

      Hapus
  5. oh terimakasih mas amir sarannya, soalnya dulu supir saya harus bawa surat kuasa, takutnya nanti saya juga d mintakan surat kuasa. surat" nya d sertakan fotocopy juga ya dari tiap masing" surat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seingat saya, pernah saya lihat ada yang mengaku saudara pemilik kendaraan pun disuruh bikin surat kuasa. Mungkin jawabannya kurang meyakinkan. Kalau mengaku anak dan ada buktinya, seharusnya lancar saja. Kalau saya sendiri mengurus kendaraan atas nama istri, tidak pernah bermasalah.

      Semua berkas asli memang harus disertakan fotokopinya. Sebaiknya semua berkas dimasukan ke dalam map agar tidak tercecer. Kalau di Samsat Ciledug, saya biasanya hanya bawa berkas asli. Urusan fotokopi dan map saya serahkan ke jasa fotokopi di Samsat itu. Bayar 5.000 dan terima beres berkasnya sudah tersusun rapi di dalam map.

      Hapus
  6. oh begitu ya, jd lebih amannya bawa kk saja. kalo gk ya bawa surat kuasa berarti, kalo yang 5 tahunan ini kendarannya butuh d bawa tidak? tidak perlu ya kayaknya mas,

    oh begitu, kalo begitu tidak perlu repot" fotocopy sendiri.


    kalo saya baru pertama kali, apa yang harus saya lakukan setelah sampai samsat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk yang 5 tahunan, kendaraannya perlu dibawa karena harus dilakukan Cek Fisik. Setelah fotokopi berkas, langsung cek fisik kendaraan saja. Selanjutnya tinggal ikuti prosedur yang saya paparkan di atas.

      Hapus
    2. oh begitu, jadi pertama datang di samsat lgs saja di parkir lalu menuju mana biasa nya?

      Hapus
    3. Di masing-masing tahap yang saya jelaskan itu ada loket-loketnya. Jadi silakan ditanya posisi loket-loketnya di Samsat saja. Kalau fotokopian sudah siap, langsung ke bagian cek fisik, lanjut ke pendaftaran. Terus saja ikuti langkah-langkahnya.

      Hapus
  7. kl byr pajak stnk d surabaya tp alamat ktp n spd mtrx daerah luar surabaya bs gk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya untuk pembayaran pajak kendaraan itu sifatnya lokal di samsat penerbit STNK karena data kendaraan kita tidak bisa diakses dari samsat lain. Jadi bayar pajak untuk kendaraan dengan STNK dari Surabaya harus di Surabaya juga. Itu info yang saya tahu sampai saat ini.

      Hapus
  8. numpang tanya bos...saya barusan beli mobil carry dengan plat H (semarang) sedangkan domisili saya sekarang ada di Pangkalan bun (kalteng). Saya akan memperpanjang stnk soalnya bulan 12-2013 nanti masanya dah berakhir. Gimana caranya ya gan perpanjanganya? A pakah harus ke Semarang? Minta tolong prosedurnya satu-satu bos, maklum saya baru aja punya mobil. Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tidak mau sekalian balik nama, setahu saya harus urus perpanjangan STNK-nya di Semarang. Itu pun harus pakai KTP pemilik sebelumnya. Kalau mau sekalian balik nama, saya gak bisa bantu karena saya belum pernah mengurus balik nama.

      Mohon maaf kalau kurang membantu.

      Hapus
  9. Permisi... jalo misalnya BPKB di leasingkan bagaimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya harus mengurus surat pengesahan BPKB. Jadi kita minta fotokopi BPKB ke pihak leasing terus minta pengesahan untuk fotokopi BPKB itu ke Polda terkait. Selanjutnya tinggal urus pajaknya saja.

      Hapus
  10. Permisi mau nanya, motor saya plat B, tapi sekarang motor ada di bandung, buat perpanjang yg 5 tahunan bisa di lakukan di samsat daerah bandung tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya saat ini belum bisa karena data samsat daerah Jakarta tidak bisa diakses oleh samsat daerah Bandung.

      Hapus
  11. Kalau Motor saya masih kredit (belum ada bpkb/masih di leasing),untuk perpanjang stnk tahunannya bagaimana ya mas? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minta fotokopi BPKB dari pihak leasing kemudian minta pengesahan BPKB dari Polda setempat. BPKB yang sudah disahkan oleh Polda itu yang dipakai sebagai persyaratan pengganti BPKB asli.

      Hapus
  12. saya ingin tanya , jika stnk asli+bpkb asli+photocopy ktp asli. bisa atau tidak untuk memperpanjang STNK yg sudah telat 3 bulan tersebut ?
    Tadi siang saya coba ke mobil keliling perpanjang stnk , di jakarta utara. katanya tidak bisa. berdasarkan saya tidak membawa ktp asli , akan tetapi saya membawa kartu keluarga asli. tetap tidak bisa.

    bagaimana solusi tersebut ? untuk memperpanjang stnk bapa saya yg sudah telat 3 bulan. dan posisi bapa saya di luar daerah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya KTP asli itu memang syarat mutlak. Dalam hal ini, sebaiknya Mas Beny minta bapaknya mengirimkan KTP aslinya menggunakan jasa pengiriman. Sepertinya tidak ada alternatif lain untuk mengatasi kendala ini.

      Hapus
  13. Amir Syafrudin24 Juni 2013 11.19

    Menurut saya cukup dengan membawa fotokopi KK untuk membuktikan kalau Mas/Mbak Anonim memang anak pemilik kendaraan. Jangan lupa membawa KTP sendiri untuk bukti pendukung seandainya petugas yang memeriksa agak kaku.

    ( nah luh bearti bisa donk ? saya malah melebih dari itu , membawa kk asli ktp asli saya + photo copy ktp asli Bapak saya ) sempat mengisi form yang diberikan. saya sebagai anak bapa akan tetapi tetap tidak bisa memperpanjang STNK motor.

    duh membingungkan. KTP DAN KK mana yg lebih kuat ya.. padahal NIK bpkb dan stnk sama sesuai dengan kk + saya sebagai anggota keluarga yang tertera di KK asli.

    http://www.zonapedia.com/bayar-pajak-kendaraan-gak-perlu-pake-calo.html
    web diatas juga membingungkan , kalu seandainya ktp ilang bisa pakai kk.

    Waduh" membingungkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang Mas Beny kutip dan Mas Beny tanyakan itu dua hal yang berbeda. KTP asli dari orang yang namanya tercantum di BPKB itu syarat mutlak untuk mengurus STNK. Nah maksud KK dan KTP sendiri yang Mas Beny kutip itu dipakai bila yang mengurus STNK itu diwakilkan oleh keluarga (anak atau istri). Untuk persyaratan urusan perwakilan ini kelihatannya memanh tidak saklek, tapi KTP asli yang sesuai dengan BPKB itu setahu saya memang syarat mutlak.

      Demikian penjelasannya. Semoga tidak menambah bingung.

      Hapus
  14. mas saya mau tanya? kan saya punya motor itu masih kredit itu bagaimana fotocopy BPKB nya kan saya belum dapet? terus untuk masalah KTPnya kan itu pake KTP orang lain bukan punya saya? apakah KTPnya harus punya orang lain tidak bisa punya saya gitu?
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fotokopi BPKB harus diminta ke pihak yang memberikan kredit. Untuk KTP harus KTP asli sesuai yang tercantum dalam BPKB.

      Hapus
  15. wah , ternyata bener.. Tidak bisa di perpanjang Stnk motor keluarga sendiri.
    meskipun di wakilkan pihak keluarga.

    berdasarkan musti ada KTP asli pemilik kendaraan tersebut. pengganti ktp asli dengan Kartu Keluarga asli ( tidak berlaku )untuk memperpanjang STNK motor.


    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan begitu kesimpulannya, Mas. Diwakilkan tetap boleh, apalagi kalau yang mewakilkan adalah keluarga sendiri. Tapi tetap saja KTP asli yang tercantum di BPKB itu harus disertakan. Contohnya saya sendiri yang mengurus perpanjangan SNTK motor atas nama istri saya. Yang mengurus perpanjangannya ke Samsat itu saya sendiri, tapi saya tetap melampirkan KTP asli istri saya dalam berkas persyaratannya. Begitu maksud saya.

      Hapus
  16. oia betul mas , intinya ktp asli musti ada. ada ktp asli mudah jadi gk bingung , gk usa pakai kk.
    langsung biro jasa bisa. bayar pajak + jasa beres.
    kk saya taru dirumah saja.

    http://samsat-pkb.jakarta.go.id/INFO_PKB/

    BalasHapus
  17. bener ga sich,klo jatim udah bis aperpanjangan STNK tanpa membawa BPKB?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang tahu, Mas/Mbak. Tapi kalau bisa berarti ada terobosan baru tuh. Soalnya BPKB kan penting untuk membuktikan keaslian STNK.

      Hapus
    2. pak amir,,saya mau perpanjang mobil..tapi saya tidak punya kartu identitas pemilik mobil tsb,,cos waktu saya beli mobil ga ada kesepakatan boleh pinjam ktp atau identitass,,,responya pak thanks

      Hapus
    3. Setahu saya dalam kondisi seperti itu, kalau sesuai prosedur, Mas Lutvi diharuskan balik nama mobilnya sekalian.

      Hapus
  18. Mohon infonya kira2 bisa tidak perpanjang STNK tahunan dengan kondisi BPKB dan STNK atas nama sendiri dengan alamat Tangerang, tetapi alamat di KTP adalah Jakarta?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya, prosedurnya mengharuskan data di STNK, BPKB, dan KTP itu sama, tapi sepertinya aturan ini agak longgar. Saya pernah melihat orang yang memperpanjang STNK, tapi nama di KTP tidak sesuai dengan di BPKB. Menurut pengakuannya, yang salah adalah nama di KTP.

      Awalnya petugas Samsat tidak mau menerima berkasnya, tapi orang itu masih "memaksa". Si Petugas lalu menanyakan SIM-nya. Rupanya nama di SIM orang itu sama dengan nama di BPKB. Akhirnya si Petugas meminta orang itu untuk mengganti KTP dan fotokopi KTP dengan SIM dan fotokopi SIM.

      Jadi untuk kasus Mas Anonim bisa saja KTP-nya diganti dengan SIM kalau alamat di SIM sama dengan alamat di BPKB. Mungkin juga perbedaan alamat itu masih diperbolehkan asalkan namanya masih sama persis. Jadi sebaiknya ditanyakan langsung ke Samsat terkait.

      Demikian yang saya tahu.

      Hapus
  19. Assalamualaikum mas amir. Tahapan Prosedur pembayaran pajak kendaraan kan
    1. Cek Fisik
    2. Pendaftaran
    3. Perpanjangan
    4. Pembayaran pajak kendaraan.
    5. Pengambilan STNK dan SKPD (Surat Ketetapan Pajak Daerah).
    6. Pengambilan Plat Nomor Baru.
    Yang mau saya tanyakan itu, normalnya pada tahapan mana aja kita diharuskan bayar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam.

      Yang perlu dibayar itu cek fisik dan pajaknya saja.

      Hapus
  20. mir amir...... gimana kabar sikembar..?
    tadi siang ngurus pengesahan pajak tahunan dan pembaharuan stnk di samsat ciledug lancar jaya selama syaratnya dipenuhi..
    *extetanggameja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kabar baik, Mas Abu. Anak-anak pun sehat. :)

      Enak kan ya di Samsat Ciledug. Bersih dan lancar. Gak dipersulit juga. :)

      Hapus
  21. mau nanya
    kalo di stnk, tulisannya BERLAKU SAMPAI: mar 2014
    tapi di motor, 03-18, itu kasusnya gimana???
    tapi stnknya ditetapkan februari 2013 sih....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin "Maret 2014" itu maksudnya masa berlaku pajak tahunan, sementara masa berlaku STNK-nya sendiri sampai Maret 2018.

      Hapus
  22. Apa benar mas jika kita memperpanjang pajak stnk tahunan yg msih kredit..harus meminta foto copy BPKB dan surat keterangannya dari pihak leasing setiap kita mau mperpanjang...apakah tidak bisa fotocopy BPKB dan surat keterangannya yg lalu dipergunakan kembali....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya benar, Mas. Saya kurang tahu apakah boleh pakai yang lama atau tidak. Saya tidak punya pengalaman untuk masalah ini. Mohon maaf kalau kurang membanti.

      Hapus
  23. IiMau tanya pak, saya disuruh bos untuk membayar pajak tahunan mobil, tapi di stnk nya tertulis pemilik mobil nya ada lah nama perusahaan ( PT. xxx ) , trus kalo mau bayar pajak di samsat pake KTP nya siapa ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang dipakai sebagai persyaratan bukan KTP, tapi dokumen-dokumen yang menerangkan perusahaan seperti SIUP, NPWP, dan sejenisnya. Sayangnya saya tidak punya informasi lebih lanjut tentang hal ini karena saya sendiri hanya pernah mengurus STNK atas nama saya pribadi. Mohon maaf bila kurang membantu.

      Hapus
  24. Sekedar info untuk samsat jatim pembayaran pajak tahunan bisa tanpa bpkb, Saya bayar pajak april 2013 tanpa bpkb di samsat lamongan

    BalasHapus
  25. pa BPKB bagean mananya yg hrs dphoto copy,,smuanya pa bagean bagean tertentu sajah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya cuma bagian Identitas Kendaraan, Identitas Pemilik, dan bagian lain yang ada isinya (misalnya bagian Perubahan). Saya sendiri biasanya ngandelin tukang fotokopi di Samsat. Jadi saya gak terlalu ngeh bagian mana aja yang di-copy. Maaf kalau kurang membantu.

      Hapus
  26. pak, minta tolong jelaskan prosedur pembayaran pajak tahunan dong.
    saya kemarin abis kena tilang karena belum bayar pajak. padahal keterangan di bukti pajak berlaku sampai mei 2013, sedangkan sy ingin bayar pajak selanjutnya di akhir mei 2014, biar sekalian gitu. karena stnk berakhir pd mei 2014.
    gimana itu?
    mohon penjelasanya, thanks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya, polisi itu gak berhak nilang kalau STNK kadaluarsa. Soalnya STNK kadaluarsa itu urusannya Samsat. Kita tinggal bayar denda aja ke Samsat. Cuma prakteknya tetap aja ditilang. Kalau udah ditilang itu saya kurang tahu prosedurnya. Mohon maaf kalau kurang bisa membantu.

      Hapus
  27. mas, sy mau tanya.
    saya mau perpanjang stnk motor akan diwakilkan suami, abis plat feb 2014 ini.
    yang mau sy tanyakan, januari 2014 saya pindah ikut suami sehingga alamat KTP baru, apakah bisa pakai ktp baru sdgkan alamat beda dgn stnk & bpkp? dan nanti prosedurnya bgmn ya mas?
    mhn pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya kalau alamatnya beda itu tidak bisa langsung diperpanjang. Nantinya alamat di BPKB harus diubah dulu sesuai alamat di KTP yang baru. Saya sendiri belum pernah mengalami kondisi seperti ini, tapi saya pernah lihat langsung orang yang mengalami kasus seperti ini. Petugas Samsat akhirnya menyarankan agar menggunakan SIM saja (bukan KTP) karena alamat di SIM dan di BPKB masih sama.

      Itu saja yang bisa saya sampaikan. Semoga membantu.

      Hapus
  28. Gan, mau myanya. Saya beli motor kredit di daeraj bogor. Untuk syarat pembuatan STNK saya pake Surat Domisili Sementara karena KTP sy masih KTP daerah. Skrg sy mau memperpanjang pajak tahunan. Apakah bisa perpanjang pajak klo pakai Surat domisisli sementara.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, Mas. Kalau untuk penggunaan surat keterangan domisili, saya kurang tahu.

      Hapus
  29. gan, ane beli sepeda motor seken yg pajaknya sampe 2011 sedangkan stnk nya sampe 2012.,atas nama orang lain minus fc ktp pemilik yg tertera di bpkb...yang ada cuman kuitansi pembelian dari showroom..
    pertanyaannya, kalo ane mw perpanjang stnk + pajaknya bisa gak kalo cuman melampirkan kuitansi pembeliannya dan ktp ane sendiri selaku pembeli (pemilik kendaraan yang sekarang)? soalnya ane tanya showroom katanya pemilik lamanya udh gbisa dihubungi??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perpanjang STNK dan membayar pajak kendaraannya pasti bisa, tapi kemungkinan prosesnya harus sekalian balik nama.

      Hapus
  30. Apakah sekarang ada peraturan baru untuk pengesahan BPKB fotokopi dari leasing? tahun lalu masih bisa di gerai samsat dengan biaya ACC BPKB 30 ribu rupiah. Hari ini saya coba tidak bisa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf, saya kurang tahu. Sewaku saya mengurus sendiri pengesahan BPKB kendaraan saya, saya mengurusnya langsung di Polda Metro Jaya.

      Hapus
  31. pak saya anak kuliah yg merantau kemarin membeli motor dr sorum motor tp tidak ada ktp asli pemilik motor,,
    Sekarang saya mau bayar pajak motor ,, itu prosedur nya gimana pak?? mohon penjelasan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya harus langsung urus balik nama saat membayar pajaknya.

      Hapus
  32. pak mw tanya. kl mw perpanjangan pajak STNK, tp nama yg di STNK orang lain, dan sya cuma punya fc ktpnya saja.
    bisa g pak kl saat perpanjangan yg dilampirkan fc ktpnya, bukan yg asli.
    dan kl motornya dari semarang saya urus di daerah kudus bisa g ya ? apakah sudah ada sintem online.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya harus ada KTP asli. Itu persyaratan mutlak. Untuk urus perpanjangan pajak (tahunan) beda kota seharusnya bisa karena motornya memang tidak perlu dibawa. Kalau untuk perpanjangan STNK (5 tahunan) bisa cek fisik di kota Kudus, kemudian berkasnya dibawa ke Semarang untuk diurus.

      Hapus
    2. dan denger2 kl tidak ada KTP asli, bisa diurus tp harus nembak (kata lain beri tip)
      apa bapak Amir yg baik hatinya pernah menemukan hal semacam itu ?
      terimakasih

      Hapus
  33. pak mau tanya, mobil saya status kredit, dan harus perpanjangan pajaknya ke daerah cirebon (karena mobilnya dari cirebon/ letter E). kira2 bisa ga kalo bayarnya di samsat bandung? dan syaratnya apa aja? trm kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya pengurusan pajak kendaraan belum bisa lintas samsat. Jadi untuk kasus Mas Aep, pembayaran pajak (perpanjangan STNK) harus diurus di Cirebon. Untuk syarat-syaratnya bisa dilihat di atas.

      Hapus
  34. gan mau nanya, ngurus pajak tahunan apa harus ke domisili ktp nya? ktp saya alamat rumah rumah orang tua di jakarta. tapi saya nya tinggal di bekasi. apa boleh ngurus di samsat terdeket yaitu bekasi? makasih jawaban nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya pengurusannya harus sesuai dengan KTP pemilik yang tercantum di BPKB. Tapi untuk Jabodetabek kelihatannya sudah online. Coba dipastikan langsung ke samsatnya.

      Hapus
    2. makasih gan jawaban nya. sukses terus blog nya ya

      Hapus
  35. Bagaimana cara bayar pajak motor Plat B, Sedangka saya bertempat tinggal di Jawa Tengah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya tetap harus diurus ke samsat yang mengeluarkan plat B itu.

      Maaf kalau kurang membantu.

      Hapus
  36. Pak amir saya mau ngurus pajak adik saya yang lagi di luar kota.apa syarat-syaratnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Persyaratan dan prosedurnya sudah dipaparkan di atas, Pak. Bila ada yang kurang jelas, silakan ditanyakan.

      Hapus
  37. Mas, minta info dong jika pengurusan perpanjangan stnk tahunan an perusahaan, surat kuasa di atas kop surat perush itu ada form khusus ga surat kuasa nya? Ato kita ketik sendiri aja. Thanks ya info nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sendiri belum pernah membuat surat kuasa seperti itu, tapi setahu saya tidak ada format khusus.

      Hapus
  38. Mas Amir kalau surat kuasanya bisa buat sendiri tidak sih?

    Minta contoh surat kuasanya dong mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya surat kuasa bisa dibuat sendiri. Sepertinya tidak ada format khusus untuk surat kuasa itu. Saya sendiri tidak pernah membuat surat kuasa untuk mengurus STNK. Jadi saya tidak punya contohnya. Mohon maaf sebelumnya.

      Hapus
  39. Berapa biaya balik nama gan, soal nya saya berencana mo beli mobil, tp plat L(surabaya) sdg kn domisili saya d kediri.

    Jd harus blik nma sekalian biar ntr gampang Urusan nya byrvpjak taunan nya.

    Skedar sharing ya gan, di mlysa, dimana pun mobil itu terdaftar, bisa bayar pajak taunan d samsat cabang mana pun d seluruh mlysa, bhkan d kantor pos pun juga bisa.

    kpn ya kira2 urusan STNK, BPKB DLL di indonesia juga bs di akses secara online D seluruh samsat.



    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sendiri belum pernah urus balik nama. Jadi untuk urusan balik nama, termasuk biayanya, saya kurang tahu. Mohon maaf kalau kurang membantu.

      Hapus
  40. mas mau nanya, ngurus pajak 5 tahunan apa harus ke domisili ktp nya?

    STNK saya alamat rumah jakarta selatan. tapi saya ingin mengurusnya di samsat jakarta timur karna lebih dekat. bisa tidak ya mas seperti itu

    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya, ketentuan dasarnya itu memang mengharuskan kita mengurus pajak kendaraan sesuai domisili KTP, tapi untuk wilayah DKI Jakarta mungkin saja ada perlakuan khusus. Lebih baik ditanyakan langsung ke petugas di kantor samsat terkait, Mas. Mohon maaf kalau kurang membantu.

      Hapus
  41. saya tinggal di trenggalek jawa timur kebetulan beli mobil plat B,sekarang nich posisinya dah mau pajak tahunan.tapi untuk mobil nya masih atas nama orang lain.kira kira bisa gk ya mas di pajakan di samsat jawa timur atau via online.mohon solusinya.makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya bisa saja diurus di Samsat Jawa Timur, Mas. Tapi kemungkinan besar harus sekalian balik nama.

      Hapus
  42. sekarang mudah ngurus pajak stnk
    makasih infonya ya

    BalasHapus
  43. apakah benar, jika motor kredit (belum ada BPKB asli) harus ngurus di samsat setempat tidak bisa di gerai samsat atau samsat keliling? makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk pertanyaan itu, saya kurang tahu jawabannya. Saya sendiri selalu urus STNK di kantor Samsat.

      Hapus
  44. perpanjang snk.apa sudah cukup dengan ktp asli+stnk asli,karena bpkb saya masih dileasing,terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus ada BPKB asli. Kalau masih di leasing, setahu saya kita harus bawa fotokopi BPKB yang "dilegalisir" (saya lupa istilahnya) oleh pihak kepolisian.

      Hapus
    2. Pak Amir, apakah ada biaya tambahan jika menggunakan fotokopi BPKB yang "dilegalisir"?

      Hapus
    3. Terakhir saya mengurus legalisir ini tahun 2012. Saat itu saya perlu mengurus STNK hilang, sementara BPKB saya masih di pihak leasing. Waktu saya ngurus legalisir itu gak kena biaya. Mungkin ada biaya fotokopi BPKB oleh pihak leasing (yang ini saya lupa), tapi proses legalisir di Polda itu tanpa biaya.

      Hapus
  45. Permisi mas. Saya ingin bertanya. Saya Sedang menggunakan speda motor oprasional perusahaan, saya di minta oleh atasan untuk membayarkan pajak tahunan. Boleh tau apa saja syarat yg harus saya lengkapi. Terkait nama pada stnk adalah nama perusahaan. Dan bpkb ada di kantor pusat jakarta sedangkan saya berada di Palembang.

    Mohon bantuannya mas
    Sebelumnya saya ucapkan terimakasih yg sebesar2nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf, Mas. Saya sendiri belum pernah mengurus atau mencari informasi tentang mengurus STNK kendaraan perusahaan. Jadi saya tidak bisa membantu dalam hal ini.

      Hapus
  46. permisi mas, kalo alamat STNK saya Jakarta Pusat mau perpanjang 5 Tahunan di Samsat jakarta Timur bisa ngga ? thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf. Untuk pertanyaan tersebut, saya tidak bisa bantu.

      Hapus
  47. Permisi Pak, bagaimanan kalo ada perubahan hanya di no rtnya saja sdgkan alamat masih sama, apakah bisa perpanjang STNK tanpa harus menyesuaikan di BPKBnya? Makasi

    BalasHapus
  48. mau tanya sdikit pak amir untuk stnk yang memakai syarat dengan menggunakan surat kuasa apa harus memakai ktp asli orang nya.atau bisa memakai ktp kita sendiri.karna surat kuasa kuasa kn fungsi nya memberikan hak kuasa di kita. mohon bantuan saran nya ya pak amir.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya kedua KTP itu tetap dibutuhkan untuk pembuktian, Mas. Selain itu, KTP asli pemilik juga dibutuhkan sebagai salah satu persyaratan untuk mengurus STNK. Menurut saya, akan lebih aman kalau kedua KTP itu tetap dibawa.

      Hapus
  49. Pa mau tanya kan di stnk ktpny cikarang ..tapi sy udh pake ktp jakarta kira2 kalau mau perpanjang ktpnya ngg sesuai ktp yg dulu bisa ngga ya...jadi mau perpanjng di cikarang tapi pake ktp jakarta karna dulu belinya dicikarang pake ktp yg dulu di cikaarang ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya, KTP-nya harus sama dengan identitas di BPKB. Kalau beda, ada kemungkinan BPKB-nya harus diubah. Urusannya bakal lebih panjang dari sekedar perpanjang STNK. Kalau mau bertahan, sebaiknya pakai identitas lain yang datanya sama dengan BPKB, misalnya SIM.

      Hapus
  50. Maaf mau tanya,
    Surat kuasa buat perpanjangan stnk sama pajak 5th itu mintanya dmn ya? Apa buat sendiri dengan ttd pemilik asli/ harus minta ke desa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya surat kuasa cukup dibuat sendiri oleh pemilik kendaraan.

      Hapus
  51. Pak amir, bagaimana cara minta surat penggantian bpkb di pihak leasing BAF ? Dan bagaimana cara minta pengesahannya ??
    Apakah bisa saya bawa FC KTP saja saat di samsatnya ? Soalnya ktp saya lgi proses penggantian yg baru ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Surat pengganti BPKB itu tergantung pihak leasing, Mas. Pengesahannya dilakukan di Polda Metro Jaya (saya asumsikan Mas Rinaldy tinggal di Jadetabek). Kalau KTP asli gak ada, identitasnya pakai SIM saja. Yang penting nama dan alamat di SIM sama dengan nama dan alamat di BPKB.

      Hapus
    2. Maksud saya, Mas langsung saja ke pihak leasing minta fotokopi BPKB asli untuk disahkan ke Polda Metro Jaya. Di bagian mananya? Itu dia yang saya lupa. Maaf ya. Soal SIM, setahu saya SIM bisa dipakai menggantikan KTP asalkan nama dan alamat di SIM sama dengan nama dan alamat di BPKB.

      Hapus
    3. gimana pak saya kurang ngerti tentang pengesahannya itu.. maksudnya saya dtg k pihak leasing minta suratnya setelah itu saya dtngi polsek buat disahkan gitu ya pak??

      Hapus
    4. Iya, Mas. Pengalaman saya sendiri seperti itu. Kita minta fotokopi BKPB (dan surat pengantar), lalu kita bawa berkas itu ke Polda Metro Jaya untuk disahkan. Pengesahannya dilakukan oleh Polda Metro Jaya; bukan oleh pihak leasing.

      Hapus
    5. oh. polda metro jaya n polsek itu sama aja kan ya ? soalnya dideket rumah saya adanya polsek

      Hapus
    6. polda metro jaya sama polsek itu sama aja kan ya? soalnya dideket rumah saya adanya polsek pak...
      bener tuh bisa pake sim klo ktpnya blum jdi

      Hapus
  52. Mas,mau tanya Motor saya masih kredit selama 3 tahun belum ad BPKB, Bagaimana saya harus membayar pajak motor saya ? dan jika nama di stnk adalah nama kakak saya,apakah bisa menggunakan ktp saya ? tertima kasih mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soal BPKB: Setahu saya perlu minta fotokopi BPKB ke pemberi kredit untuk dilegalisir sebagai pengganti BPKB asli.

      Soal KTP: Harus pakai KTP yang tertera di BPKB. Cara lain adalah pakai surat kuasa.

      Semoga membantu.

      Hapus
    2. apakah selama BPKB Belum Keluar , Tahun Depannya harus meminta fotokopi bpkb lagi ?? dan Jika saya yang pergi, tapi menggunakan ktp sesuai STNK Apakah bisa ?

      Hapus
    3. Soal BPKB: Iya. Setahu saya harus dilakukan setiap tahun selama kita belum punya BPKB.

      Soal KTP: Bisa. Yang penting kita bisa yakinkan pihak Samsat kalau kita adalah keluarga (bukan calo). Itu pun kalau ditanya sih.

      Semoga lancar urusannya.

      Hapus
  53. oke mas, terima kasih.. sangat membantu :)

    BalasHapus
  54. Kalo mmprpnjang stnk di samsat bekasi tp pake ktp daerah bisa nggak pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya perpanjangan STNK masih harus sesuai domisili. Silakan dipastikan kembali ke samsat terkait.

      Hapus
  55. Mas mau tanya, perpanjangan STNK. STNK atas nama sendiri, tapi BPKB masih punya org lain karena sy beli di leasing. Saat mau perpanjangan tahunan, apakah BPKB harus balik nama dulu atau bisa sekalian saat perpanjangan? Trm ksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya harus balik nama karena identitas di STNK harus sama dengan BPKB. Balik nama itu bisa dilakukan sekalian saat perpanjangan. Biayanya tentu saja lebih tinggi dari biaya perpanjangan biasa karena ada biaya balik nama di situ. Untuk rincian biayanya, saya kurang tahu.

      Hapus
  56. Mas sy mau tanya sy mau ngambil bpkb tapi Di wakilkan pake poto kopi ktp Sama kartu keluarga yg asli kira2 bsa GA Ya, mohon pecerahannya trmksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau ambil BPKB? BPKB atau STNK?

      Hapus
    2. Mas saya mau nanya..... Klo perpanjang tahunan kita pake SIM bukan pake KTP bisa di terima gak ya...
      Tapi kita gunakan di outlet samsat online... Mohon pencerahannya mas.. Thx

      Hapus
    3. Setahu saya SIM bisa dipakai. Yang penting nama dan alamat di SIM sama dengan nama dan alamat di BPKB.

      Hapus
  57. maaf pa, saya mau bayar pajak tahunan, namun ktp asli sudah alamat berbeda, namun sim masih alamat tinggal dulu, apakah pembayaran pajak tahunan bisa menggunakan identitas sim apa tidak ?. terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya SIM bisa digunakan untuk menggantikan KTP. Saya pernah melihat orang dengan kasus serupa Mas Dede. Justru petugas Samsatnya yang menyarankan untuk menggunakan SIM. Dicoba saja ya, Mas.

      Hapus
  58. Mas..mau tanya sy beli motor yang stnknya hilang hnya ada bpkb.. Kt yg punya sdh 2 tahun pajak mati..sy ingin balik nama.. Gmna caranya yaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saat mengurus STNK, ada kemungkinan Mbak Rahayu perlu membuat surat keterangan hilang untuk STNK yang lama. Surat itu mungkin diperlukan sebagai persyaratan. Dokumen lain yang mungkin perlu disiapkan adalah KTP pemilik pertama. Persyaratan lainnya bisa dicek di sini: http://bagaimana-cara.blogspot.co.id/2012/01/urus-stnk-hilang-revisi.html. Nantinya di Samsat, Mbak Rahayu bisa langsung mengurus balik nama (tidak harus mengurus STNK hilang dulu).

      Hapus
  59. Mas mau tanya , BPKB suami saya ada di Fif , bagaimana cara nya jika kita ingin bayar pajak STNK tahunan ? kebetulan suami saya kerja , jadi saya yang urus semua nya ? mohon bantuannya , terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mengutip salah satu jawaban untuk pertanyaan serupa di atas: "Sepertinya harus mengurus surat pengesahan BPKB. Jadi kita minta fotokopi BPKB ke pihak leasing terus minta pengesahan untuk fotokopi BPKB itu ke Polda terkait. Selanjutnya tinggal urus pajaknya saja."

      Hapus
  60. Selamat siang pak,mau tanya pak sy mau membayar pajak STNK yg sdh telat bisakah saat ini sy membayar sekaligus dgn setahun berikutnya? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat sore. :)

      Untuk pembayaran tahun berikutnya, tergantung waktu jatuh temponya. Setahu saya kalau jatuh temponya kurang dari sebulan, kita sudah bisa bayar. Itu yang saya tahu.

      Hapus
  61. Malam mas.mau tanya. Apabila perpanjangan plat 5 tahunan. Tanpa ada ktp dn pengenal lain, hnya ada kk. Apakah bisa diurus mas? Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sesuai prosedur, setahu saya harus ada tanda pengenal sesuai dengan identitas pemilik di BPKB.

      Hapus
    2. Berarti jika hanya menggunakan kk tidak bisa ya mas?

      Hapus
    3. Identitas pemilik di BPKB tercantum di KK ya? Kalau iya, mungkin bisa. Saya sendiri belum pernah coba dan belum pernah lihat orang lain mencobanya.

      Hapus
    4. Saya barusan sudah mencobanya gan. Dan kebetulan bisa.
      Harus membawa kk asli. Maklum kendaraan punya mama. Sedangkan posisi saya hanya memegang kk. Karti id semua di beliau.

      Hapus
  62. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  63. punten saya mau tanya kalo pas beli motor y tuh cuma ada stnk aja gmn cara y untuk perpanjang tahunan ama yg 5 th sekali.sedangkn saya gk tau klo pemilik pertama tinggal y sudah pindah belum sempat pindah nama,mohon penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. BPKB ada kan, Mas? Kalau identitas pemilik asli gak ada, setahu saya harus sekalian urus balik nama.

      Hapus
  64. Mas aku mau tanya dong tolong bantu yahh..
    Aku punya motor plat B tangerang dulunya beli bekas...sekarang BPKB ma STNK sudah balik nama atas nama sendiri...
    Saya anak perantauan dari sragen jawa tengah...
    Kalau nanti aku pulang kampung dan netap disragen apakah bisa bayar pajak tahunan STNK disragen sedangkan plat saya masih B tangerang...
    Tolong jawab...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya urusnya tetap harus di Samsat tempat Mas urus balik nama, yaitu di Tangerang. Urusnya bisa saja dikuasakan ke orang lain. Jadi Mas pun tidak perlu repot bolak-balik Sragen-Tangerang.

      Hapus
  65. Bisakah urus stnk motor plat B bayar pajak stnk lewat semarang??

    BalasHapus
  66. Untuk perpanjangan stnk 5 tahun, mobil plat B, sedangkan posisi mobil di padang, apakah mobilnya harus dibawa ke jakarta untuk di cek fisik, atau adakah solusi lainnya? terima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya bisa cek fisik bantuan di Samsat setempat. Berkas dari cek fisik bantuan itu dibawa ke Jakarta untuk urus perpanjangan. Berkasnya saja yang mondar-mandir. Kendaraannya tidak perlu mondar-mandir.

      Hapus
  67. Pa apa BS bayar motor Tp motor saya ada di daerah Cirebon Ama istri saya..Saya mau bayar di Tangerang..Motornya motor Tangerang ...Dan pajak motornya mati 2 th mau ganti kaleng itu gimana pa BS apa ga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seharusnya tetap bisa, Mas. Minta cek fisik bantuan di Cirebon, lalu urus pajaknya di Tangerang.

      Hapus
  68. Pagi pak amir yang baik hati semoga sehat sejahtera selalu, saya disuruh bayar pajak mobil sama bapak saya, pake surat kuasa dari PT, selain surat kuasa berkas yg wajib ada apalagi ya pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau pakai surat kuasa, jangan sampai lupa bawa KTP penerima kuasa. Kedua dokumen itu dibawa untuk melengkapi dokumen-dokumen yang dipersyaratkan sebagaimana dijelaskan dalam tulisan di atas. Selain itu, setahu saya tidak ada lagi dokumen yang wajib dibawa.

      Semoga membantu.

      Hapus
  69. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  70. Mas sbelum nya Terimakasih info nya ,
    Untuk petugas Foto copy di samsat Tangsel apakah Sabtu buka ya?
    Karena saya bingung cara Foto copy nya harus 1 lembar smentara data di dalam BPKB lebih dari 1 halaman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kurang tahu kondisi di Samsat Tangsel, Mas. Tapi umumnya fotokopi di Samsat itu mengikuti jam buka Samsat. Jadi, seharusnya hari Sabtu pun fotokopi di Samsat itu buka.

      Hapus
    2. Oh begitu ya
      Kbetulan Samsat kendaraan saya Tangsel, untuk pajak tahunan apakh bisa diurus di gerai samsat di Jakarta kah ?

      Hapus
    3. Seingat saya, beberapa teman saya di Tangsel mengurus pajak tahunan STNK di Samsat Komdak. Saya sendiri selalu mengurus di Samsat Ciledug sesuai KTP saya.

      Hapus
  71. Mau tanya mas. Gini kan stnk saya mati tgl 24 mei 2017.. rencana saya akan ke samsat untuk perpanjangan Stnk tgl 10 mei lebih awal sudah boleh gk mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya boleh asalkan sudah masuk bulan yang sama. Saya sendiri pernah coba urus perpanjangan STNK X sebulan sebelum jatuh tempo sekalian mengurus STNK Y yang sudah hampir jatuh tempo. STNK Y bisa diurus, STNK X ditolak karena datanya belum ada. Untuk STNK X, saya diminta balik lagi bulan berikutnya.

      Hapus
  72. Ass..pak.
    Sy mau tanya ttg pengurusan perpanjangan yg 5tahun sekali. Yg ingin sy tanyakan, kbetulan sy kuliah d bengkulu,sdgkan plat mtor sy BM dr Riau sama dg asal sy.bisa nggk mengurus perpanjangan yg 5 tahun skali d samsat bengkulu tanpa hrus mengurus balik k riau? Tlg tanggapaan nya pak,atau ada penjelasan lain yg bisa sy terima.
    Sebelumnya trimakasih..mhon d jawab ya pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalaam. Setahu saya, prosedurnya memang harus mengurus di Riau. Di Bengkulu hanya mengurus cek fisik bantuan.

      Hapus
  73. utk pengurusan perpanjangan 5 tahunan yg bukan atas nama Stnk , apa hrus pake surat kuasa ? atau cm Bawa Ktp asli a/n stnk ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kondisi terakhir yang saya tahu, bawa KTP asli sesuai STNK seharusnya cukup.

      Hapus
  74. Kalo mutasi dr jakarta barat ke jakarta selatan apa yg perlu dlengkapi klo atas nama perusahaan ganti pt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kurang tahu soal mutasi. Mohon maaf tidak bisa membantu.

      Hapus
  75. Mas kalo stnk atas nama istri itu apa harus bawa ktp istri?
    Sedangkan istri saya jauh ada di bengkulu, saya sendiri berada di bali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya tetap perlu bawa KTP istri. Saya sendiri, kalau mengurus kendaraan atas nama istri, juga bawa KTP istri.

      Hapus
  76. Mas mau perpanjang pajak motor plat jakarta sedangkan ktp dan SIM alamat Bogor.nama sama alamat beda.nama sama No.nik sama cuma alamat kota beda.apakah bisa mas tanpa mutasi.

    BalasHapus
  77. Min, mau nanya dong. Ane punya motor dari kalimantan dan mau bayar pajak tahunan di samsat Jakarta bisa tidak? Posisi, skg motor ada di jakarta. Tolong minta penjelasnnya yah. Makasih.

    BalasHapus
  78. Selamat sore bapak, saya mau tanya dong, saya sudah bayar pajak motor di ATM Bank DKI, pada bukti bayar tertera minimal 30 hari dari tanggal bayar harus datang ke Samsat untuk pengesyahan STNK, yang saya tanyakan
    apa saja yang harus saya bawa untuk persyaratan pengesyahan tersebut, motor atas nama istri dan anak saya, sebelum dan sesudahnya kami ucapkan terima kasih atas jawabannya dan penjelasannya.Wassalam/sujana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kurang tahu, Pak. Saya belum pernah bayar pajak lewat ATM. Mohon maaf tidak bisa membantu.

      Hapus
  79. Mau tanya pa Amir
    STNK sama BPKB saya masih dileasing,tapi saya sudah minta surat pengantar sama fotocopy BPKB,
    Nah KTP saya pindah ke Ciledug,,STNK dan BPKB saya Jakarta Selatan.
    Tapi SIM c dan paspor saya masih Jakarta selatan,apakah bisa salah satu id saya gunakan untuk perpanjang STNK di Polda metro jaya.terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa saja. Setahu saya yang penting informasi di kartu identitas sama dengan informasi di BPKB.

      Hapus
  80. Maaf mau tanya ni kalau kendaraan mobil saya plat B apa bisa pajak tahunannya di bayar dari daerah lain. Saya tinggalnya di sulawesi utara kepulauan sangihe. Apa bisa pajaknya langsung bayar dari daerah kami langsung ke jakarta?

    BalasHapus
  81. Update info, utk beda nama, walaupun suami/istri (alamat ktp dan stnk sama), tetap wajib membawa KK (baru kejadian di samsat ITC Bandung)

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.