Tips Memanfaatkan Blog Ini

  1. Perhatikan tanggal penulisan dan tanggal update artikel. Semakin baru tanggal-tanggal ini, semakin valid informasi yang tercantum.
  2. Harap membaca komentar-komentar sebelumnya sebelum bertanya; bisa jadi hal yang ingin Anda tanyakan sudah dijawab.
  3. Alternatif tempat bertanya: @asyafrudin

Selasa, 10 Januari 2012

Urus STNK Hilang (Revisi)

Tulisan ini merupakan edisi revisi dari:
http://bagaimana-cara.blogspot.com/2008/09/urus-stnk-hilang.html

Bagaimana cara mengurus STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) hilang?

Persyaratan untuk mengurus STNK yang hilang adalah sebagai berikut:
  1. KTP (Kartu Tanda Penduduk) pemilik kendaraan yang tercantum di STNK.
  2. Fotokopi KTP yang disebutkan di Nomor 1.
  3. Fotokopi STNK yang lama (hilang).
  4. Surat Keterangan Hilang dari Polsek terdekat.
  5. BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) terkait.
Prosedur pengurusan STNK hilang adalah sebagai berikut:
  1. Cek Fisik kendaraan.
    Lakukan cek fisik kendaraan bermotor untuk mendapatkan keterangan resmi nomor mesin dan nomor rangka kendaraan terkait.
  2. Mengisi Formulir Pendaftaran di bagian Tata Usaha.
  3. Mengurus Surat Keterangan STNK Hilang dari Samsat.
    Semua persyaratan yang dibawa dan Formulir Pendaftaran yang sudah diisi diserahkan ke loket STNK Hilang. Surat Keterangan STNK Hilang ini berbeda dengan Surat Keterangan Hilang dari Polsek setempat. Surat tersebut berisi keterangan keabsahan STNK terkait, misalnya tidak diblokir atau dalam pencarian. Biaya: Rp. 30.000.
  4. Mengurus pembuatan STNK baru di loket BBN II.
    Loket BBN II adalah loket untuk pengurusan balik nama, tukar warna, dan rubah bentuk. Di loket ini kita serahkan semua persyaratan dan Surat Keterangan STNK Hilang.
  5. Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor.
    Berkas-berkas yang kita serahkan akan diurus. Kalau tidak ada masalah, kita akan dipanggil untuk membayar Pajak Kendaraan Bermotor. Biaya: Rp. 50.000.
  6. Pengambilan STNK dan SKPD (Surat Ketetapan Pajak Daerah).
    Selain STNK dan SKPD, KTP asli pemilik kendaraan juga akan kita ambil kembali.
Total Biaya Pengurusan STNK hilang (dalam ribu Rupiah): 30 + 50 = 80

Perlu diperhatikan bahwa biaya tersebut mengacu pada biaya pengurusan STNK mobil pribadi. Kemungkinan besar ada perbedaan biaya bila mengurus kendaraan bermotor dengan jenis yang berbeda.

Tips yang bisa saya sampaikan dalam pengurusan STNK yang hilang adalah sebagai berikut:
  1. Bawa alat tulis.
    Jangan sampai kita kebingungan mencari alat tulis untuk mengisi Formulir Pendaftaran atau dokumen lainnya.
  2. Hindari calo.
    Calo (baik dari kalangan petugas atau umum) bisa dihindari. Jangan mengaku memiliki uang lebih. Cari bagian Informasi atau skema prosedur pengurusan STNK hilang.
  3. Cari informasi sebelum mengurus.
    Akan lebih baik kalau kita bisa mencari tahu informasi prosedur pengurusan STNK hilang yang berlaku di tempat kita mengurus STNK tersebut. Penjelasan di atas (persyaratan, prosedur, biaya) bisa jadi bersifat lokal, yaitu tidak berlaku umum di setiap tempat pengurusan STNK. Hal ini akan membantu kita menghindari calo.
  4. Datang sepagi mungkin di hari kerja selain Jumat.
    Pengurusan STNK hilang dapat diselesaikan dalam satu hari. Semakin pagi kita hadir di tempat pengurusan STNK, semakin cepat kita pulang membawa STNK yang sudah jadi. Saya menyarankan datang di hari kerja untuk menghindari kerumunan pengurus STNK; kecuali hari Jumat. Shalat Jumat bisa jadi alasan melambatnya proses pengurusan STNK.
Bagaimana kalau STNK yang hilang itu milik orang lain, misalnya untuk kendaraan beli second?

Cara pertama adalah dengan meminjam KTP pemilik pertama. Cara kedua adalah sekaligus balik nama kendaraan atas nama kita. Prosedur untuk cara kedua ini sebaiknya ditanyakan langsung ke Samsat terkait.

Bagaimana kalau KTP pemilik kendaraan yang terkait juga hilang?

Cara yang paling sederhana adalah mengurus KTP yang hilang terlebih dahulu. Setelah KTP yang baru sudah selesai dibuat, lanjutkan dengan mengurus STNK yang hilang.

Apakah fotokopi STNK yang hilang itu harus ada?

Persyaratan ketiga, fotokopi STNK yang lama (hilang), bukan syarat yang mutlak. Bila fotokopi STNK tersebut tidak ada, proses pengurusan STNK yang hilang masih bisa diteruskan.

Bagaimana kalau BPKB masih ditahan perusahaan kredit?

Khusus untuk BPKB kendaraan yang masih kredit, minta fotokopi BPKB (legalisir) dan surat pengantar dari perusahaan kredit terkait. Selanjutnya semua persyaratan di atas dibawa ke Polda Metro Jaya (atau instansi lain yang berwenang) bagian pengesahan BPKB untuk mendapatkan Surat Keterangan Pengesahan.

Prosedur pengurusan Surat Keterangan Pengesahan adalah sebagai berikut:
  1. Mengisi Formulir Pendaftaran di bagian Pengesahan BPKB.
  2. Serahkan Formulir Pendaftaran yang sudah diisi beserta persyaratan tersebut di atas ke bagian Pengesahan BPKB.
  3. Mengambil kembali semua persyaratan di atas dan Surat Keterangan Pengesahan yang sudah siap.
Surat Keterangan Pengesahan ini bisa selesai diurus dalam hari yang sama bila pengurusannya dilakukan sepagi mungkin. Pengurusan surat ini pun tidak dipungut biaya (gratis).

Apakah mengurus STNK yang hilang ini harus di Samsat setempat (sesuai domisili)?

Berdasarkan pengalaman dan informasi yang saya dapatkan, pengurusan STNK hilang ini harus di Samsat setempat. Akan tetapi, khusus untuk daerah Jakarta, pengurusan bisa dilakukan di Samsat mana saja dengan syarat masih di bawah satu Polda dengan Samsat setempat.

Apakah pengurusan STNK yang hilang ini dapat diwakilkan?

Bisa. Berikut ini adalah syarat-syaratnya:
  1. Bila orang yang mewakilkan itu suami atau isteri sendiri, tidak ada masalah.
  2. Bila orang yang mewakilkan itu anggota keluarga (selain suami atau isteri), harap siapkan surat keterangan dari RT setempat dan fotokopi Kartu Keluarga sebagai bukti.
  3. Bila orang yang mewakilkan itu orang lain, misalnya tetangga sebelah rumah, harap siapkan surat kuasa. Surat kuasa ini harus menggunakan materai 6.000.
Saran dari Penulis: Untuk kasus kedua, bila surat keterangan dari RT setempat itu sulit diurus, langsung saja gunakan surat kuasa.

Bagaimana kalau STNK itu hilang di daerah yang berbeda dengan daerah domisili?

Pada dasarnya, mengurus STNK yang hilang itu harus di Samsat tempat STNK itu pertama kali diterbitkan. Setahu saya hal ini berlaku umum, kecuali di daerah tertentu seperti Jakarta. Untungnya pengurusan STNK ini dapat diwakilkan. Jadi, kita tidak perlu bolak-balik ke daerah asal hanya untuk mengurus STNK yang hilang.

Seperti yang saya paparkan sebelumnya, pengurusan STNK yang hilang ini dapat diwakilkan. Jadi, kita bisa minta tolong siapa saja untuk mengurus STNK kita asalkan kita menyediakan surat kuasa untuk dibawa oleh orang yang mewakili kita ke Samsat. Lalu bagaimana dengan cek fisik kendaraan? Untungnya ada "cek fisik bantuan".

Misalkan domisili kita (STNK kita) diterbitkan di Bekasi sementara STNK kita hilang di Bandung (kendaraan pun di Bandung). Untuk mengurus STNK kita yang hilang, kita harus mengurusnya di Samsat Bekasi. Untungnya untuk cek fisiknya kita bisa lakukan di salah satu Samsat di Bandung. Kita tidak perlu repot-repot membawa kendaraan ke Bekasi untuk cek fisik.

Setelah kita cek fisik kendaraan di Bandung, kita siapkan persyaratan lainnya yang dibutuhkan untuk mengurus STNK kita yang hilang. Setelah itu hasil cek fisik dan persyaratan lainnya kita bawa ke Bekasi untuk diurus di Samsat setempat. Alternatif lain adalah kita siapkan Surat Kuasa untuk meminta orang lain di Bekasi mewakili kita. Dengan begitu, kita tidak perlu bolak-balik Bandung-Bekasi untuk mengurus STNK kendaraan kita yang hilang.

Contohnya kira-kira seperti itu. Sayangnya untuk saat ini saya tidak memiliki informasi lebih lanjut mengenai persyaratan, prosedur, dan biaya untuk "cek fisik bantuan" ini. Untuk informasi ini, sebaiknya langsung saja ditanyakan ke Samsat setempat.

Apakah rincian biaya yang tercantum di atas itu valid?

Rincian biaya di atas itu saya dapatkan pada tahun 2008. Besar kemungkinanannya biaya tersebut sudah naik. Ada juga kemungkinan beda Samsat beda kebijakan biaya. Selain itu masih ada kemungkinan pungli (pungutan liar) di masing-masing Samsat. Jadi rincian biaya di atas sebaiknya tidak dijadikan acuan utama.

Berikut ini ada tambahan informasi rincian biaya berdasarkan pengalaman salah satu pembaca:
  1. cek fisik = 30rb (pungli)
  2. pendaftaran = free
  3. cek komputer/blokir = 5rb (pungli)
  4. cek pajak = 5rb (pungli)
  5. cetak surat keterangan hilang = 40rb (pungli)
  6. regsitrasi di BBN II = 40rb (pungli)
  7. pembayaran pajak admn stnk hilang = 52rb (2rb pungli pemda)
Total biaya = 172rb. Biaya resmi seharusnya hanya 50rb.

Tambahan informasi rincian biaya dari pembaca lain:
  1. 30 ribu, cek fisik 
  2. 5 ribu, cek pajak STNK sudah dibayar atau belum
  3. 30 ribu, loket Tata Usaha bagian kehilangan STNK 
  4. 30 ribu, loket BNN
  5. 26 ribu, kasir
  6. 5 ribu, ambil STNK
Total biaya = 126 ribu.

Apakah ada tambahan biaya bila STNK yang hilang juga sudah lewat jatuh tempo?

Tambahan biaya hanya denda keterlambatan sesuai ketentuan yang berlaku.

Apakah tanggal jatuh tempo untuk STNK yang baru itu sama dengan yang hilang?

Iya. Tidak akan ada perubahan waktu jatuh tempo STNK karena pada dasarnya STNK yang baru itu hanya duplikat dari yang hilang.

Apakah nomor polisi kendaraan kita akan berubah?

Tidak. Seperti yang saya jelaskan di atas, STNK yang kita dapatkan nantinya hanya duplikat dari STNK yang hilang. Isi STNK yang baru itu sama saja dengan isi STNK yang hilang.

Apakah kita harus memasang iklan di koran lokal sebelum mengurus STNK yang hilang?

Terus terang sampai tulisan ini dibuat, masalah ini masih tidak pasti. Ada sumber informasi yang mengatakan harus memasang iklan, ada sumber informasi yang tidak mengharuskan memasang iklan. Sebaiknya hal ini ditanyakan langsung ke Samsat setempat.

Tambahan informasi mengenai persyaratan, prosedur, dan biaya dari pembaca blog ini:
--
Amir Syafrudin

173 komentar:

  1. kebetulan per 10 januari 2012 saya urus stnk mobil yang hilang disamsat timur...pertama cek fisik kasih..20.000.....trus....ke...legalisir letaknya sebelah cek fisik...trus bayar 30.000....habis...ntuh lantai..4...print pajak...bayar 5.000.....trus ke lantai 2....ambil formulir lalu...isi....ke...loket...6...cek computer....disini gak bayar...trus ke loket 7 cek buku...ternyata mobil saya tdk terdafar disamsat timur....trus diarahkan ke polda ...bagian tata usaha....nah..ini....rencananya besok mau ke polda...hari ini gak bisa....smoga bermanfaat........

    BalasHapus
  2. Terima kasih sudah berbagi pengalaman. Semoga urusannya lancar di Polda. :)

    BalasHapus
  3. Tambahan informasi dari seorang pembaca Anonim (saya copy-paste apa adanya):

    mau berbagi pengurusan kehilangan STNK sepeda motor di samsat depok ya Gan.
    1. mengurus surat kehilangan STNK ke polsek beji tidak dimintai biaya tapi ane kasih 5000
    2. Langsung pergi ke samsat depok yang di depok 2 dan langsung ke cek fisik gratis
    3. fotocopy berkas 5000
    4. Daftar ke loket cap fisik bayar 30.000 tanpa kwitansi
    5. Daftar di administrasi kehilangan STNK bayar 30.000 tanpa kwitansi
    6. Langsung ke gedung utama dan daftar di loket 2 bayar 50.000 tanpa kwitansi
    7. karena menjelang sholat Jum'at oleh petugas di loket 2 disuruh setelah sholat Jumat langsung saja nunggu di kasir
    8. Setelah sholat langsung antri di kasir dan di sini bayar 50.000 dengan kwitansi.

    jadi setelah dihitung-hitung biaya pengurusan STNK hilang sebesar rp. 170.00,-

    Mudah-mudahan berguna bagi yang memerlukan info ini

    BalasHapus
  4. saya punya mobil plat bandung, stnk hilang, sedangkan saya berada di jawa tengah, sehingga saya pasrahkan semua urusan kepada biro, namun sudah berminggu2 lamanya belum ada kejelasan dari pihak biro bilang nunggu samsat bandung. gimana saya dapat mengecek proses stnk saya di samsat bandung yang tak kunjung ada kejelasan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf sebelumnya. Kalau sudah lewat biro jasa sepertinya kita sudah harus pasrah. Saya tidak tahu bagaimana caranya menanyakan proses STNK yang diurus biro jasa. Entah bagaimana biro jasa ini mengurusnya. Saya tidak tahu sama sekali.

      Usul saya sih sederhana. Coba saja Mas/Mbak Anonim tanyakan durasi pengurusan STNK hilang ke Samsat Bandung. Pura-pura saja menanyakan prosedur dan biayanya, kemudian batal mengurus dengan dalih uangnya kurang. Kalau memang benar harus berminggu-minggu, berarti biro jasa yang Mas/Mbak Anonim gunakan itu jujur. Kalau ternyata tidak sampai berminggu-minggu, ada kemungkinan Mas/Mbak Anonim ditipu.

      Hapus
  5. mw tanya klo pembuatan sim yg hilang itu harus di tempat pembuatannya atau bisa dilalukan dipolres / polda domisili?
    masalahnya saya buat di daan mogot
    sementara saya tinggal di jakarta selatan
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kurang tahu, Mas cangdulz. Maaf sebelumnya.

      Hapus
  6. mas amir jika anda diposisikan kehilangan stnk+sim disatu dompet.
    apakah anda segera mengurus atau nunggu dahulu samape beberapa minggu siapa tahu barangnya kembali. pajak stnk terlambat 1 hari sama 1 tahun dendanya sama khan?...masalahnya saya juga barusa kehilangan cm bingung musti bertindak atau menunggu dahulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ditunggu atau tidak sepertinya sama saja, Mas. Memang sih di beberapa Samsat tertentu kita diminta menunggu dulu. Bahkan ada beberapa yang mengharuskan pasang iklan di koran. Kalau saya pribadi, berhubung STNK+SIM saya itu hilang dicopet orang, saya langsung saja urus STNK dan SIM yang baru.

      Sebelumnya pernah ada pembaca yang cerita. Dia kehilangan STNK. Dia langsung urus ke Samsat. Gak lama kemudian datang orang yang mengembalikan STNK dia. Jadi dia punya dua STNK. Menurut saya, yang lama (yang dikembalikan) disimpan saja. STNK pengganti saja yang digunakan.

      Itu saja masukan dari saya.

      Hapus
    2. Maaf telat banget balasnya. Entah kenapa kayaknya saya gak ngeh ada pertanyaan ini. Tetap saya jawab aja ya. Kalau saya di posisi itu, saya akan segera urus STNK dan SIM yang hilang itu. Soalnya saya gak mau ambil resiko kena razia atau kena tilang tanpa bawa surat-surat. Kalau masalah denda itu saya kurang tahu apakah beda jangka waktu itu ada pengaruhnya atau tidak.

      Hapus
  7. apa gak di persulit ama samsat saat balik nama tetapi stnk asli hilang???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dipersulit atau tidak sih tergantung ke masing-masing Samsat. Kalau Samsat tempat saya mengurus STNK sih udah tanpa calo dan tanpa neko-neko. Yang jelas, urus STNK hilang sekaligus balik nama itu prosedur standar saat kita urus STNK hilang yang sudah ganti kepemilikan.

      Itu saja dari saya. Semoga membantu.

      Hapus
  8. nama sy GHULAM biasa di panggil LAM..
    ane cma mw ngeshare aja nie..
    tdi ane bru ngurus STNK ane yg hilang, ane tinggal di kota depok, gk ribet ko' cuma cpe mondar-mandir aja..

    1.bikin surat kehilangan di POLSEK setempat (kasih aja petugasnya seikhlas nya)
    2.ane siapin ktp asli pemilik stnk
    3.karna BPKB ane blom kluar karna motor kredit, ane minta surat ket. dari Leasing tempat ane ngridit motor ane plus photo copy BPKB nya, di minta uang admn. 5000 rupiah, mungkin uang admn. berbeda d stiap Leasing.
    4.trus karna BPKB ane masih photo copy an dari leasing ane harus ke POLDA dlu utk ngurus keabsahan BPKB ane, d sna ane d sruh cek fisik biaya 30.000 rupiah, trus ane di suruh ktemu ama seseorang, klau gk tau tanya aja ama petugas kalau mw ngurus keabsahan BPKB hrus ke mana dlu? setelah ktemu orang ya ane di kasih lembaran terus di suruh di isi , setelah di isi ane di suruh ke loket 2, ngasih lembaran tadi sama persyaratan yg di perlukan. suruh tunggu di panggil setelah dipanggil semua berkas kita di kasih lagi ke kita plus surat keabsahan BPKB nya, (gratis).
    5.karna udah ke siangan ane ke sam-sat depok nya pada besoknya, pas di sam-sat ane di suruh lega lisir cek fisik lagi, suruh bayar lagi 30.000 rupiah agak ngeselin sih, tpi mw gk mw ya udah ane ikutin aja...
    setelah itu ane di suruh ke TU (tata usaha) bayar lagi 30.000 rupiah bis situ surat yg dari TU suruh di photo copy sama ktp juga masing2 satu lembar, baru ane di suruh ke loket 2 ane kasih semua persyaratan (surat ket. hilang dari pol-sek, hail cek fisik plus legalisir,surat dari pol-da,surat ket. dari Leasing plus photo copy bpkb nya, surat dari TU plus photo cpy nya, ktp asli plus photo copy nya,)
    lalu penjaga loket berkata : ''biaya nya 50.000rupiah mas, (saya kasih uang nya) dia berkta lgi '' makasih y mas nanti kalau namanya d panggil lang sung ke KASIR MOTOR aja''
    setelh ane nuggu skitar 1jam karna rame..
    nama ane di panggil, langsung ane ngibrit ke kasir motor , suruh baya Bea admn. STNK 50.000 rupiah, kata petugas kasirnya ''tunggu di panggil ya mas di loket 6''
    hnya beberapa menit ane di panggil and.... BANG!!!
    STNK ane jadi Horeee.....
    akhirnya.. ane pulang dngan haati senang dan puas....

    jadi total biaya ngurus sendiri STNK yg hilang cuma 190ribu rupiah...
    kalo di calo bisa di minta 400-500 ribu P'A....


    dah dlu y , ane brani sumpah ane ngomong apa adanya tak ada kebohongan di antara kita,.. hahahaa....

    oke.. assalamualaikum...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam.

      Terima kasih atas sharingnya. Insya Allah bermanfaat buat banyak orang. :)

      Hapus
  9. gan ngomomng2 ntu cek fisik kendaraannya dmna ya????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cek fisik di langsung di Samsat setempat. Kalau lokasi kendaraan ada di luar kota (jauh dari lokasi Samsat setempat), bisa dibantu lewat prosedur "cek fisik bantuan" seperti yang dijelaskan di atas.

      Hapus
    2. bang ni lw masalah samsatnya lw di samsat cabang bisa gk ya???? soalnya kn saya tinggal di daerah kabupaten tangerang nah untuk samsat induknya itu kn adnya di daerah BSD serpong tapi sekarang ada cabang lagi di daerah balaraja kira2 bisa gk ya kalau saya ngurusinnya disamsat cabang/balaraja????

      Hapus
    3. Setahu saya ngurus STNK itu terbatas di Samsat tertentu, kecuali Samsatnya Polda Metro Jaya. Kayak saya biasanya ngurus di Samsat daerah Kota Tangerang (bukan Kabupaten ya), tiba-tiba saya dioper ke Samsat Ciledug karena ada perubahan area Samsat. Sejak saat itu saya gak bisa lagi ngurus di Samsat Kota Tangerang. Jadi sebaiknya konfirmasi dulu ke Samsatnya langsung.

      Hapus
  10. alhamdulillah ketemu blog ini, top banget penjelasannya. hampir aja ane putus asa ngurus stnk hilang, uda tanya sana sini katanya skitar 600-700rb eh ternyata kisaran 100-200rb, trims banget admin smoga sukses slalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah. Terima kasih atas apresiasinya. Semoga lancar mengurus STNK-nya. Aamiin.

      Hapus
  11. Rencana mau ngurus ktp+sim+stnk karena kejambret. Kan dah biasa,satu paket di dompet. Semoga dana 500rb cukup. Mohon doa ya teman2.

    BalasHapus
  12. Saya baru saja membeli sepeda motor melalui lelang. Sepeda motor tersebut berdomisili di luar kota dan tanpa STNK dan salinan KTP pemilik lama. Saya berniat membalik nama dan memutasikan sepeda motor tersebut. Bagaimana prosedur resminya? Terima kasih banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf sebelumnya. Untuk prosedur balik nama dan mutasi yang dimaksud, saya tidak tahu detailnya. Untuk kasus ini, saya tidak bisa membantu.

      Hapus
  13. stnk temen aku ilang sama aku nah temen aku baru umur 16 tahun. gimana nih solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak masalah. Yang penting itu kan STNK itu atas nama siapa. Yang masuk persyaratan kan KTP orang yang namanya tercantum di STNK. Bisa diurus kok asalkan syarat-syaratnya lengkap.

      Hapus
  14. samsat kabupaten bogor lebih parah, biaya stnk hilang sampe 1jt rupiah, ini pengalaman saya di bogor...

    BalasHapus
  15. Mas mau Tanya, sy kehilangan stnk,dan belum dibalik Nama sedangkan orang yd dulu punya motor sudah tidak dpt dihubungi lg, jd gimana ya resolusinya mohon dibantu trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya bisa langsung diurus balik nama sambil mengurus STNK hilang itu. Untuk prosedur urus STNK hilang sambil balik nama ini saya tidak tahu. Mohon tanyakan ke Samsat setempat. Maaf kalau kurang membantu.

      Hapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  17. Assalamualaikum.

    saya mau tanya pak, saya kan asli domisili kendari, & sekarang berdomisili yogyakarta (kuliah).

    dompet saya yang isinya: KTP, SIM, STNK, ATM, & KTM jatuh/hilang (atm & ktm udah saya urus), nah saya bingungnya di KTP, SIM, & STNK pak.

    - jika saya mau urus STNK (foto copy ktm, sim, & stnk tidak ada) di samsat yogyakarta apa bisa ?
    - apa saja yang harus saya bawa pak ? (sekarang yang saya punya hanyalah motor domisili kendari + surat laporan kehilangan dari polsek, semua data dari ktp, sim, & stnk saya tidak hapal & tidak punya foto copy nya)
    - apa butuh BPKB juga pak ? (bpkb nya ada di kendari)


    NB:
    kalau boleh saya minta nomor hp bapak, agar saya bisa sms bapak pada saat saya hendak mengurus STNK tersebut, jujur saya sangat bingung & panik pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

      Steven,

      Pertanyaan kamu sebenarnya sudah terjawab di atas. Intinya kamu perlu membuat "cek fisik bantuan" di Yogyakarta. Hasilnya dikirim ke Kendari untuk diurus di Kendari. BPKB itu nantinya dipakai saat mengurus STNK hilang di Kendari. Kalau di Kendari perlu minta tolong keluarga, buat surat kuasa sesuai kebutuhan. Biar keluarga yang mengurus STNK hilang kamu.

      Secara garis besar, prosedurnya seperti itu saja. Detail prosedurnya bisa kamu baca kembali di tulisan saya di atas. Saat saya mengurus STNK hilang dulu pun saya bingung, tapi saya beruntung karena samsat tempat saya mengurus STNK sudah beroperasi sesuai prosedur tanpa biaya siluman maupun calo.

      Tulisan ini sengaja saya buat untuk membantu orang-orang yang juga kebingungan mengurus STNK hilang seperti saya dulu. Saya yakin kalau tulisan ini dibaca dengan seksama, termasuk di dalamnya komentar-komentar tambahan dari pembaca lain, insya Allah prosedur urus STNK hilang menjadi mudah. Tentu saja dengan asumsi bahwa samsat tempat kita mengurus STNK hilang itu tidak mempersulit ya. Kalau pun dipersulit, harapan saya isi tulisan ini dapat dijadikan pedoman agar kita semua terhindar dari tipu daya oknum pencari untung belaka.

      Semoga lancar urusannya, Steven.

      PS:
      Punya akun Twitter? Mention saya saja kalau ada pertanyaan yang spesifik. Saya bisa ditemukan di @asyafrudin.

      Hapus
  18. makasih sekali pak atas responnya, subhanallah sangat2 membantu pak amir :)


    saya mau tanya lagi pak, berdasarkan yang bapak deskripsikan:
    Contohnya kira-kira seperti itu. Sayangnya untuk saat ini saya tidak memiliki informasi lebih lanjut mengenai persyaratan, prosedur, dan biaya untuk "cek fisik bantuan" ini. Untuk informasi ini, sebaiknya langsung saja ditanyakan ke Samsat setempat.

    - mungkin kalau sekarang bapak udah ada info mengenai persyaratan, prosedur, & biaya untuk pengurusan "cek fisik bantuan" ? (jika bertanya langsung ke samsat ada kemungkinan dipersulit pak, apalagi saya asli domisili luar pak)

    - untuk biaya pengurusan "cek fisik" & "cek fisik bantuan" apakah beda pak ?, kalau iya mungkin bapak tau biaya mana yang lebih ringan, biaya cek fisik/cek fisik bantuan ? (kalau kurang jelas, boleh pakai pendapat bapak)

    - untuk durasi pengurusan, menurut bapak apa lebih cepat "cek fisik/cek fisik bantuan" pak ?


    sekian pertanyaan saya pak amir, mudah-mudahan direspon lagi & mohon maaf jika kurang berkenan, mungkin dengan ini banyak penyimak yang terbantu (khususnya penyimak yang berdomisili luar, termasuk saya sendiri), terima kasih sebelum & sesudahnya pak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senang bisa membantu. :)

      Iya nih. Sampai saat ini saya belum sempat menanyakan perihal cek fisik bantuan ini ke samsat terdekat. Sebelumnya sudah pernah ada yang bertanya tentang ini, Steven. Saya bahkan tahu ada mekanisme cek fisik bantuan itu dari komentar pembaca di sini. Sayangnya belum ada satu orang pun yang berkenan berbagi pengalaman mereka setelah mereka mengurus cek fisik bantuan.

      Jadi perihal biaya dan prosedur cek fisik bantuan ini saya tidak tahu sama sekali. Saya tegaskan ya bagian "saya tidak tahu sama sekali". Walaupun begitu, berdasarkan hasil googling saya sendiri, menurut saya biaya dan prosedur cek fisik dan cek fisik bantuan ini tidak jauh berbeda. Perbedaan paling mendasar hanya masalah lokasi. Kalau cek fisik dilakukan di samsat setempat, sementara cek fisik bantuan dilakukan di samsat terdekat (umumnya karena beda kota).

      Pada akhirnya saya simpulkan bahwa dalam konteks STNK hilang ini, cek fisik bantuan sama saja dengan cek fisik biasa. Bawa saja semua persyaratan yang saya paparkan di atas ke bagian cek fisik di samsat terdekat. Kemungkinan besar kita perlu daftar dulu sebelum masuk ke bagian cek fisik untuk menerima formulir isian cek fisik bantuan tersebut.

      Perihal biaya pun sama saja. Melihat prosedurnya tidak jauh berbeda dengan cek fisik biasa, saya pun yakin biaya cek fisik bantuan akan sama atau paling tidak hanya selisih sedikit dengan biaya cek fisik biasa. Begitu juga dengan durasi, menurut saya durasi pelaksanaan cek fisik biasa dan cek fisik bantuan itu sama saja.

      Itu dulu yang bisa saya sampaikan, Steven. Semoga bisa membantu. Semoga lancar juga urusannya ya. Kalau berkenan, mohon share informasinya di sini ya. :)

      Hapus
    2. siap pak amir, Insya Allah saya akan berusaha sebisa mungkin untuk share masalah "cek fisik bantuan" ini jika kelak udah kelar :)

      senang sekali bisa berkomunikasi dengan bapak amir, blog bapak ini sangat-sangat membantu saya secara pribadi :)

      dengan ini saya tutup dulu ya pak, assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

      Hapus
  19. permisi pak, dimana saya bisa mengecek fisik kendaraan saya ? mohon bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung di samsat setempat saja.

      Hapus
    2. dikatakan disitu, jika hr jum'at akan memperlambat proses pembuatan STNK baru, tp apakah bisa jd pada hari itu juga ?

      Hapus
    3. Yang memperlambat proses pengurusannya itu karena waktu istirahat di hari Jum'at lebih lama dari hari kerja lainnya. Kalau dikejar dari pagi dan urusannya lancar seharusnya tetap bisa selesai pada hari yang sama walaupun hari Jum'at.

      Hapus
  20. assalamuallaikum pak amir.
    saya mau bertanya, saya ingin mengurus stnk saya yang hilang, namun stnk saya sudah mati pajaknya (blm bayar) kurang lebih 2 atau 3 tahun, prosedurnya seperti apa y pak? apa akan dipersulit? kira2 total biayanya berapa y pak?
    terima kasih pak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam.

      Untuk STNK hilang yang sudah lewat jatuh tempo, prosedurnya sama saja. Biayanya pun sama saja, tapi memang kita harus membayar pajak yang belum dibayar ditambah denda keterlambatan. Totalnya tergantung besar pajak dan denda itu. Kalau masalah dipersulit atau tidak, itu tergantung petugas samsatnya. Selamat mengurus STNK. :-)

      Hapus
  21. aslkm.. saya saat ini sedang berusaha untuk mengurus stnk sy hilang karna kecopetan (tp blm saya urus karna bingung). dan saya sdah bertanya ke samsat cibinong (karna sy domisili di cibinong), kok syarat nya tuh banyak yaah sampai 14 syarat, yakni: 1. laporan kehilangan dr kepolisian 2. bap dr sat reskrim polres bogor 3. bpkb asli/surat keterangan dr lisence 4. fotokopi arsip stnk 5. tanda jati diri asli dan fotokopi 6. keterangan tidak terlibat laka lantas 7. keterangan stnk tidak dalam reg.tilang 8. hasil cek fisik kendaraan bermotor 9. kwitansi dari biro iklan 10. bukti kliping koran 3 mggu berturut2 11. nota dinas dari saat reskri polres bogor 12. kendaraan bermotor hadir utk di foto 13. surat pernyataan stnk hilang surat keterangan dari kasat lantas saya ditanya mau urus sendiri silahkan, jika ingin di urus kami biaya ke dalam Rp. 700 ribuan, belum termasuk bayar pajak (pajak saya di bulan 12/desember 2012 Rp.210 rb).. perasaan saya kok ribet/sulit ya pak? mungkin bapak bisa memberi solusi nya... trima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya komentari masing-masing syarat ya...

      Laporan kehilangan dari kepolisian otomatis harus ada. Surat ini yang menjadi bukti bahwa STNK kita memang hilang. BAP dari Satreskrim? Gak pernah dengar. BPKP asli sudah pasti harus ada.

      Fotokopi STNK yang hilang setahu saya tidak wajib ada. Berdasarkan pengalaman saya (dan feedback dari pembaca), fotokopi ini hanya untuk memudahkan proses administrasi saja; bukan syarat mutlak. KTP pemilik (yang tercantum di BPKB) pun harus ada. KTP ini pun memang harus difotokopi saat mengurus STNK.

      Keterangan tidak terlibat laka lantas itu saya juga belum pernah dengar. Sementara Keterangan STNK tidak dalam reg. tilang itu sepertinya didapat saat mengurus STNK itu sendiri. Kalau gak salah prosedur mengurus STNK hilang ini memang melalui pengecekan status kendaraan itu sendiri.

      Hasil cek fisik kendaraan bermotor memang diperlukan. Sementara kwitansi dari biro iklan dan bukti kliping koran ini sampai saat ini masih simpang siur informasinya. Pengalaman saya sendiri mengurus STNK hilang, saya tidak harus memasang iklan terlebih dahulu. Selanjutnya persyaratan 11, 12, dan 13 pun saya belum pernah dengar.

      Saya pribadi sebenarnya lebih cenderung menyarankan untuk mengurus sendiri. Coba aja ikuti satu persatu langkah-langkahnya. Siapa tau yang mempersulit itu hanya 1-2 oknum saja. Semoga saja di Samsat Cibinong sendiri sudah bersih dari praktik percaloan seperti ini. Jadi pas kita urus sendiri itu kita bakal tahu mana syarat yang benar dan mana yang dibuat-buat.

      Kalau sudah niat urus sendiri, sebaiknya konsisten. Coba ikuti saja persyaratan yang diminta dan prosedur yang harus dijalani. Sebisa mungkin tolak tawaran untuk "dibantu". Bilang saja uang kamu memang pas-pasan.

      Itu dulu dari saya.

      Hapus
  22. saya inginnya sih urus sendiri pak, memang cukup lama karna info dr tetangga di kodya bogor sendiri hrs pakai di iklankan dulu 3 minggu berturut2... tetangga jg bilang kalo kabupaten memang ribed urusannya... dan yang masih menjadi pertanyaan saya juga "haruskah pajak di bayar? karna menurut saya pajak saya masih panjang desember 2012 ( samsat bilang saya harus bayar pajak 2012 nya)"..... trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu dia maksud saya. Kalau memang ngurus sendiri itu terlalu lama dan ribet, kayaknya mending mengalah dan pakai jasa saja. Alhamdulillah untuk kasus saya, samsatnya sudah bersih, calo dibasmi, dan prosedurnya mudah diikuti. Itu alasannya kenapa saya bisa urus sendiri.

      Kalau masalah pajak sih seharusnya gak perlu tuh, Mbak. Soalnya setahu saya yang namanya pajak kendaraan bermotor itu baru bisa dibayar satu bulan sebelum jatuh tempo. Ini berdasarkan pengalaman pribadi. Saya pernah urus pajak STNK yang jatuh tempo September itu di bulan Juli. Sampai di samsat malah disuruh balik lagi bulan Agustus. Jadi untuk pajak itu memang sebaiknya dipastikan lagi.

      Hapus
  23. STNK saya juga hilang dan BPKB nya masih di leasing. Kalo kendaraan Bekasi surat keabsahan BPKB ngurusnya di mana ya? Polda Metro jugakah?

    Makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Setahu saya untuk daerah Jabodetabek itu urus Surat Keterangan Pengesahan (keabsahan) BPKB itu tetap di Polda Metro.

      Hapus
    2. Terima Kasih

      Hapus
  24. pak amir.. akhirnya sy pakai orang dalam (yg tdk mata duitan/main getok tarif), sy dianjurkan ganti nopol aja dgn total biaya Rp. 136 rb .. krn memang ribed urusan di samsat cibinong... makasih masukan/saran dr pak amir... waslkm...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah. Syukurlah kalau sudah dapat solusinya. Senang bisa membantu.

      Wa'alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh.

      Hapus
    2. Mba Annida bisa di rinci lg mkst total biaya Rp. 136rb? jasa calonya aj ya? trus brapa lama jadi STNK nya?

      Hapus
  25. assalamu alaikum pak amir...
    STNK hilang pak :( kalau saya status motor sudah lunas dan BPKB keluar, tapi karena untuk jaminan pinjam uang di BPR, BPKB nya sekarang pindah kesana. apakah saya harus mengurus BPKB nya ke BPR ? atau tanpa BPKB bisa ? sebagai syarat untuk mengurus STNK hilang...

    terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam.

      Betul sekali. Anda perlu minta fotokopi BPKB motor Anda ke BPR. Cukup minta fotokopinya saja. Nanti fotokopi ini yang dipakai untuk mengurus keterangan pengesahannya. Setelah dapat keterangan pengesahan ini, lanjutkan ke samsat untuk mengurus STNK-nya.

      Semoga membantu.

      Hapus
  26. Assalamu'alaikum.
    Maaf pak, saya baru beli (hasil berburu di berniaga.com) motor spin Th. 2008 Plat T (pemilik orang subang) tapi STNKnya hilang dan pajak telat 1 thn, surat-surat yang ada pada saya meliputi:
    1. BPKB/Faktur
    2. Duplikat STNK (berstempel LUNAS SAMSAT UPPD SUBANG)
    3. Esek2/cek fisik (cek fisik bantuan samsat Jaktim)tertanggal 20 Okt 2011
    4. Surat tanda lapor kehilangan barang (Polsek Metro Cakung) tertanggal 15 Okt 2011 (atas nama orang ke2)
    5. 2 lampiran berita kehilangan di koran pos kota dan warta kota tertanggal 31 okt 2011

    Yang ingin saya tanyakan:
    1 kira-kira ribet nggak pak ngurus mutasi ke wilayah saya (Cilacap) sedangkan STNKnya ngga ada, pajak pun telat 1 tahun dan saya orang ke 3 yang megang motor tersebut.
    2. Kira-kira kisaran biayanya berapa? (saya berniat mengurus sendiri/tanpa melalui jasa calo)
    3. Syarat2 apa saja yang masih kurang untuk melengkapi berkas mutasi tersebut?
    4. Niat saya motor ngga tek bawa ke Subang karena motor dah di cilacap, Apa saya harus cek fisik lagi di samsat Subang, karena cek fisik yang ada saat ini adalah hasil cek fisik dari samsat Jaktim (karena dulu untuk melengkapi laporan kehilangan STNK)?

    Mohon pencerahan dan bantuannya pak biar saya ngga bingung dalam ngurus mutasi motor saya.
    Terima kasih yang sebesar-besarnya.
    Wassalamu'alaikum.

    Achmad Mafa'id Cilacap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam.

      Menurut saya lebih baik sekalian diurus saja mutasi ke daerah Cilacap dan balik nama, Mas. Saya sendiri tidak tahu persis prosedur mutasi dalam kasus seperti ini. Yang pasti, Mas Idhe perlu mengurus lagi surat-surat yang dibutuhkan seperti surat keterangan hilang itu.

      Untuk syarat-syarat yang lengkap bisa dilihat di atas. Untuk cek fisiknya kemungkinan bisa dilakukan di Cilacap. Selanjutnya tinggal dipastikan kembali syarat-syarat dan prosedur mengurus mutasi itu.

      Itu dulu yang bisa saya sampaikan.

      Hapus
    2. terima kasih informasinya pak

      Hapus
  27. br bgt sya kehilangan STNK rencana nya bsk mw d urus,stlh sya baca komen mba anninda syifa, sya jd pesimis untuk ngurusnya,krna sy jg hrus urus d samsat cibinong,, bagaimana ya ? apa perlu saya lgsung k samsat nya dan blg ganti nopol saja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak Ria. Kalau memang kondisinya terlalu ribet seperti cerita Mbak Annida, saya rasa lebih baik mengambil jalan yang praktis seperti Mbak Annida. Tapi saya pribadi masih condong menyarankam untuk mencoba dulu sesuai prosedur, Mbak. Siapa tahu peruntungan Mbak Ria lebih baik dari Mbak Annida. :-)

      Hapus
  28. mau tanya mas brow, saya dari blitar, beli mobil jakarta stnk hilang. prosesnya bagaimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa coba urus langsung di Blitar sekalian mutasi dan balik nama. Kalau tidak, terpaksa urus di Jakarta. Syarat dan prosedur ada di atas. Untuk urus cek fisik bisa dilakukan di Blitar dengan membuat "cek fisik bantuan". Prosedurnya tidak jauh berbeda dengan cek fisik biasa. Mohon cek kembali perihal cek fisik bantuan ini di komentar-komentar sebelumnya.

      Itu saja yang bisa saya bantu.

      Hapus
  29. Apakah kalau stnk hilang harus diiklankan dulu di surat kabar? atau langsung diurus bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sendiri pernah mengurus STNK hilang tanpa pasang iklan, tapi ada pembaca yang bilang petugas samsat tempat mereka mengurus STNK hilang itu mengharuskan pasang iklan minimal 3 hari di surat kabar. Jadi ada kemungkinan aturan pasang iklan ini tidak berlaku umum.

      Hapus
    2. bagaimana prosedur pembuatan surat keterangan hilang di polsek?

      Hapus
    3. Langsung saja datang ke Polsek untuk lapor kehilangannya. Ikuti saja petunjuk petugas Polsek itu.

      Hapus
  30. Mohon bantuannya untuk informasi cara mengurus STNK Duplikat dengan kondisi saat ini BPKB masih ada di pihak Leasing.

    Saya domisili di Surabaya Timur. Setelah saya baca blog internet mengenai hal ini, banyak info yg mengatakan bisa walaupun BPKB masih di Leasing. Dengan syarat : Fotocopy BPKB yg sudah di Legalisir harus mengurus Surat Pengesahan dari POLDA setempat.

    Saat ini persyaratan yg sudah saya miliki :
    1. KTP Asli nama STNK. (Biaya Pinjam KTP Rp. 100.000,-)
    2. Surat Kehilangan dan BAP. (Rp. 50.000,-)
    3. Legalisir BPKB (Rp. 10.000,-)
    4. Surat Pengantar Leasing.

    Saya sudah menanyakan solusi ke pihak leasing, dan pihak leasing menyarankan untuk diurus oleh mereka dengan biaya yg sangat mahal yaitu Rp. 750.000,-. Oleh sebab itu sy berusaha mengurus sendiri.

    Saya sudah ke Polda jatim dan dari polda sy di sarankan harus Cek Fisik di Samsat. Ketika mau cek fisik sy diminta STNK Asli (kan ngga ada), BPKB Legalisir juga ngga bisa karena klo ngga ada STNK atau BPKB bukti cek fisik tidak akan di sah kan.

    Bagaimana solusinya ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tanya dulu ya Mas Richardo. Surat Pengesahan dari Polda setempat itu sudah jadi belum? Surat Pengesahan ini yang akan menjadi pengganti STNK/BPKB. BPKB yang dilegalisir dan surat pengantar dari pihak leasing itu dipakai untuk mengurus Surat Pengesahan tersebut.

      Kalau Surat Pengesahan sudah jadi, Mas Richardo baru bisa lanjut cek fisik dan urus STNK pengganti itu. Kalau dari Polda malah disuruh balik cek fisik justru aneh, Mas. Mungkin petugas Polda tempat Mas bertanya salah paham.

      Monggo dicoba lagi, Mas. Mulai dari Surat Pengesahan dulu ya. Semoga urusannya lancar.

      Hapus
  31. Mohon bantuan kalo mo perpanjangan dalam kondisi stnk hilang, apa perlu mengurus stnk dulu atau langsung aja perpanjangan ?
    makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung urus STNK saja. Nanti perpanjangannya akan diurus sekalian. Siapkan saja biaya untuk urus STNK hilang seperti yang dijelaskan di atas sekalian biaya perpanjangan STNK-nya.

      Demikian.

      Hapus
  32. assalammualaikum. pak amir terima kasih infonya sangat membantu.

    saya ada pertanyaan nih pak. saya habis ilang stnk setahun lalu. sudah diurus, waktu itu di samsat jakarta timur. pengalamannya pait banget, disana petugasnya sangat amat "kotor". nah saya dapet musibah lagi pak, dompet saya ilang lagi, untungnya surat penting yang hilang hanya stnk. sim ktp aman.

    stnk saya keluaran samsat pusat (daan mogot), bisa minta tolong infonya gak pak samsat yang kira2 bersih dimana?

    saya gak mau urus di samsat jakarta timur lagi pak, walau di bulan puasa atau setelah lebaran kayaknya mereka gak takut dosa pak.
    tempat bapak mengurus stnk sendiri dimana pak?

    terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam warahmatullahi.

      Saya urus di Samsat Tangerang. Di situ prosedurnya jelas dan petugasnya bersih. Sempat juga urus perpanjangan STNK di Samsat Ciledug. Di sini pun sama jelasnya dan bersihnya. Kalau di samsat lain saya tidak tahu kondisinya. Maaf kurang bisa membantu.

      Hapus
  33. assalamuallaikum pak amir.
    saya mau bertanya, jika bpkp nya berada di bank sebagai jaminan pinjam uang, apa perlu meminta surat keterangan dari bank juga pak?
    lalu apa perlu lembar pengesahan k polda juga y pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam.

      Setahu saya tetap perlu. Mas Anonim minta fotokopi BPKB dan surat keterangan dari Bank untuk membuat lembar pengesahan dari Polda. Nanti lembar pengesahan itu yang jadi pengganti BPKB untuk mengurus STNK yang hilang.

      Demikian.

      Hapus
    2. owh begitu, sya kira agak lebih mudah dibanding dengan bpkp yg di masih di dealer.
      klo boleh sya rangkum pak, jadi sya mesti k polda buat ngurus lembar pengesahan (fotocopy bpkp sma surat ket bank), lalu setelah itu k kantor samsat untuk ngurus apa begitu pak? mohon penjelasan nya pak, sya masih blm paham, trima kasih pak amir.

      Hapus
    3. Sebenarnya jawaban dari pertanyaan Mas Anonim ada di tulisan di atas. Di situ kan saya paparkan persyaratan dan prosedurnya. Nah sakah satu persyaratannya itu kan BPKB kendaraan terkait. Kalau BPKB-nya masih ditahan pihak ketiga seperti leasing atau bank, kita terpaksa urus dulu surat keterangan pengesahannya di Polda. Kalau pengesahannya sudah jadi, baru kita ke Samsat untuk urus STNK yang hilang itu.

      Kira-kira begitu. Semoga cukup jelas.

      Hapus
  34. pak, saya mau nanya ...saya baru kredit mobil baru ,tetapi belum sebulan stnk sudah hilang.
    kalau pinjam fotocopy ke leasing kan belum ada pak bpkb nya?
    gimana solusinya pak untuk administrasi foto copy bpkb dari leasingnya..
    mohon infonya pak.thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya malah bingung nih. Memang BPKB-nya ada di tangan siapa? Bukannya kalau sudah kredit itu berarti BPKB sudah ada di pihak leasing ya? Maaf ya. Saya gak terlalu paham kondisinya. :-)

      Hapus
    2. maksudnya saya beli baru belum genap sebulan pak...kalo bpkb keluar kan 6 bulan pak..
      trus buat fotocopy bpkb nya gimana pak??saya posisi juga kredit pak...
      semoga bis amembantu

      Hapus
    3. Maksudnya yang hilang itu surat jalan ya? Mas Anonim pakai plat putih itu bukan? Terus terang saat ini saya tidak tahu prosedur terkait surat jalan yang hilang itu. Mungkin bisa minta bantuan dealer tempat Mas membeli mobil.

      Kalau Mas Anonim sendiri sudah pakai plat hitam, saya angkat tangan deh. Soalnya saya sendiri gak ngerti gimana caranya plat hitam dan STNK-nya bisa keluar padahal belum ada BPKBnya. Sepertinya saya tidak bisa membantu nih, Mas. Mohon maaf.

      Hapus
  35. siank om,
    kalo mw perpanjang pajak STNK namun STNK yg asli hilang/yg ada saat ini hanya resi nye aje gmna yakk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siang.

      Langsung urus aja STNK sesuai prosedur STNK hilang yang dijelaskan di atas. Kalau memang sudah jatuh tempo, STNK kita akan sekaligus diperpanjang.

      Hapus
  36. maaf numppang nanya stnk saya hilang saya ingin buat yang baru tetapi pajak mati 2 tahun dan bpkb belum turun .. lalu bagaimana cara mengurusnya kalau seperti itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau pajak yang mati 2 tahun itu nanti akan langsung ditagih pas kita urus STNK yang baru; termasuk dendanya. Untuk BPKB, bisa "digantikan" dengan Surat Keterangan Pengesahan dari Polda setempat. Keterangan lebih lanjut tentang hal ini sudah saya cantumkan dalam tulisan di atas.

      Hapus
  37. Sore mod Amir..

    Mau nanya nih, saya baru aja beli motor plat daerah A (cilegon) mau saya balik nama langsung ke depok, akan tetapi STNK hilang. Untuk pengurusannya prosesnya gimana ya...? & apa aja persyaratan yang harus disiapkan....? untuk estimasi biaya yang dikeluarkan berapa ya jika pajak mati 1 tahun s/d selesai...?
    Apakah bisa jika saya buat surat kehilangan STNK tersebut ke polsek terdekat dengan menggunakan KTP saya.?

    Terima Kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk Surat Kehilangan seharusnya bisa langsung diurus, Mas. Kalau prosedur mengurus STNK hilang itu sepertinya bisa sekalian mutasi dan balik nama. Sayangnya saya tidak punya info yang cukup soal mutasi dan balik nama; termasuk info perihal biayanya. Mohon maaf kalau kurang membantu.

      Hapus
    2. Maaf, saya mau tanya..... sy pernah ditilang di daerah dalam perjalanan pulang ke Jakarta dan STNK saya ditahan. Dan ternyata setelah samapai di Jakarta, surat tilangnya hilang ( mungkin tercecer di jalan ). Apakah saya bisa mengurus STNK baru di Jakarta? Apa langkah2 yg hrs ditempuh utk pengurusana STNK sendiri. Terima kasih atas perhatiannya.

      Hapus
    3. Sidang tilangnya di Pengadilan mana? Masih mungkin diurus tilangnya atau tidak? Seharusnya urus sidang tilang lebih mudah dan mungkin lebih murah dibandingkan urus STNK hilang. Kalau memang harus urus STNK hilang, prosesnya mulai dari urus surat keterangan hilang di Polsek terdekat. Selanjutnya tinggal ikuti persyaratan dan prosedur yang sudah dijelaskan di atas.

      Hapus
    4. Pak Amir, surat tilangnya sudah hilang dan masa berlaku utk pengurusan ke pengadilan sudah habis krn sudah cukup lama kejadiannya. Yang saya mau tanyakan, apakah utk pengurusan STNK hilang di computer Polda tertera bahwa STNK sy dalam posisi ditilang di daerah dan apakah ada perbedaan dalam step step pengurusan dgn STNK hilang biasa? Terima kasih atas penjelasannya.

      Hapus
    5. Saya kurang tahu pasti perihal data STNK itu. Setelah mengisi formulir pendaftaran memang ada pengecekan status STNK, tapi saya tidak tahu apakah data tilang beda daerah itu masuk kriteria pengecekan atau tidak. Mohon maaf kalau kurang membantu.

      PS:
      Kalau saya pribadi mungkin bakal nekat nyobain ngurus ke samsat sesuai prosedur di atas. Mudah-mudahan gak kepergok. :-)

      Hapus
  38. saya Dudy...ass pak amir saya mau tanya Stnk saya kan hilang trus pajak mati 4 th dan tdk ada Foto copy stnk nya dan Bpkb masih nama orng lain.
    rencana nya saya besok saya mau urus STNK dan Balik Nama sekalian mumpung biaya Balik nama Free.
    apa saja syarat nya dan Prosedurnya saya harus buat yg mana dulu....??
    Kira2 Berapa lama jadi nya STNK dan Balik Nama BPKB.
    Klo bisa saya minta No tlp Bpk Biar saya Bisa hub Bpk.
    sms aja Pak ke Nomer HP saya 082112440640.
    trims atas Bantuan Bpk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya urus STNK hilang itu bisa sekaligus urus Balik Nama. Sayangnya saya pribadi belum pernah urus Balik Nama. Jadi saya tidak bisa banyak membantu untuk urusan Balik Nama itu. Mohon maaf kalau kurang membantu.

      Hapus
  39. pak numpang tanya nih,kalo ngurus surat keterangan hilang d polsek tu apa bs orang lain soalny stnknya hilang diluar kota

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dulu urus di Polsek terdekat, Mas. Dulu saya kehilangan STNK di Jakarta Selatan, tapi saya urus surat keterangan hilang di daerah Tangerang (dekat rumah).

      Hapus
    2. ya sebenarnya mau tak urus dekat rumah,tapi motornya masih di luar kota jadi takutnya lo pas di jalan ada operasian itu.

      Hapus
  40. pak sy numpang tny sy asli surabaya,sy khlgn stnk berplat pasuraan..kehilangan di surabaya..bpkb sy pgang tp ktp pemilik dbwh saudra sy di pasuruan...gmn cara mengurusnya,pajak uda dibayr,itu menggosok seri mesin dmn samsat pasuruan apa samsat surabaya...soalnx sy bnr2 bingung nh barsj hilang hari sabtu kmrn.dan kira2 total kena brp biayanya biar bisa siap2...klau misal lgsng di mutasikn juga kena brp soalnx sy jg pgen mutasi surabaya biarpun matinx msh tahun depan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gesek nomor seri bisa di Surabaya; istilahnya Cek Fisik Bantuan. Setelah itu bisa urus STNK-nya di Pasuruan. Hanya saja saat cek fisik bantuan itu perlu juga membawa dokumen sesuai persyaratan yang dijelaskan di atas. Jadi BPKB kendaraan dan KTP pemilik juga perlu dibawa saat cek fisik bantuan itu.

      Informasi soal biaya dapat dibaca kembali di atas. Ada kemungkinan berbeda untuk tiap Samsat, tapi berdasarkan cerita pembaca lain, perbedaannya tidak signifikan. Perihal mutasi dan balik nama, saya tidak bisa banyak membantu.

      Hapus
  41. Share Urus STNK hilang kabupaten Cirebon:
    1. Minta surat keterangan BPKB di leasing ada FC BPKBnya, persyaratan ktp asli, adm 5rb
    2. Ke Polsek bawa KTP dan FC BPKB dari leasing, minta Surat kehilangan STNK 10rb, dan Berita Acara (BAP) 10rb. Dpt srt kehilangan dan BAP.
    3. Iklan Koran 20rb, dan iklan Radio 30rb. Bawa surat kehilangan dan fc ktp. Dapat surat keterangan iklan.
    4. Cek Fisik di samsat, persyaratan KTP asli, FC BPKB dan surat keterangan BPKB dr leasing. 5rb
    5. POLRES, bawa FC rangkap 2 (srt ket BPKB leasing, FC BPKB, iklan 2, FC KTP, KTP ASLI, srt kehilangan polsek dan BAP). Unit SERSE gratis, unit TILANG 10rb, unit LAKA gratis. Dpt 3 srt keterangan dr polres.
    6. Buat STNK di SAMSAT, biaya stnk 50rb, titip urus di samsat 150rb.
    7. STNK duplikat jadi, total biaya 290rb.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas sharingnya. Lengkap juga ya pengalamannya; sampai pasang iklan segala. :)

      Hapus
  42. Info yg sangat berguna mas...
    Bagaimana kalau stnk hilang dan bpkb sedang berada di Bank?
    Mohon infonya ya mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya prinsipnya sama dengan kondisi bila BPKB masih ditahan pihak leasing. Jadi kita perlu minta fotokopi BPKB yang dilegalisir oleh pihak bank untuk dijadikan persyaratan mengurus STNK hilang itu.

      Hapus
  43. saya mau ngurus stnk yang hilang..ktp saya ikut hilang pa. tapi foto copy nya masih ada. apa masih bisa diurus?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa. Urus saja KTP-nya dulu. Setahu saya tetap butuh KTP asli supaya urusan STNK-nya lebih lancar.

      Hapus
  44. Pada waktu razia kendaraan bermotor lebaran tahun ini karena tdk membawa sim sehingga stnk saya ditahan dan dijadwalkan untuk mengikuti sidang karena saya ada keperluan ke luar kota sehingga pada hari yg telah dijadwalkan saya tdk dpt hadir
    Dan setelah itu saya datang kepengadilan untuk mengambil stnk dan memberikan sejumlah uang tapi ternyata stnk saya tdk ada dan petugas berjanji untuk mencari dan memberi kabar akan tetapi sampai detik ini belum juga ada kepastian tentang stnk tersebut..jadi apa yg harus saya lakukan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba ditanyakan kembali statusnya, Mas. Mungkin memang nyelip aja. Kalau sudah dipastikan hilang, langsung saja diurus ke Samsat.

      Hapus
  45. selamat malam mau tanya nich, gimana kalau pajak stnk belum dibaya, kira - kira berapa ya biaya na + ngurus stnk yang hilang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biaya totalnya itu kira-kira biaya urus STNK hilang (tercantum di atas) + pajak tahunan kendaraan (bisa diperkirakan dari pajak tahun sebelumnya) + denda. Dendanya ini saya kurang tahu berapa persisnya.

      Hapus
  46. Stnk saya hilang diluar jawa, sedangkan kendaraan bermotor saya asal dari jawa. Pertanyaan saya domisili saya diluar jawa, dan mau akan mengirimkan lwt pos akan tetapi wajibkah saya mengirimkan BPKB saya lwt pos (alasan saya agar tidak terjadi hal2 tidak diinginkan seperti kehilangan BPKB atau rusak), apakah bisa hanya mengirimkan fotokopy BPKB disertai surat kehilangan, cek fisik dll? atau ada cara lain, seperti pengesahan fotokopy BPKB dari polres atau POLDA domisili. makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sampai saat ini, setahu saya BPKB asli itu harus ditunjukan di Samsat tempat mengurus STNK. Jadi Mas Ali memang perlu mengirimkan BPKB ke tempat asal agar STNK-nya bisa diurus, Mas. Kalau cek fisik memang bisa dilakukan di Samsat domisili, tapi BPKB (dan juga KTP) yang asli tetap harus dibawa ke Samsat asal. Saya tidak tahu alternatif lain. Mohon maaf kalau kurang membantu.

      Hapus
  47. STNK ku hilang 2 hari yg lalu, sdh saya cari sepanjang jalan blm jg ketemu, bahkan ditempat saya terakhir service mtor juga blm ada titik terang, sengaja belum saya laporkan ke kantor polisi setempat berharap ada tanggang allah yg menyertai, knp blm sy laporkan? 1. polisi pasti minta imbalan dan bla bla bla (rugi waktu dan uang) 2. ujung2nya akan ribet harus ke biro iklan, untung punya fotokipi STNK (a/n orang lain maklum motor second).. dnger2 jg biaya urus STNK 800.000 nett belum termasuk jasa bla bla bla... yg mw saya pertanyakan apakah saya harus membayar pajak mulai dari nol ? sedangkan setahun lg sudah ganti plat (rencana mw saya balik nama) please infonya (085731663718/08813269547).. ion surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bayar pajak motor nantinya sesuai ketentuan. Kalau ada tunggakan, kita juga harua bayat tunggakannya (+ denda). Sisanya hanya biaya administrasi.

      Hapus
    2. Maaf, ada typo. "Kalau ada tunggakan, kita juga harus bayar tunggakannya (+ denda)."

      Hapus
  48. siang pak,saya christian dari daerah cepu jaa tengah,ohya kemaren sya kehilangan dompet ,semua isi,SIM,STNK saya hilang.... yang parahnya,yang hilang ini semua dokumen dari jakarta... sedangkan saya di cepu,ktp asli tidak ada ,karena lagi proses surat pindah ke cepu,yang ada cuma foto copy,sedangkan fotocopy sim stnk semua lengkap ada,gimana pak??? katanya harus KTP asli ya??sedangkan sebentar lagi KTP saya sudah pindah alamat ke cepu... tapi memang masih diurus di jakarta surat pindah KTP saya..gimana pak?? saya mau kejakarta pak...pusing sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terus terang saya gak terlalu tahu bagaimana prosedurnya dalam kasus seperti ini. Mungkin bisa dicoba mengganti KTP itu dengan dokumen lain sejenis surat keterangan domisili. Itu saja yang bisa sarankan. Mohon maaf kalau tidak bisa banyak membantu.

      Hapus
  49. Permisi pak, saya baru saja beberapa bulan yg lalu membeli motor second dan sebenarnya saya sudah berhati2 menaruh kart2 penting di card holder, entah apa sebabnya stnk-nya lenyap bagaikan diambil tuyul, untung kartu lainnya masih ada, jelas ini kecerobohan sendiri meskipun says sunnguh nggak sadar

    Saya membeli motor tersebut di salah satu dealer jual beli motor bekas, pemilik aslinya di luar kota. Saat ini motor tersebut masih menggunakan nama pemilik tersebut, saya cuman punya fotokopi ktp beliau dan bpkb-nya sedangkan fotokopi stnk-nya belum dibuat ?

    Apakah dengan benda2 tersebut sudah cukup untuk buat stnk dengan lancar, mkasih infonya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Satu hal yang pasti, KTP asli yang sesuai BPKB itu adalah syarat mutlak. Kalau gak ada KTP tersebut, kayaknya pilihan yang sesuai prosedur adalah langsung balik nama. Jadi kalau Mas Anonim tidak bisa pinjam KTP yang tercantum di BPKB, langsung saja coba urus balik nama motornya. Sayangnya untuk urusan balik nama ini saya tidak punya infonya sama sekali.

      PS:
      Fotokopi STNK itu opsional; tidak harus ada.

      Hapus
  50. malam pak,saya tere dari sumatera utara
    disini ssya maohon bantuan bpk,saya awalnya kehilngan STNK...selang beberapa waktu mau mengurus STNK yang hilang eh tau2 pas pindahan rumah saya cek BPKP saya gak kelihatan sampe sekarang.
    saya udah cari kemana2 bongkar2 isi rumah.
    mohon pak arahan nya bagaimana selanjutnya dengan STNK+BPKB yang hilang dan itu atas nama orang lain.
    trim sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf sebelumnya. Untuk kondisi seperti ini saya tidak bisa membantu karena saya tidak tahu sama sekali cara mengurus BPKB yang hilang. Harap maklum. Tulisan ini mengacu kepada pengalaman pribadi dan sharing pembaca. Jadi informasi yang tersedia memang terbatas.

      Hapus
  51. bagaimana cara kalo surat-surat* itu hilang semua (kebetulan hilang bareng di dompet) dan belum sempat di fotocopy. terima kasih atas informasinya.
    *ktp dan sim

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hal ini sudah pernah ditanyakan sebelumnya. Bila KTP asli tidak bisa disertakan, sebaiknya diurus dulu KTP-nya.

      Semoga membantu.

      Hapus
    2. terimakasih atas bantuannya.

      Hapus
  52. Mas saya mau tanya nih STNK saya kan hilang sblumnya KTP saya domisilinya di sukabumi. Nah skarng sy kerja di Bogor dan saya bikin KTP bogor. Kira2 bisa ga ya saya mengganti STNK yg alamatnya tertera di sukabumi tetapi KTP saya domisili bogor... Thanks mas amir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya tidak bisa, Mas/Mbak. KTP yang dipersyaratkan memang harus sesuai dengan yang tercantum di STNK.

      Hapus
  53. Untuk saat ini biaya mutasi STNK berapa ya mas, trus klo untuk mutasi apakah plat nomer jg di ganti.....thanks mas amir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk informasi terkait mutasi STNK, saya tidak tahu sama sekali. Saya sendiri belum pernah mengurus mutasi STNK itu. Maaf kalau kurang membantu.

      Hapus
  54. Pak saya mau tanya untuk keabsahaan di polda metro itu memakan waktu berapa lama ya pak? dikarenakan BPKB saya masih di kredit leasing motor, terimakasih pak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seingat saya bisa kelar sehari asal ngurusnya dari pagi. Kalau gak bisa sehari, maksimal 2 hari.

      Hapus
  55. Mohon Pencerahanya mas Amin, begini saya Mahasiswa di Jogjakarta, sya kehilangan STNK, Yang sya harus lakukan terlebih dahulu apa ? Kata Teman, itu harus terlebih dahulu mem-Posting di Iklan atau Koran , apakah itu Harus ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk soal pasang iklan di koran itu masih belum saklek/seragam aturannya. Pengalaman saya pribadi, saya tidak pasang iklan, tapi memang ada yang cerita diharuskan pasang iklan dulu. Saran saya sebaiknya tanya ke samsatnya langsung.

      Hapus
  56. Assalamualaikum pak amir....

    saya mo nanya nie,,dlu kan STNK saya pnh hilang dah diurus, trus dapat penggantinya...

    namun, krn ad sesuatu hal STNK nya kemudian hilang lg,,dan dah jatuh tempo

    Apakah pengurusannya msh sama ato bgmn yaa? Mohon informasinya

    terima kasih pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh.

      Walaupun sudah jatuh tempo, persyaratan dan prosedur pengurusan STNK yang hilang tetap sama. Bedanya adalah biayanya. Seingat saya, kalau belum jatih tempo, kita cukup membayar biaya administrasi. Kalau sudah jatuh tempo, kita juga harus membayar pajak dan denda keterlambatan (kalau memang ada).

      Hapus
  57. selamat siang, STNK saya hilang karena kejambret. TApi tdk ada foto copy nya, itu bagaimana yah ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fotokopi STNK yang hilang bukan syarat mutlak. Sepertinya syarat ini hanya diminta untuk memudahkan administrasi STNK dan kelihatannya tidak berlaku umum di semua Samsat.

      Hapus
  58. Senang bisa ketemu pak amir disini..... Gini pak. Saya baru saja membeli motor stnk hilang. Penjul motor itu dapat dari lelang. Saya beli keadaan stnk hilang. Bpkb faktur ada. Saya udah datang ke alamat yg tertera di bpkb brmaksud akan pinjem ktp. akan tetapi orang tersebut sudah pindah. Nah ni gmana.. Foto copy stnk ga ada ktp pemilik ga ada. Klu balik nama ktp saya ktp jateng. Klu hrus mutasi dana blm mencukupi. Nah....pertanyaan saya
    1. Bisakah saya mengurus stnk hilang dngan cara nembak ktp. Bekasi kab...
    Maksud saya ini adalah untuk hemat. Klu saya mau pake biro jasa pasti bisa asal mengeluarkan 600rb. Trimakasih pak amir. Smoga slalu di beri ksehatan dan murah rejeki...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sayang banget ya gak bisa sekalian balik nama. Soalnya kalau sekalian balik nama itu bakal mempermudah urusan di depan nanti. Walau bagaimana pun, sekali kita lewat belakang, ke depannya kita bakal terpaksa lewat belakang terus.

      Saya pribadi mungkin akan menyarankan balik nama menggunakan data anggota keluarga dengan KTP setempat dan bisa dipercaya. Maksudnya bisa dipercaya ini untuk menghindari masalah identitas di BPKB di kemudian hari. Kalau memang tidak memungkinkan, jalan keluarnya saya serahkan pada Ibu Ana Marisa sendiri. Akan lebih repot lagi toh kalau harus mengendarai motor tanpa STNK.Kalau memang harus pakai calo, saya tidak mungkin melarang. Semoga urusannya lancar.

      Hapus
  59. Trimakasih pak atas jwban bapak. baca balasan bpk sy lngsung ke cibitung untuk menemui sodara yg memiliki ktp bekasi kab. Dan di perbolehkan untuk di pinjem smpe selesai..... Lega sudah pak... Satu pertanyaan lagi ya pak amir.... Saya udah ada ktp kwitansi jual beli dngn matrai 6000. +laporan stnk hilang. Sy siap merapat ke samsat cikarang untuk urus balik nama tanpa calo. Kira2 berapa hari beresnya. Dapat nopol dan lembar pajaknya. Klu bpkb jls lama. Dan berapa biyaya smua. Mootor sy ini buat adik. Satria fu 2007. Tngn ke dua. Bpkb tanggal 13 10 2012. Pastinya pajak msih hdp kan pak. Nopolnya aja. Bln 09. 2017. Klu sy bawa uang 400/500. Cukup ga ya kira2 hehehe. Trima kasih ya pak amir.... Ana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syukurlah kalau ada KTP keluarga yang bisa dipinjam. Terus terang kalau untuk urua STNK hilang sekaligus balik nama itu saya kurang tahu karena saya sendiri belum pernah mengurusnya. Tulisan saya di atas mengacu ke pengalaman saya mengurus STNK hilang tanpa balik nama. Jadi untuk prosedur dan biaya yang Ibu Ana Marisa tanyakan itu saya tidak bisa pastikan. Coba saja langsung ke Samsatnya, Bu. Kalau Samsatnya bersih, semua pertanyaan Ibu pasti terjawab dengan jelas.

      Semoga urusannya lancar ya, Bu. Kalau berkenan, mohon berbagi pengalamannya di sini. Saya penasaran juga soal urusan balik nama itu.

      Hapus
  60. Baik pak.... Akan saya coba langsung ke samsat cikarang. Nanti akan sy bagikan biyaya dan prosesnya...... Trima kasih pak amir syafrudin...

    BalasHapus
  61. Pak Amir gini saya kehilangan e-ktp,STNK dan surat pajak,
    bagaimana cara mengurusnya pak klo kehilangan e-ktp,stnk dan surat pajak sedangkan saya tidak mempunyai fotocopy dr e-ktp,stnk dan surat pajak utk proses mengurusnya lebih lanjut?

    dan juga berapa biaya prosesnya?

    Mohon bantuan penjelasaanya pak Amir,thx. . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. KTP yang hilang itu KTP yang tercantum di BPKB ya? Kalau iya, sebaiknya KTP ini diurus dulu. Saya kurang tahu bagaimana prosedur dan persyaratan mengurus KTP yang hilang ini. Coba ditanyakan ke kelurahan setempat.

      Kalau KTP yang hilang itu BUKAN KTP yang ada di BPKB, langsung saja urus STNK hilangnya menggunakan KTP yang ada di BPKB itu. Untuk prosedur dan persyaratannya sudah jelas sebagaimana saya paparkan di atas. Untuk biayanya juga sudah saya jelaskan di atas.

      Hapus
  62. Ktp saya sendiri pak amir yg hilang ektp sedangkan yg Di bpkb nomer ktp ayah saya yg sesuai di stnk yg hilang pak amir. . .

    masalahnya stnk dan surat pajaknya hilang msh atas nama ortu klo ngurus baru gimana bingung pak amir ribet. . .

    BalasHapus
  63. Klo yg di Bpkb msh atas nama ortu,yg hilang Stnk atas nama ortuku beserta surat pajak atas nama ortu. . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau masih atas nama ortu, pinjam saja KTP ortu. Malah gampang kan gak perlu nunggu ngurus KTP sendiri dulu.

      Hapus
  64. Ass... Malam pak. Saya habis urus stnk hilang yg langsung di balik nama. Nah untuk nopol baru dan lembar pajak sudah saya trima. Sy tanya bpkb kapan keluar ko katanya ga tau paling lama 6 bln. Dan sy baca baca internet katanya sblm dapat bpkb asli ada bpkb sementara. Dan saya telpon birojasa perorangan. Katanya bpkb sementara jg blm tau kapan. Malah nawarin klu mau saya di suruh pegang bpkb asli. Yang saya ingin tau bukanya kalu balik nama itu bpkb kita di ambil lalu kita tunggu bpkb baru?? Atau gmana pak. Mohon penjelasan. Trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf, Bu. Untuk informasi seputar balik nama, saya tidak tahu sama sekali. Untuk pertanyaan Ibu di atas, saya tidak bisa bantu. Repot urusannya kalau saya salah jawab. Mohon maaf sekali lagi.

      Hapus
  65. Terima kasih info nya mas Amir Syafrudin. Jujur saja saya sudah kelimpungan untuk mengurus STNK saya yang atas nama orang lain, dan sudah lewat jatuh tempo (mati). Semoga di Surabaya, berjalan sesuai dengan informasi yang telah di jelaskan saudara.

    Barakallah :) Terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama. Senang bisa membantu. Saya ikut doakan semoga lancar urusannya. Aamiin.

      Hapus
  66. Makasih atas info nya dan saya juga habis kehilangan STNK kemarin . dan belum saya urusin sama sekali . semoga nanti kalau saya urusin semoga di beri kemudahan amie.........

    BalasHapus
  67. Assalamualaikum.

    Sebulan yang lalu saya kehilangan STNK, SIM, dan KTP.
    Untuk KTP sedang dalam Proses pengurusan, sedangkan STNK dan BPKB atas nama kakak saya dan saya hanya memiliki fotocopy KTP kakak saya. untuk BPKB nya ada di leasing.
    Bagaimana cara pengurusan STNK nya pak, apa saya perlu menggunakan KTP ASLI kakak saya untuk pengurusannya atau hanya perlu copynya saja?
    dan untuk Legalisir seperti yg tertera di atas dilegalisir dari pihak leasing juga?


    Mohon infonya pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam.

      Gunakan KTP asli sesuai BPKB, Mbak. Kalau hanya bawa fotokopinya, tidak akan diterima. Untuk legalisir cukup dari polda setempat. Pihak leasing hanya perlu memberikan fotokopi BPKB-nya saja.

      Hapus
    2. Pak di tuliskan di atas untuk pengesahan BPKB dilakukan di Polda Metro ( atau instansi lain yang berwenang). Maksud daripada instansi lain yang berwenang itu seperti Polres pak?
      saya berdomisili di Jakarta Timur.

      Hapus
    3. Setahu saya untuk daerah Jabodetabek itu pengesahannya di Polda Metro. Maksud dari "instansi lain yang berwenang" itu untuk daerah di luar Jabodetabek. Maaf kalau membingungkan.

      Hapus
    4. Ok terimakasih pak atas penjelasannya.
      Semoga dalam pengurusan nanti dapat berjalan dengan lancar.

      Hapus
  68. Ass..Siang pak
    STNK saya br 2 hari ilang, rencanyanya hari ini saya mo buat surat Keterangan hilang ke polsek
    Krn samsat jauh dr rumah, apakah untuk cek fisik bisa di lakukan di samsat outlet?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya cek fisik itu harus dilakukan di kantor Samsat.

      Hapus
  69. selamat malam,
    maaf gan mau tanya kalau mengurusin stnk duplikat apakah motor nya harus di bawa ke samsat atau kita bawa bukti(gesekan polda no rangka mesin motor kita urusin di biro jasa)tanpa harus membawa motornya ke samsat?terima kasih sebelumnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf sebelumnya. Untuk mengurus STNK duplikat ini saya tidak tahu. Saya tidak bisa bantu apa-apa untuk hal ini.

      Hapus
  70. selamat malam mas saya mau tanya saya ada rencana mau ambil kendaraan tapi overcredit permasalahnya stnk kendaraan tersebut hilang dan posisi kendaraan plat B sedangkan saya domisili di bogor prosedur apa yang harus saya lakukan karena saya mau langsung proses balik nama ke bogor (mutasi) sedangkan posisi stnk hilang dengan plat B, mohon bimbingan apa yang harus saya perhatikan terlebih dahulu hingga saya bisa dapat stnk sudah mutasi plus atas nama saya, trims..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kurang tahu informasi lengkapnya. STNK yang hilang itu bisa diurus sekalian balik nama, tapi saya kurang tahu perihal proses mengurus mutasi ke Bogor itu. Lebih baik Mas tanyakan ke Samsat terdekat. Maaf kalau kurang membantu.

      Hapus
    2. terima kasih banyak mas amir untuk informasinya saya bingung soalnya terlanjur naksir dengan kendaraannya,tp kalau memang sulit ya terpaksa nih di lewatkan..trims mas

      Hapus
  71. begini mas saya kan beli motor tapi belum sempat balik nama stnk nya hilang bagaimana mengurusnya

    BalasHapus
  72. mas mau tanya kalau beli motor terus belum balik nama, sudah 1 tahun yang lalu belinya
    sekarang stnknya hilang, gmna mau ngurusnya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk kasus seperti ini, setahu saya urus STNK-nya harus sekalian urus balik nama. Saya hanya tahu sebatas itu. Untuk prosedur dan persyaratannya saya tidak tahu. Maaf kalau kurang membantu.

      Hapus
  73. Pak amir,sy mau tanya, kalau saya dapat motor lelang tanpa stnk,tapi ada bpkb,fotokopi ktp pemilik awal,faktur,sama kwitansi blankonya gitu kalau mau balik nama bisa pak? Ribet ndak pak ya,kan stnknya ndak ada. Terimakasih banyak pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sendiri belum pernah mengurus hal seperti itu, tapi menurut saya balik nama itu bisa dilakukan. Kalau masalah ribetnya saya tidak bisa komentar, tapi kalau Samsatnya gak neko-neko, saya optimis urusannya bakal gampang. Itu saja yang bisa saya sampaikan.

      Hapus
  74. Pak amir, saya mau tanya nih, plat motor bekasi. Stnk hilang di bekasi, tapi motor posisi di malang. Berarti saya cukup ngurus cek fisik kendaraan sekalian legalisir kertas cek fisiknya aja atau ada persyaratan lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul. Mas Bagus cukup urus cek fisik kendaraan di Malang. Selanjutnya berkas cek fisik itu dibawa ke Samsat Bekasi beserta persyaratan lainnya seperti BPKB, KTP, dan berkas lainnya untuk diurus STNK-nya. Itu saja dari saya. Semoga membantu.

      Hapus
  75. maaf mas saya mau tanya kendaraan saya skpdnya hilang tapi stnknya ada apakah bisa saya langsung bayar pajak seperti biasanya atau harus mengurusnya dulu?
    mohon bantuannya mas,terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf, Mas Bima. Saya belum pernah menghadapi kasus seperti itu. Jadi saya tidak bisa memberikan informasi apa pun untuk saat ini. Kalau saya pribadi mengalami kasus seperti itu, saya akan memberanikan diri untuk langsung bayar pajaknya saja karena pengesahan tahunan masih ada di lembar STNK. Itu saran pribadi saya ya. Terserah Mas Bima bagaimana menindaklanjutinya.

      Hapus
  76. Halo mas amir,
    Saya baru saja kehilangan stnk dan surat pajak hari ini dan langsung saya urus ke Polsek pondok aren. Besok saya akan ke samsat ciputat katanya bisa. Nah saya mau bertanya, motor saya ini baru 1 bulan dan cash. Bpkbnya baru akan keluar 6 bulan lagi apakah dengan saya membawa surat/nota pembayaran bisa di wakilkan untuk Bpkb? Dan biaya untuk Pengurusan STNK ini berapa ya mas di tahun 2014 ini? Trimakasih mas amir :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kasusnya belum pernah saya temui nih, Mas Anonim. Tapi menurut saya akan lebih aman kalau Mas Anonim membawa surat keterangan dari dealer sebagai "pengganti" BPKB itu. Saya kurang yakin kalau surat/nota pembayaran saja bakal cukup. Untuk biaya pengurusan, saya kurang tahu (gak ngikutin infonya). Tapi menurut saya gak akan mahal kok, Mas. Dalam kasus Mas Anonim, pajak untuk tahun berjalan statusnya sudah lunas kan? Motor baru sih seharusnya lunas ya. :) Nah saat mengurus STNK yang hilang, seharusnya Mas Anonim cukup bayar biaya administrasi saja. Seharusnya sih tidak terlalu mahal.

      Itu saja dari saya. Mohon maaf kalau kurang membantu.

      Hapus
  77. Dear Mas Amir,
    saya kehilangan STNK, dan persyaratan di atas sudah saya lengkapi semuanya kecuali foto copy STNK yang hilang saya tidak ada. tidak masalah kan mas?
    oh ya, untuk loket STNK hilang itu emang ada di semua Samsat? dan apakah nama loketnya emang benar-benar tertera tulisan "Loket STNK Hilang" ? karena saya tidak mau sampai nanya ke petugas, khawatir saya salah-salah malah nanya ke Calo yang berseragam. Mohon infonya ya mas. rencana besok sabtu saya mau ke Samsat Cibinong Bogor.
    Thanks,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Lutfi,

      Maaf telat balas. Fotokopi STNK yang hilang itu bukan syarat wajib. Tanpa fotokopi STNK pun masih bisa mengurus STNK yang hilang. Beberapa komentar di sini pun sudah menegaskan akan hal ini. Kemungkinan besar aturannya belum berubah.

      Untuk loket STNK hilang, seingat saya tidak ada loket itu secara eksplisit. Intinya coba cari loket untuk validasi keabsahan BPKB/STNK yang hilang itu. Itu saja yang saya ingat.

      Semoga Samsat Cibinong sudah bersih ya. Saya biasa mengurus di Samsat Ciledug dan setiap saya bertanya, saya diarahkan ke loket yang sesuai; bukan ditanya "wani piro". :) Semoga lancar urusannya, Mas Lutfi.

      Hapus
  78. bagaimana STNK tersebut hilang di daerah yang bukan daerah yang tercantum di STNK tersebut, STNK tersebut dari NUSA TENGARA BARAT, sedang saya kuliah di NUSA TENGGARA TIMUR, dan STNK tersebut hilang disinihari ini...
    saya masihwas-was untuk mengurus di samsat sini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Prosedur standar yang saya tahu untuk kondisi seperti itu adalah cek fisik kendaraan dilakukan di Samsat NTT (istilahnya cek fisik bantuan). Selanjutnya berkas cek fisik tersebut dibawa ke Samsat NTB beserta persyaratan lainnya untuk mengurus STNK yang hilang.

      Semoga membantu.

      Hapus