Tips Memanfaatkan Blog Ini

  1. Perhatikan tanggal penulisan dan tanggal update artikel. Semakin baru tanggal-tanggal ini, semakin valid informasi yang tercantum.
  2. Harap membaca komentar-komentar terkait sebelum bertanya; bisa jadi hal yang ingin Anda tanyakan sudah terjawab.
  3. Bagian komentar di blog ini sudah ditutup karena blog ini tidak lagi dikelola secara aktif. Komentar dan pertanyaan lebih lanjut dapat disampaikan lewat akun Twitter @asyafrudin.

Rabu, 21 Januari 2009

Membuat Kartu Tanda Pencari Kerja (Kartu Kuning)

Update (01 Oktober 2010)
Prosedur di bawah menjelaskan proses pembuatan Kartu Kuning di Dinas Tenaga Kerja setempat. Walaupun begitu, beberapa sumber mengatakan bahwa Kartu Kuning dapat dibuat di Kecamatan setempat. Saya sarankan cek ke Kecamatan setempat masing-masing untuk masalah ini, karena kebijakan Kecamatan untuk membuat Kartu Kuning belum tentu berlaku umum.

Update (22 April 2010)
Pembuatan Kartu Kuning Online kota Surakarta:
http://www.bko-disnaker.surakarta.go.id/v/ak1/kartu_kuning.php
Pembuatan Kartu Kuning Online kota Semarang:
http://www.disnakertrans-kotasemarang.or.id/index.php/jobseeker

Kartu Tanda Pencari Kerja (Kartu Kuning) ini merupakan salah satu syarat mutlak yang harus disediakan pencari kerja dalam proses melamar menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Kartu Kuning dapat dibuat di Dinas Ketenagakerjaan setempat.

Syarat-syarat yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kartu Kuning adalah:
  1. Ijazah asli atau fotokopi ijazah yang dilegalisir.
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli.
  3. Foto berwarna ukuran 3x4 sebanyak 2 lembar.
Prosedur untuk membuat Kartu Kuning di Dinas Ketenagakerjaan setempat adalah:
  1. Isi data.
    Kita akan diminta mengisi data pribadi kita langsung dalam Kartu Kuning.
  2. Terima Kartu Kuning.
    Data yang kita isi akan diperiksa kembali oleh petugas yang berwenang. Bila tidak ada data yang salah, foto yang kita bawa akan dipasang pada Kartu Kuning. Selanjutnya Kartu Kuning akan ditandatangani dan distempel oleh petugas yang berwenang. Kartu Kuning tersebut kemudian diserahkan kepada kita.
  3. Legalisir Kartu Kuning.
    Kartu Kuning yang sudah selesai dibuat segera kita fotokopi. Hasil fotokopi itu kita kembalikan kepada petugas yang berwenang untuk dilegalisir. Jumlah fotokopi yang dilegalisir ini sebaiknya memenuhi kebutuhan kita. Jumlah ini tentu terkait dengan jumlah yang perlu kita serahkan dalam proses melamar.
Melihat fakta bahwa Kartu Kuning ini dibutuhkan oleh pelamar PNS, maka kemungkinan besar akan ada banyak pelamar yang membuat Kartu Kuning pada rentang waktu tertentu. Oleh karena itu datang lebih pagi ke Dinas Ketenagakerjaan setempat akan lebih baik.

Selain itu, jangan lupa membawa alat tulis. Jangan sampai kita kebingungan mencari pinjaman alat tulis saat harus mengisi data. Walaupun sifatnya tidak krusial, hal ini dapat mempersulit kita sendiri dalam proses pembuatan Kartu Kuning tersebut.

Yang terakhir, proses pembuatan Kartu Kuning tidak memerlukan biaya. Biaya yang Anda perlu keluarkan seharusnya hanya biaya transportasi dan fotokopi. Kartu Kuning itu sendiri disediakan gratis untuk para pencari kerja. Hal yang sama juga berlaku untuk proses legalisir Kartu Kuning tersebut.

Semoga bermanfaat!

--
Amir Syafrudin

Versi PDF tulisan asli (tanpa update): http://www.4shared.com/file/95552037/9be0a6d1/MembuatKartuTandaPencariKerja.html

129 komentar:

  1. pada prakteknya justru sipetugasnya sendiri yang bilang "biaya administrasinya dek, seikhlasnya !"
    dan ini ga cuma berlaku untuk ini aja, tapi juga berlaku dilembaga pemerintah lainnya. Contoh gampang, RT RW KELURAHAN KECAMATAN, lain pula dengan SKCK di kepolisian, pak petugas langsung sebutin tarif, "administrasi 15ribu..!" ,

    belom ngurus kartu sidik jari ato dokumen pelengkap lainnya seperti pengantar dari Kelurahan dll., kaga bersih2 yang kaya gini, gimana mo maju, aparatnya masih nyari ser2an dari kerjaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. indonesia secara terang-terangan menyebut dirinya negara korup, tanpa sedikit rasa malu... alias bangga.
      selama sifat tidak tau malu atau bangga ini masih ada, maka indonesia tidak akan berubah. titik

      Hapus
    2. kalo bikin SKCK emang ada UU nya biaya administrasinya 10.000 (cek google) dan kalo RT RW minta biaya admin biasanya itu untuk kas warga (sesuai kesepakatan bersama) trus kalo ngurus2 surat-surat kependudukan, jangan biasain nanya biayanya berapa? apalagi lewat calo, karena sekarang semua urusan kependudukan GRATIS. asal persyaratan kita udah lengkap urusan bisa cepet dan lancar. nah, kalau ada oknum yang narik biaya admin, kita lah yang harus berani nanya: biayanya buat apa? aturannya mana? karen ayang bikin Indonesia korup itu sebenarnya kita sendiri yang nggak mau susah dan gampangin segalanya pake uang. :)

      Hapus
  2. Terus terang saya lebih suka aparat yang korupsinya blak-blakan seperti contoh petugas kepolisian yang dipaparkan Anonim di atas. Bukan karena saya suka korupsinya, tapi karena lebih mudah bagi saya untuk menentukan sikap. Walaupun saya tidak rela mengeluarkan uangnya, saya tidak perlu pusing-pusing menentukan berapa jumlah yang pantas. Justru kata-kata "seikhlasnya" itu yang menyulitkan. Selain tidak rela mengeluarkan uangnya, saya masih harus kebingungan menentukan jumlah yang bisa saya keluarkan.

    Sepertinya mengharapkan pemerintah daerah yang bersih sampai ke akar-akarnya ibarat menggapai sesuatu yang mustahil. Kalaupun hal itu memungkinkan, bersih-bersihnya perlu dilakukan dari berbagai arah. Kebijakan dari atas harus tegas, oknum-oknum yang bermasalah perlu diganti, masyarakat pun harus menahan diri memberi uang tambahan yang tidak perlu, dan masih banyak lagi.

    BalasHapus
  3. Sama-sama. Senang bisa memberikan manfaat.

    BalasHapus
  4. kira kira proses pembuatan kartu kuning ini berapa lama (jam/hari) ya mas Amir?
    tks.

    BalasHapus
  5. Seingat saya tidak sampai 1 jam, Mas. Seperti yang saya jelaskan di atas, prosesnya sederhana. Dengan antrian yang lebih panjang mungkin lebih lama, tapi sepertinya tetap akan selesai pada hari yang sama.

    BalasHapus
  6. pembuatan kartu kuning harus sesuai ktp ya??kl ga sesuai ktp bagaimana?bisa ga?

    BalasHapus
  7. Setahu saya pembuatan kartu kuning harus sesuai dengan KTP.

    BalasHapus
  8. makasih... saya mang lagi butuh

    BalasHapus
  9. Sama-sama. Semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  10. Perlu pake surat keterangan dari RT dan RW juga? klo diurus di Kecamatan bisa juga ga?trims..

    BalasHapus
  11. Pengalaman saya mengatakan surat keterangan dari RT dan RW itu tidak diperlukan. Urus Kartu Kuning langsung ke kantor Dinas Tenaga Kerja setempat sesuai dengan alamat KTP.

    BalasHapus
  12. mas amir mw tny,aku dah nikah tp blm ganti ktp..ap d kartu kuning nnt dtny ttg status?

    BalasHapus
  13. apakah perlu bawa skck saat membawa kartu kuning? klo mw daftar cpns kartu kuningnya dari kecamatan atau dinas ketenagakerjaan setempat? boleh diwakilkan tidak?

    BalasHapus
  14. eh.. maksud saya perlu bawa skck tidak saat mengurus kartu kuning?

    BalasHapus
  15. Di formulir isian Kartu Kuning itu setahu saya ada isian untuk status menikah. Sepertinya isian ini tidak terlalu kaku. Silakan diisi sesuai kenyataan atau sesuai KTP.

    Pengurusan Kartu Kuning dilakukan di dinas ketenagakerjaan setempat. Tidak mungkin diwakilkan karena pengurusan kartu kuning butuh tandan tangan si Pencari Kerja. Untuk SKCK tidak perlu dibawa saat membuat Kartu Kuning.

    Semoga membantu.

    BalasHapus
  16. mas amir, ijasah yg diperlukan untuk membuat kartu kuning di semarang boleh hnya ijasah terakhir ndak ya? soalnya ijasah sy yg lain tertinggal disumatra. terimakasih banyak..

    BalasHapus
  17. Mas, buat KK bisa ga yaa hari sabtu?

    BalasHapus
  18. Setahu saya ijazah yang perlu disertakan hanya ijazah dari pendidikan terakhir. Tidak perlu lengkap disertakan dari setiap jenjang pendidikan.

    Untuk membuat Kartu Kuning di hari Sabtu saya kurang tahu. Sepertinya ini tergantung kebijakan kantor dinas setempat. Seingat saya, kantor tempat saya membuat Kartu Kuning itu hanya buka di hari kerja.

    BalasHapus
  19. mas
    mw nanya donk.....
    kl mengurus kartu kuning dengan menggunakan skl bisa g mas?
    soalnya ijasah s1nya blm keluar.....
    makasih

    BalasHapus
  20. SKL = Surat Keterangan Lulus? Setahu saya bisa mengurus Kartu Kuning dengan SKL itu. Hanya saja sebaiknya dipastikan juga ke dinas tenaga kerja setempat. Saya khawatir kebijakan seperti ini berlaku lokal -tidak di semua kantor dinas tenaga kerja.

    BalasHapus
  21. buat daerah jakarta barat pembuatan kartu kuning dimana mas Amir?? thanks ya

    BalasHapus
  22. Saya tidak memiliki informasi perihal lokasi pembuatan kartu kuning. Maaf kalau tidak bisa membantu.

    BalasHapus
  23. apakah dalam pembuatan kartu kuning harus dekat2 dengan waktu pendaftaran CPNS, kalau saya bikin sekarang untuk mempersiapkan CPNS tahun depan bagaimana? apakah bisa mas Amir?

    BalasHapus
  24. Bisa saja. Kartu Kuning itu seingat saya punya masa berlaku dan bisa diperpanjang bila masa berlakunya habis. Untuk lama masa berlakunya itu saya kurang tahu. Silakan konfirmasi ke dinas ketenagakerjaan setempat.

    Semoga membantu.

    BalasHapus
  25. ass.wr.wb mas amir untuk membuat kartu kuning diperlukan ijazah terakhir, misalnya belum keluar apa boleh menggunakan ijazah sementara,???

    BalasHapus
  26. yg point no 1. Ijazah asli atau fotokopi ijazah yang dilegalisir
    brarti optional? cm bawa salah satunya saja? ato harus kedua-duanya ?

    BalasHapus
  27. mas, saya sudah daftar ak1 online, lalu bagaimana?

    BalasHapus
  28. klo manut yg web disnaker surakarta kita harus nyatet no seri yg terletak di sebelah kiri waktu kita ngebuat ak1 online. so besok na kita tinggal ke disnaker sembari nyebutin no tadi sambil ngasih sarat2 na ke petugas

    tapi di web na disnaker smg g ada no seri apa2 ?__? wtf???

    BalasHapus
  29. @arum:
    Setahu saya ijazah sementara atau surat keterangan lulus diperbolehkan. Untuk jaga-jaga sebaiknya dokumen tersebut dilegalisir.

    @Anonim 1:
    Sebaiknya dibawa kedua-duanya. Ada dinas ketenagakerjaan yang mengharuskan membawa ijazah asli dan ada yang tidak.

    @prasetyo:
    Untuk AK1 online sebaiknya ikuti petunjuk yang ada di situsnya. Kemungkinan masing-masing situs memiliki langkah-langkah dan persyaratan yang berbeda.

    @Anonim 2:
    Coba lihat lagi petunjuk yang tersedia di masing-masing situsnya. Kedua situs AK1 online itu mungkin memiliki alur yang berbeda.

    BalasHapus
  30. mz leh diwakilin g wt kartu kuning???

    BalasHapus
  31. Setahu saya tidak boleh karena ada yang perlu ditandatangani oleh si pencari kerja (orang yang datanya tercantum dalam kartu kuning).

    BalasHapus
  32. kalu buat kartu kuning menggunakan kipem boleh tdk?trimakasi

    BalasHapus
  33. mas saya mau tanya persyaratan perpanjangan kartu kuning apa aja?klo kartu kuning hilang yang ada hanya yg d legalisir bisa sbg pengganti ga?trus perpanjangannya boleh d urus oleh orang lain ga?

    BalasHapus
  34. Sepertinya KIPEM bisa digunakan sebagai pengganti persyaratan KTP. Mungkin lebih baik kalau dilengkapi dengan surat keterangan domisili.

    Untuk masalah perpanjangan dan kehilangan saya tidak bisa membantu. Informasi yang saya miliki hanya seputar pembuatan kartu kuning yang baru. Maaf sebelumnya.

    BalasHapus
  35. Dear mas Amir..

    kalau di lihat dr obrolan2 d atas..Kartu Kuning di buat d depnakertrans..
    tapi ada temen sy yang buat di kecamatan..
    lebih mudah yang mana, tau ga mas??

    makasi

    BalasHapus
  36. Informasi yang saya miliki hanya untuk pembuatan kartu kuning di dinsosnakertrans. Informasi ini saya buat berdasarkan pengalaman sendiri. Kalau pembuatan kartu kuning di kecamatan, saya tidak pernah coba. Tapi berdasarkan informasi dari berbagai sumber, baik persyaratan maupun prosedur tidak jauh berbeda.

    Hanya saja kalau memang kecamatan setempat menerima pembuatan kartu kuning, saya sarankan buat di situ saja. Umumnya antrian akan lebih pendek karena wilayah pelayanan kecamatan itu lebih kecil dibandingkan wilayah pelayanan dinsosnakertrans (per kabupaten/kota).

    Itu saja yang bisa saya sampaikan. Semoga membantu.

    BalasHapus
  37. saya ingin membuat kartu kuning...biasa untuk mendaftar cpns..
    saya tinggal di daerah bintaro,tangerang selatan.
    saya harus buat dimana yg terdekat dari bintaro?

    BalasHapus
  38. Bisa pake copian ijazah tanpa legalisir ga ya? Coz sy kuliahnya d luar jawa, yg di legalisir dah abis, mhn pencerahannya dong mas amir.

    BalasHapus
  39. @Anonim:
    Untuk lokasi pembuatan kartu kuning, saya kurang tahu. Coba cek dulu ke kecamatan setempat. Kalau bisa buat di kecamatan berarti tidak perlu repot ke dinsosnakertrans.

    @bhagol:
    Coba saja dulu dengan fotokopi ijazah. Jangan lupa membawa ijazah asli untuk pembuktian.

    BalasHapus
  40. Mau tanya, biasa bwt lamar kerja ap aj y yg hrz d prsiapkan?? Trims

    BalasHapus
  41. Untuk melamar pekerjaan sebagai PNS? Saya tidak bisa memberikan daftar lengkapnya, tapi umumnya yang perlu dipersiapkan itu adalah SKCK, Kartu Kuning, dan Surat Keterangan Sehat dari dokter pemerintah.

    BalasHapus
  42. untuk bikin kartu kuning diperlukan surat pengantar dari kelurahan atau rt/rw tempat kita tinggal tidak???

    BalasHapus
  43. Berdasarkan pengalaman saya pribadi, saya tidak perlu membawa surat pengantar dari kelurahan, RT, atau RW untuk membuat Kartu Kuning.

    BalasHapus
  44. Kalo bwt lamar kerja d PT gt bs gk y tanpa kartu kuning?
    N kalo bkin SKCK hrz pake KTP stempat y? Bs pk KTP daerah laen gk y? Trims

    BalasHapus
  45. Kalau untuk melamar sebagai PNS, Kartu Kuning sudah menjadi syarat yang bersifat mutlak dan umum. Kalau untuk perusahaan swasta, kebijakannya tergantung dari perusahaan yang membuka lowongan itu. Hanya saja umumnya perusahaan swasta tidak mensyaratkan pelamar kerja untuk menyiapkan Kartu Kuning.

    Untuk SKCK, setahu saya, dibuat di kepolisian daerah tempat tinggal yang sesuai dengan KTP. Jadi membuat SKCK harus menggunakan KTP setempat. Mudah-mudahan informasi ini masih valid.

    Itu saja dari saya. Semoga membantu.

    BalasHapus
  46. klw buat'y tuh lsg k depnaker??
    atw hrs ada surat pengantar dulu dr rt/rw/kel/kec..

    BalasHapus
  47. Bukan di "Depnaker". Tepatnya di "Disnaker", yaitu kantor urusan tenaga kerja yang ada di kota setempat. Setahu saya, untuk membuat Kartu Kuning di Depnaker tidak perlu membawa surat pengantar dari RT/RW/Kel/Kec.

    Beberapa sumber mengatakan pembuatan Kartu Kuning bisa juga dilakukan di Kecamatan setempat. Kalau berkenan, silakan cek dulu.

    Semoga membantu.

    BalasHapus
  48. bisa gak buat kartu kuning tapi diwakilkan...
    maksudnya gak datang langsung sendiri, tapi dibuatin teman buat kita.

    BalasHapus
  49. Setahu saya pengurusan Kartu Kuning tidak mungkin diwakilkan karena butuh tanda tangan si Pencari Kerja.

    BalasHapus
  50. nanti ijazah dan photokopy aslinya dikembalikan ke kita khan??_thanx

    BalasHapus
  51. Untuk ijazah pasti dikembalikan, tapi untuk fotokopinya kemungkinan tidak dikembalikan.

    BalasHapus
  52. saya asli cirebon kebetulan kuliah dimalang, apakah bisa bikin kartu kuning di malang?

    BalasHapus
  53. saya asli surabaya, tapi saya mau melamar pns di luar surabaya.
    apakah boleh pakai kartu kuning dari surabaya ?

    BalasHapus
  54. Setahu saya tidak masalah. Memang kartu kuning dibuat sesuai domisili dan bisa digunakan untuk melamar pekerjaan di mana saja.

    BalasHapus
  55. Info yg sangat bermanfaat.
    Oya, sy jg mau tanya. KTP Saya alamatnya dikabupaten aceh besar. Bisa nggak kalau buat kartu kuningnya di kantor dinas ketenagakerjaan kota madya banda aceh bukan kantor dinas yg dikabupaten? Krn t4nya lbh dekat. Mks sblmnya

    BalasHapus
  56. Terima kasih atas apresiasinya.

    Untuk pembuatan kartu kuning itu setahu saya terkait dengan domisili. Peraturan itu sepertinya belum berubah. Jadi kemungkinan besar Bapak/Ibu Anonim harus ke kantor dinas di kabupaten.

    BalasHapus
  57. Terima kasih....!!!

    BalasHapus
  58. Jazakalloh semoga Allah membalas kebaikanmu..mas Amir. . . Dan berangkat khuruj fi sabilillah ke seluruh alam,amin

    BalasHapus
  59. Terima kasih atas apresiasi dan doanya. Aamiin.

    BalasHapus
  60. mas amir saya punya kartu kuning yang saya buat di surabaya. tapi saya mau coba melamar CPNS di jogja bisa gak ya? mengingat alamat saya di surabaya.
    apa perlu saya membuat kartu kuning baru lagi di jogja?
    makasih ya?

    BalasHapus
  61. apakah kartu kuning yang saya buat di surabaya bisa saya gunakan mendaftar di mana saja?

    BalasHapus
  62. Setahu saya penggunaan Kartu Kuning bisa di daerah mana saja di Indonesia. Hanya saja pembuatannya harus sesuai domisili.

    Maaf telat balas.

    BalasHapus
  63. terima kasih untuk infonya.

    BalasHapus
  64. kalo buat skck malah 27ribu foto bawa sendiri lagi

    BalasHapus
  65. Setahu saya pembuatan SKCK itu tidak dipungut biaya, tapi masing-masing kantor kepolisian punya "kebijakan sendiri".

    BalasHapus
  66. bisa buat kartu kuninga nya hari sabtu gak ya

    BalasHapus
  67. Setahu saya sih waktu pelayanan kartu kuning ini hanya dari hari Senin s.d. Jumat. Jarang sekali saya menemukan instansi pemerintah buka di hari Sabtu.

    BalasHapus
  68. Kalau BUKAN untuk melamar jadi PNS, bagaimana urgensi Kartu Kuning? Apakah tetap diharuskan, sebaiknya ada, opsional, atau malah tidak perlu?

    Mohon penjelasannya. Makasih.

    --Nugie

    BalasHapus
  69. Kembali kepada persyaratan saat melamar pekerjaan. Berdasarkan pengalaman, tidak ada profesi lain selain PNS yang menjadikan Kartu Kuning ini sebagai berkas wajib dalam persyaratannya.

    Saya sendiri hanya mengurus Kartu Kuning saat melamar sebagai PNS. Seingat saya bahkan Bank Indonesia tidak mengharuskan Kartu Kuning saat kita mengikuti proses seleksi pegawainya.

    Semoga membantu.

    BalasHapus
  70. thz yooo ats you Olang ...inpoNya angat ke Bancthu.....;))

    BalasHapus
  71. kalau terus dibiarkan seperti ini memang betul akan mengakar , mereka memang menentukan sikap , namun kita sebagai masyarakat pun harus menentukan sikap.
    apabila terbilang "FREE" maka artinya tidak dipungut biaya karna itu pun prosedur dari mereka sendiri .
    perlu diingat!!
    biaya sudah ditanggung negara sesuai Undang-Undang yg berlaku.
    lagi pula mereka kerja koq bukan berjualan .
    mohon pendapatnya ya bung.
    choky

    BalasHapus
  72. Masalah seperti ini sebenarnya pilihan pribadi masing-masing. Idealnya memang kita tidak menuruti biaya-biaya "tak jelas" itu, tapi kadang kenyataan di lapangan menuntut kita bersikap pragmatis. Entah itu karena sungkan atau alasan apa pun, tidak sedikit dari kita yang memilih untuk membayar biaya terselubung itu.

    BalasHapus
  73. Mas mau tanya, kalau ijazahnya blm keluar, boleh tidak kalau pake surat ket lulus???

    BalasHapus
  74. Mengutip jawaban sebelumnya:
    "Setahu saya bisa mengurus Kartu Kuning dengan SKL itu. Hanya saja sebaiknya dipastikan juga ke dinas tenaga kerja setempat. Saya khawatir kebijakan seperti ini berlaku lokal -tidak di semua kantor dinas tenaga kerja."

    BalasHapus
  75. ngurus kartu kuning itu, harus ke kantor desa dulu untuk minta surat pengantar, apa langsung ke dinas tenaga kerja???

    BalasHapus
  76. Setahu saya Kartu Kuning itu bisa diurus langsung ke Dinas Tenaga Kerja. Persyaratannya seperti yang saya cantumkan di atas.

    BalasHapus
  77. fotonya boleh pake jilbabkan,,,,,,,????

    BalasHapus
  78. Sampai saat ini setahu saya foto berjilbab tidak dipermasalahkan.

    Selamat mencari kerja. :)

    BalasHapus
  79. saya sedikit banyak tahu tentang kartu kuning..tapi maaf teman2 sekarang namanya bukan kartu kuning tapi AK/I...syaratnya fc KTP, fc ijasah terakhir 1 lembar(ada beberapa tempat yg ijasahnya dari SD) dan juga pas foto 3x4 3lembar..dan tidak pake pengantar dari RT/RW..Pokoknya langsung datang saja ke dinas dengan persyaratan tersebut,,proses pembuatanya kurang lebih 10-15 menit kalo lagi tidak ngantri..yang ijasahnya belum keluar bisa pakai Surat Keterangan Lulus,,pembuatanya gratis,, jam kerjanya tergantung daerah, kalo 5 hari kerja berarti sabtu ya libur,,kartu kuning berlaku nasional,jadi bisa untk daftar di mana saja..tapi buatnya harus datang sendiri karena ada yang hrs ditandatangani,,kartunya berlaku 2 tahun tapi tiap 6 bulan di absenkan,,kalo yang buatnya di kecamatan setahu saya itu hanya di daerah jakarta (karena bgtu byaknya pencari kerja),,terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya baru sadar ada komentar ini. Terima kasih banyak atas tambahan informasinya. :-)

      Hapus
  80. @mas Amir...
    @mas Anonim..

    Mau tanya utk pengurusan Kartu kuning atau AK/1 ini, jika nama seorang tersebut ada kelainan di KTP dan Ijazahnya yakni ada marganya di belakang nama tersebut akan tetapi di KTP tidak ada,apakah ini bisa utk pengurusannya dan disetujui/berhasil oleh pihak Disnakernya,Thanks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya belum pernah menemukan kasus ini, tapi saya rasa perbedaan nama di KTP dan ijazah itu tidak akan menjadi masalah.

      Hapus
  81. untuk ijazah pendidikan yang terakhirnya jenjang SMP atau SMK????
    untuk pebuatan Kartu Kuning memerlukan KTP,,,tapi kalo yang belum mempunyai KTP gimana mas???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk ijazah pendidikan terakhir sebaiknya memang pendidikan terakhir yang sudah selesai kita jalani. Kalau memang sudah lulus SMK, saya rasa tidak ada alasan untuk menyerahkan ijazah SMP; kecuali memang diminta.

      Belum punya KTP? Ini maksudnya belum sempat mengurus KTP ya? Kalau belum sempat mengurus KTP, sebaiknya diurus dulu. Setahu saya KTP ini harus ada untuk mengurus Kartu Kuning. Prosedurnya memang mengharuskan pencari kerja memiliki KTP.

      Itu saja dari saya. Semoga membantu.

      Hapus
  82. mas amir klo bikin daftar riwayat hidup yg baik kaya gimana mas ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau menurut saya, daftar riwayat hidup yang baik adalah yang singkat dan relevan dengan pekerjaan yang dilamar. Ini artinya selain data pribadi, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, pengalaman organisasi, penghargaan, dan informasi lainnya hanya dicantumkan sesuai kebutuhan.

      Contohnya latar belakang pendidikan. Untuk melamar PNS, sebaiknya mencantumkan latar belakang pendidikan dari SD sampai jenjang terakhir. Sementara untuk melamar pekerjaan di perusahaan swasta, yang perlu dicantumkan cukup pendidikan terakhir saja.

      Pengalaman kerja juga begitu. Mungkin saja kita punya pengalaman kerja di berbagai bidang. Kalau tidak semuanya relevan dengan pekerjaan yang kita lamar, cantumkan yang sesuai saja. Tidak perlu memenuhi daftar riwayat hidup dengan embel-embel yang tidak perlu.

      Sebenarnya masih ada hal lain yang perlu diperhatikan seperti tata letak, informasi yang diprioritaskan, dll. Coba Googling lebih lanjut. Saya yakin ada banyak informasi tentang pembuatan daftar riwayat hidup yang baik dan sesuai kebutuhan.

      Itu saja dari saya. Semoga bermanfaat. :-)

      Hapus
  83. mas kalau misalnya ktp saya dari samarinda dan saya bikin kartu kuning di bandung bisa ga ya?terima kasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari informasi terakhir yang saya tahu, yaitu tahun 2010, Kartu Kuning ini harus dibuat sesuai domisili. Itu informasi lama sih. Jadi sebaiknya langsung tanyakan ke dinas tenaga kerja atau kecamatan terdekat saja.

      Maaf kalau kurang membantu.

      Hapus
  84. mas amir nilai ipk apakah menjadi persyaratan untuk cpns.
    apakah ada batas minimum nilai ipk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya nilai IPK masih menjadi persyaratan tuh. Kalau IPK gak jadi persyaratan, kayaknya bakal mempersulit proses seleksi. Terakhir saya tahu, IPK minimal untuk CPNS itu 2,75 atau 3,00. Batas pastinya memang tergantung masing-masing lembaga sih.

      Hapus
    2. Mas amir..
      Kalo misalkan double degree kayak gtu yg dbuat kartu kuning salah satu nya atau dua2 nya boleh?

      Hapus
    3. Saran saya pribadi adalah membuat kartu kuning untuk salah satu ijazah saja yaitu yang akan disertakan dalam persyaratan untuk melamar kerja. Kalau bingung memilih, saya sarankan pilih ijazah yang punya prestige yang lebih baik di resume kita. Kalau masih ragu, coba saja buat untuk kartu kuning untuk kedua ijazah.

      Semoga sukses.

      Hapus
  85. mas Amir, saya warga ciamis tp saya terlanjur buat krtu kuning tasik waktu ikut pameran bursa kerja di tasik, kata petugas nya sih gpp. berkas formulir, ijazah n ftcpy ktp saya mau dqrim k disnaker ciamis tp saya udh dpt krtunya, gmn neh? ap bs digunakan atau saya msti k disnaker ciamis jg? trs kartu kuning itu selain buat dftr cpns, buat palagi? trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Petugas bursa kerja di Tasik itu petugas Disnaker? Kalau kata petugasnya tidak masalah, dicoba saja dulu. Saya sendiri hanya seorang pengguna; bukan petugas. Maaf kalau kurang membantu. :)

      Perihal kegunaan Kartu Kuning, saya tahunya hanya untuk daftar PNS itu saja. Kalau untuk melamar ke perusahaan swasta, setahu saya Kartu Kuning itu tidak perlu. Kalau untuk melamar ke BUMN, saya kurang tahu. Itu saja yang bisa saya sampaikan. :)

      Hapus
  86. saya baru saja ngurus skck dan kartu kuning. sempat terkejut waktu di kelurahan di minta biaya administrasi Rp. 10rb trs waktu datang ke polres untuk sidik jari di minta uang administasi tapi saya kasih aja 5rb eh polisinya malah bilang masa 5rb mba, trs saya tanya emng brp pak? kan tadi bpk bilang seiklasnya trs si polisi blng masa seiklasnya 5rb, beli rokok aja kurang lalu dengan ketus saya tanya emng brp pak ya 15rb lah. (buset tuch polisi bikin ane kaget aje) trs waktu kasih form utk bikin skck di punggut biaya 15 rb. selesai ngurus saya ke kecamatan untuk buat kartu kuning saya di minta biaya 15 rb untuk bikin kartu kuning. uhfff sekarang kalo ngurus apa-apa tdk pakai uang susah ya. kasihan klo ekonominnya rendah :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih ada aja ya pungli seperti ini. Turut prihatin, Mbak. Terima kasih sudah berkenan bercerita.

      Hapus
  87. kla boleh tau ap alamatnya kla mau lhat krtu kuning soal y q udh bikin tpi msi ad yg kurang mau t tmbahin, ap y almat y /

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kurang tahu. Mohon maaf kalau tidak bisa membantu.

      Hapus
    2. y gk ap2 kla tau alamat y untk bukak i2 entr kcih tau y mas ?
      m_f ngrpotin

      Hapus
  88. Lumayan Ngerti gan ..
    thanks buat infonya

    BalasHapus
  89. Klo ktpx nembak alias asal bisa ga n dicek ga di dinas tenaga kerjax. Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya sih tidak ada pengecekan apakah KTP-nya nembak atau tidak. Sepertinya KTP seperti itu bisa saja dipakai untuk urus Kartu Kuning.

      Hapus
  90. mas disnakertrans di solo daerah mana ya tepatnya,,, ? ijasahnya cuman ditunjukkan ato nanti diserahkan ya,soalnya kalo harus legalisir dari sd ke pendidikan terakhir lagi rasanya repot sekali ? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Saya tidak tahu posisi disnakertrans di Solo.
      2. Ijazah aslinya hanya ditunjukan; fungsinya sebagai bukti saja.

      Itu saja yang bisa saya bantu jawab. Maaf kalau kurang membantu.

      Hapus
  91. Maaf,Pak saya mau bertanya: saya baru wisuda ,,di Aceh,,saya kemarin kekantor DEPNAKER tp tutup. saya dengar2 kalau ijazah terakhir hrs dilampirkan kemudian bagaimana menurut bapak sendiri untuk pengurusan kartu kuning padahal yang ada pada saya ijazah SD,SMP,SMA sedangkan ijazah terakhir dan sementaranya belum keluar,namun saya ingin melamar CPNS DIII Keperawatan,,apakah saya bisa mengurus kartu kunig sesuai dengan masalaha saya??,terima kasih

    BalasHapus
  92. bagaimana ijazah terakhir belum keluar maupun SKHU sementara pun belum keluar apakah bisa mengurus kartu kuning CPNS dengan pendidikan terakhir DIII Keperawatan,bagaimana solusinya pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf sebelumnya, untuk kasus-kasus seperti ini saya tidak bisa bantu apa-apa. Saya sendiri bukan pegawai dinas terkait dan tulisan ini hanya sebatas berbagi pengalaman saya sendiri. Jadi untuk kasus-kasus spesifik saya kurang bisa membantu. Silakan tanyakan langsung ke pihak terkait. Mohon maaf sekali lagi.

      Hapus
  93. kira kira kalau bikin kartu kuning di bekasi tapi e ktp saya msih e ktp daerah kebumen,,,tu bisa ga mas amir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang saya tahu, bikin kartu kuning itu harus sesuai domisili.

      Hapus
  94. Mohon bantuan, Pada saat saya mau mengirim data koneksi internet terputus akibatnya data belum terkirim, tetp di saat saya mau mngirim data baru lagi ada peringatan "maaf, nomor KTP anda sudah terpakai!". Nah bagaimana mengatasi itu biar saya dapat mengirim dan membuat kartu kuning secara Online,thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya langsung menghubungi dinas terkait, Mas. Saya tidak bisa bantu lebih jauh lagi untuk masalah ini. Mohon maaf sebelumnya.

      Hapus
  95. Maaaf saya mau nanya kalooo saya kan sudah buat kartu kuning di kota A tapi saya mau dftr di kota B blh ga ya pakai kartu kuning yg di kota A ......hhehe tapi msh satu provinsi ...makasih ya infonh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya boleh. Bahkan beda propinsi pun setahu saya gak masalah.

      Hapus
  96. mau nanya dong .kan skrg sistem online yak .nah saya udh bikin kartu kuning pas bln agustus .langsung k disnaker depok .tp temen saya yg d bekasi , d disnaker nya itu buat pass terus mau gaji brp .nah pas saya k dsnaker depok tidak begitu .akhirnya saya ngecek d internet ,katanya harus ngisi data online dulu baru k disnaker .tp saya lgsung k disnaker .gmn ? apa saya harus ngisi data online apa tidak .terima kash

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf sebelumnya. Saya tidak bisa membantu perihal pengurusan kartu tanda pencari kerja secara online karena pengalaman saya terbatas pada pengurusan langsung ke disnakertrans setempat.

      Hapus
  97. mau tanya,,kalau pembuatan kartu kuning bisa diwakilkan gak yaa????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seingat saya tidak bisa, Mas. Seingat saya ada yang harus ditandatangani langsung oleh orang yang bersangkutan.

      Hapus
  98. untuk urus kartu kuning jika beda domisili bagaimana???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya mengurus kartunya harus di disnakertrans sesuai KTP, Mbak.

      Hapus
  99. Klo ktp saya jkrt brat tpi sya skrg d bksi trus sya bsa gx bkin d bksi atau jaktim yg dket dngan domisili

    BalasHapus
  100. Mas...klo yg di legalser ijzah smp aja bisa gk mas...coz adax cuma ijzh smp tu aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang tahu, Mas. Saya hanya pernah mengurus ijazah S1 saya sendiri. Tapi menurut saya pada prinsipnya sih seharusnya bisa. Intinya cuma legalisir toh? Masa' sih gak bisa. :)

      Hapus