Tips Memanfaatkan Blog Ini

  1. Perhatikan tanggal penulisan dan tanggal update artikel. Semakin baru tanggal-tanggal ini, semakin valid informasi yang tercantum.
  2. Harap membaca komentar-komentar terkait sebelum bertanya; bisa jadi hal yang ingin Anda tanyakan sudah terjawab.
  3. Bagian komentar di blog ini sudah ditutup karena blog ini tidak lagi dikelola secara aktif. Komentar dan pertanyaan lebih lanjut dapat disampaikan lewat akun Twitter @asyafrudin.

Rabu, 22 Oktober 2008

Melihat Email yang Belum Dibaca di Gmail

PEMBERITAHUAN
Inbox di Gmail sudah dilengkapi dengan pilihan untuk melihat email yang belum dibaca tanpa menggunakan search options.

Banyaknya email baru yang kita terima sering membuat kita tidak sempat membaca semuanya. Hal ini kadang berujung pada tersebarnya email dengan status "unread" (belum dibaca) di dalam akun email kita. Kadang kita membiarkan semua email tersebut untuk kita baca di lain waktu. Seiring waktu email tersebut akan semakin sulit ditemukan dengan bertambahnya email-email baru. Dalam hal ini, Gmail memberikan kemudahan untuk menemukan email yang belum dibaca melalui fitur pencariannya.

Yang perlu dilakukan oleh pengguna Gmail untuk menemukan semua email yang belum dibaca adalah mencari email dengan status "unread". Untuk mencari email dengan status "unread" ini, kita akan menggunakan fitur search options yang disediakan Gmail.


Klik link "Show search options" untuk membuka tampilan pencarian yang lebih komprehensif dalam Gmail seperti gambar di bawah ini.


Dalam tampilan tersebut, ubah pilihan "Search" (bagian yang ditandai kotak biru transparan) menjadi "Unread Mail" dan tekan tombol "Search Mail". Langkah ini akan menampilkan semua email yang belum dibaca dalam akun Gmail kita.


Cara yang lebih singkat untuk melakukan langkah-langkah di atas adalah dengan mencantumkan "is:unread" (tanpa tanda kutip) ke dalam isian pencarian seperti dicontohkan pada gambar di bawah.


Gmail akan menampilkan hasil pencarian yang sama dengan langkah-langkah yang saya jelaskan sebelumnya.

Semoga bermanfaat!

--
Amir Syafrudin

Versi PDF tulisan ini: http://www.4shared.com/file/95560264/91b3651b/MelihatEmailYangBelumDibacaDiGmail.html

Tidak ada komentar: