Tips Memanfaatkan Blog Ini

  1. Perhatikan tanggal penulisan dan tanggal update artikel. Semakin baru tanggal-tanggal ini, semakin valid informasi yang tercantum.
  2. Harap membaca komentar-komentar sebelumnya sebelum bertanya; bisa jadi hal yang ingin Anda tanyakan sudah dijawab.
  3. Alternatif tempat bertanya: @asyafrudin

Rabu, 29 Desember 2010

Merubah Text Tanggal Menjadi Date di Excel

Ada kalanya tanggal yang kita olah dalam Microsoft Excel tidak sesuai dengan format baku yang dimengerti Excel. Masalah format seperti ini kerap muncul bila kita berurusan dengan tanggal. Format tanggal Indonesia umumnya dengan format Tanggal/Bulan/Tahun. Sementara format tanggal yang dimengerti Excel adalah Bulan/Tanggal/Tahun. Hal ini berlaku umum kecuali kita sudah merubah konfigurasi pada Operating System kita.

Cara paling mudah untuk merubah format tanggal agar sesuai format yang dimengerti Microsoft Excel adalah dengan menggunakan fungsi DATE. Salah satu kasus yang saya temui adalah saat mengolah tanggal dengan format DD(Tanggal)-MM(Bulan)-YYYY(Tahun 4 Digit) menjadi format MM/DD/YYYY (Perhatikan perbedaan tanda strip dan garis miring). Rumus yang saya gunakan adalah sebagai berikut:

=DATE(RIGHT(A1, 4), MID(A1, SEARCH("-", A1, 1) + 1, SEARCH("-", A1, SEARCH("-", A1, 1) + 1) - SEARCH("-", A1, 1) - 1), LEFT(A1, SEARCH("-", A1, 1) - 1))

Cara kerja rumus di atas pada dasarnya adalah mengambil 4 digit tahun, digit di antara tanda strip sebagai bulan, dan digit sebelum strip pertama sebagai tanggal. Kemudian setiap angka tersebut dimasukan ke dalam fungsi DATE untuk dijadikan tanggal yang dimengerti Microsoft Excel.

Catatan:
  • A1 adalah referensi cell yang berisi teks tanggal. Ubah sesuai dengan kebutuhan sebelum menggunakan rumus di atas.
  • Tanda koma "," dalam rumus di atas ada kalanya perlu diubah menjadi tanda titik koma ";". Hal ini tergantung pada konfigurasi pemisah parameter fungsi pada Microsoft Excel masing-masing komputer.
  • Rumus di atas sudah dicoba menggunakan Microsoft Excel 2007 dan OpenOffice.org Calc 3.2.1.
--
Amir Syafrudin

Versi PDF tulisan ini: T/A (Tidak Ada)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar