Tips Memanfaatkan Blog Ini

  1. Perhatikan tanggal penulisan dan tanggal update artikel. Semakin baru tanggal-tanggal ini, semakin valid informasi yang tercantum.
  2. Harap membaca komentar-komentar terkait sebelum bertanya; bisa jadi hal yang ingin Anda tanyakan sudah terjawab.
  3. Pertanyaan dapat disampaikan lewat bagian komentar atau lewat akun Twitter @asyafrudin.

Jumat, 25 Februari 2011

Bypass Blokir Twitter

Sebelumnya saya sudah memaparkan cara menggunakan GTalk untuk ngetweet, yaitu dengan menggunakan layanan TweetSwitch. Selain update status kita di Twitter, kita pun dapat membaca timeline, mentions/replies, dan direct messages menggunakan GTalk dengan TweetSwitch. Terlepas dari itu, kelebihan utama TweetSwitch adalah untuk bypass blokir Twitter.

Bypass blokir Twitter ini dimungkinkan karena kita tidak langsung terhubung ke Twitter. Kita hanya terhubung ke BOT TweetSwitch di GTalk kita. Semua komunikasi yang terjadi (entah itu mengirim atau menerima tweet) dilakukan antara akun GTalk kita dan BOT GTalk TweetSwitch. Dengan begitu kita seolah-olah tidak terhubung dengan Twitter. Masalahnya hanya muncul bila GTalk pun diblokir.

Lewat tulisan ini, saya akan memaparkan alternatif lain untuk mengakali blokir Twitter tersebut. Layanan yang akan saya gunakan dalam tulisan ini adalah TwitterGadget. Langkah-langkah yang perlu kita lakukan untuk mulai menggunakan TwitterGadget adalah sebagai berikut:
  1. Masuk ke http://www.twittergadget.com/gadget.asp. Perlu diperhatikan bahwa konfigurasi awal ini hanya dapat dilakukan di komputer yang dapat mengakses Twitter.
  2. Klik tombol Sign in with Twitter.
  3. Selanjutnya kita akan diarahkan ke Twitter untuk memberi akses TwitterGadget ke akun Twitter kita. Masukan username dan password Twitter kita (jika diminta) dan klik tombol Allow.
  4. Selanjutnya kita akan diarahkan kembali dalam keadaan login ke TwitterGadget. Klik tombol Options (gambar kotak kecil dengan gambar segitiga terbalik di dalamnya) di pojok kanan atas.
  5. Klik Account.
  6. Kita akan diarahkan ke form pembuatan akun TwitterGadget (bukan akun Twitter). Username yang digunakan sama dengan akun Twitter kita, tapi password boleh berbeda. Akun TwitterGadget ini yang nantinya akan kita gunakan untuk bypass blokir Twitter.
  7. Setelah mengisi password, klik tombol Create Account. Akan muncul notifikasi bahwa akun TwitterGadget berhasil dibuat.
  8. Kembali ke halaman utama TwitterGadget, klik tombol Adjust Settings (gambar gerigi) di pojok kanan atas. Pada pilihan yang muncul, ubah pilihan Show Thumbnail dari "Yes" menjadi "No". Klik tombol save.
  9. Konfigurasi selesai. Logout dari TwitterGadget.
Inti dari konfigurasi di atas adalah membuat akun TwitterGadget. Dengan akun ini, kita sudah bisa menggunakan TwitterGadget tanpa sedikit pun mengakses Twitter. Pilihan Show Thumbnail sengaja dimatikan karena, berdasarkan informasi yang saya terima, thumbnail (avatar) yang digunakan TwitterGadget masih terhubung ke Twitter. Jadi pilihan ini dimatikan untuk mencegah deteksi akses ke Twitter.

Untuk menggunakan TwitterGadget pada komputer yang diblok dari Twitter, kita cukup masuk ke halaman http://www.twittergadget.com/gadget.asp dan klik tombol Can't sign in with Twitter? Click Here.
Kita akan diarahkan ke halaman login TwitterGadget (https://www.twittergadget.com/tgauth.php). Masukan username dan password akun TwitterGadget (bukan Twitter) milik kita, klik tombol Sign in with TwitterGadget, dan kita sudah bisa mengakses Twitter di komputer yang diblok dari Twitter.

Semoga bermanfaat!

Referensi:
--
Amir Syafrudin

1 komentar: