Tips Memanfaatkan Blog Ini

  1. Perhatikan tanggal penulisan dan tanggal update artikel. Semakin baru tanggal-tanggal ini, semakin valid informasi yang tercantum.
  2. Harap membaca komentar-komentar terkait sebelum bertanya; bisa jadi hal yang ingin Anda tanyakan sudah terjawab.
  3. Pertanyaan dapat disampaikan lewat bagian komentar atau lewat akun Twitter @asyafrudin.

Jumat, 10 Desember 2010

Menggunakan Proxy dan Wireless Modem Bersamaan

Penggunaan proxy atau wireless modem untuk mengakses Internet dalam satu komputer kadang diperlukan. Umumnya proxy, walaupun koneksinya relatif stabil dan cepat, dijejali dengan aturan-aturan tertentu yang membatasi akses kita ke Internet. Sementara wireless modem, walaupun bebas terbatas, seringkali koneksinya melambat atau terputus.

Untuk dapat menggunakan proxy dan wireless modem dalam satu komputer itu relatif mudah. Yang perlu kita lakukan adalah menambahkan route baru ke dalam komputer dan membedakan antara browser yang menggunakan proxy dengan browser yang menggunakan wireless modem untuk terhubung ke Internet.

Saat kita mengaktifkan wireless modem, prioritas jaringan lokal (LAN) dalam komputer kita turun ke posisi kedua. Itu artinya komputer kita akan mendahulukan wireless modem untuk terhubung ke Internet. Jangankan untuk terhubung ke Internet, untuk terhubung ke jaringan lokal pun komputer kita akan menggunakan wireless modem. Dalam kondisi ini, komputer kita tidak dapat terhubung ke proxy. Alasan kita perlu menambahkan route itu adalah untuk mengatasi masalah ini.

Langkah untuk menambahkan route pada Windows XP adalah sebagai berikut:
  1. Buka Command Prompt.
    Buka Start Menu -> Run. Ketik cmd dan tekan Enter.
  2. Masukan perintah berikut pada Command Prompt: route add [ip_address_range_lokal] mask [subnet_mask] [gateway_jaringan_lokal]. Tekan Enter.
  3. Selesai.
Perintahnya memang sedikit rumit di langkah ke-2. Saya akan coba paparkan di sini. Saya asumsikan IP komputer kita adalah 10.254.56.100, konfigurasi gateway di LAN kita adalah 10.254.56.1, dan proxy kita adalah 10.254.33.100. Untuk kondisi tersebut, perintah route kita adalah route add 10.254.0.0 mask 255.255.0.0 10.254.56.1. Dengan begitu kita memerintahkan kepada komputer kita supaya setiap kali berusaha terhubung ke komputer dengan IP address 10.254.... itu harus melewati 10.254.56.1 dan bukan lewat wireless modem.

Untuk pilihan browsernya sendiri saya memilih Opera, Firefox, Chrome, dan Internet Explorer. Dalam kondisi terhubung ke proxy dan wireless modem itu hanya Opera dan Firefox yang mau menggunakan proxy. Sementara Chrome dan Internet Explorer akan otomatis menggunakan wireless modem saat terhubung ke Internet.

Perlu diperhatikan bahwa Chrome menggunakan konfigurasi koneksi yang sama dengan Internet Explorer, yaitu dari Internet Options di Windows. Sementara Opera dan Firefox menggunakan konfigurasi koneksi yang terpisah dari Internet Options. Ini alasannya kenapa Chrome tidak dapat menggunakan proxy sebagaimana Opera dan Firefox.

Jadi matikan pilihan proxy pada Internet Options kita sehingga Chrome dan Internet Explorer dapat terhubung ke Internet lewat wireless modem. Selanjutnya aktifkan pilihan proxy di Firefox atau Opera agar browser tersebut dapat terhubung ke Internet lewat proxy.

Dengan begitu kita dapat berselancar tanpa batas di Internet menggunakan wireless modem. Sementara saat kita membutuhkan koneksi yang kuat (misalnya untuk mengunduh file ratusan MB) kita dapat menggunakan proxy sehingga tidak menghabiskan kuota wireless modem kita.

Semoga bermanfaat!

Catatan:
Percobaan yang relevan dilakukan pada Windows XP dengan menggunakan wireless modem salah satu operator GSM di Jakarta. Versi browser yang digunakan adalah Opera 9, Firefox 3.6, Chrome 4, dan Internet Explorer 7.

--
Amir Syafrudin

2 komentar: