Tips Memanfaatkan Blog Ini

  1. Perhatikan tanggal penulisan dan tanggal update artikel. Semakin baru tanggal-tanggal ini, semakin valid informasi yang tercantum.
  2. Harap membaca komentar-komentar terkait sebelum bertanya; bisa jadi hal yang ingin Anda tanyakan sudah terjawab.
  3. Pertanyaan dapat disampaikan lewat bagian komentar atau lewat akun Twitter @asyafrudin.

Kamis, 25 September 2008

Antisipasi SIM dan STNK Hilang

Musibah dapat terjadi kapan saja, di mana saja, dan kepada siapa saja. Orang yang paling hati-hati berjalan bisa jadi tersandung sesekali waktu. Orang yang paling waspada menjaga barang pun bisa jadi mengalami kehilangan sesekali waktu.

SIM (Surat Izin Mengemudi) dan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) adalah dua surat yang berharga bagi para pengemudi dan pemilik kendaraan. Tanpa salah satu dari kedua surat itu, mengemudi kendaraan menjadi pelanggaran. Tanpa SIM atau STNK, mengemudi kendaraan menimbulkan kekhawatiran. Saya pribadi lebih memilih tidak mengemudi kendaraan tanpa dilengkapi kedua surat tersebut.

Ada beberapa tips yang bisa saya sampaikan sebagai langkah-langkah antisipasi kehilangan kedua surat tersebut.

Pertama, kenali modus pencurian. SIM dan STNK umumnya hilang seiring dengan hilangnya dompet atau tas milik pengemudi. Sebenarnya yang diincar pencuri adalah isi lain dari dompet atau tas yang diambil seperti uang, kartu ATM, notebook, dll. Mengenali modus pencurian merupakan hal penting untuk mencegah kehilangan. Sama prinsipnya seperti mengenali musuh sebelum berperang. Dengan begitu kita tidak mudah termakan tipu daya pencuri.

Kedua, simpan fotokopi SIM dan STNK di rumah (tempat tinggal). Fotokopi SIM dan STNK tersebut akan memudahkan proses pengurusan seandainya SIM dan STNK tersebut hilang. Informasi ini saya dapatkan dari seorang petugas polisi saat saya sedang mengurus SIM baru.

Ketiga, simpan SIM dan STNK di tempat yang terpisah. Umumnya SIM kita simpan di dompet karena SIM juga dapat berfungsi sebagai kartu identitas. Untuk STNK sebaiknya kita simpan di tempat lain sehingga kehilangan SIM tidak berarti kehilangan STNK atau sebaliknya. Umumnya orang akan menyarankan meletakan STNK di dompet kunci (dompet yang digunakan untuk menyimpan kunci kendaraan).

Keempat, waspadalah!

Kelima, silakan lihat tulisan lain di blog ini bila SIM atau STNK Anda hilang.

Semoga bermanfaat!

--
Amir Syafrudin

Versi PDF tulisan ini: http://www.4shared.com/file/95566641/f18d0416/AntisipasiSIMDanSTNKHilang.html

1 komentar:

  1. Thx infonya, aduh sy bru aj kehilngan stnk pdhl uda ditaruh di dompet kunci eh trnyata gntungan kncinya yg lepas, ad aj ya musibah tu..

    BalasHapus