Tips Memanfaatkan Blog Ini

  1. Perhatikan tanggal penulisan dan tanggal update artikel. Semakin baru tanggal-tanggal ini, semakin valid informasi yang tercantum.
  2. Harap membaca komentar-komentar terkait sebelum bertanya; bisa jadi hal yang ingin Anda tanyakan sudah terjawab.
  3. Bagian komentar di blog ini sudah ditutup karena blog ini tidak lagi dikelola secara aktif. Komentar dan pertanyaan lebih lanjut dapat disampaikan lewat akun Twitter @asyafrudin.

Senin, 14 November 2011

Publikasi Update Blog ke Facebook dengan ifttt

Ada banyak layanan yang dapat kita gunakan untuk mempublikasikan blog post terbaru kita ke situs jejaring sosial seperti Facebook. Beberapa di antaranya yang pernah saya gunakan adalah twitterfeed dan dlvr.it. Kedua layanan tersebut merupakan layanan yang dapat diandalkan untuk urusan meneruskan publikasi blog post terbaru ke berbagai situs jejaring sosial.

Satu layanan lain yang dapat digunakan untuk melakukan hal yang sama seperti twitterfeed dan dlvr.it adalah ifttt. Saya baru saja mencoba layanan ifttt ini untuk mempublikasikan blog post di beberapa blog saya ke Facebook. Dalam tulisan ini saya hanya akan memaparkan betapa mudahnya konfigurasi yang perlu saya lakukan untuk mempublikasikan blog asyafrudin.blogspot.com ke akun Facebook pribadi saya sendiri.

Sebelum kita melanjutkan ke bagian teknis. Ada 4 (empat) istilah dasar dalam ifttt yang harus kita ketahui, yaitu taskchannel, trigger, dan action. ifttt sendiri adalah singkatan dari "if this, then that" (bila ini, maka itu). Jadi maksudnya trigger dan action sudah cukup jelas. trigger menggambarkan "ini" dan action menggambarkan "itu". Channel adalah istilah untuk berbagai layanan yang didukung oleh ifttt. Sementara setiap pasangan trigger dan action ini disebut task.

Jadi dalam contoh kasus yang saya sebutkan di atas, kita akan membuat task yang trigger-nya adalah saat sebuah blog post baru dipublikasikan di asyafrudin.blogspot.com dan action-nya adalah mempublikasikan entri ke blog post yang baru itu di akun Facebook saya. Ada dua channel yang terlibat di sini, yaitu Feed dan Facebook.

Langsung saja ke inti tulisan ini. Langkah-langkah konfigurasi untuk contoh kasus yang saya sebutkan di atas adalah sebagai berikut:
  1. Sign in ke dalam situs ifttt.com.
    Silakan daftar bila belum terdaftar. Proses daftar ke ifttt ini sangat sederhana dan straightforward.
  2. Setelah sign in, kita akan masuk ke Dashboard. Klik tombol Create a task untuk mulai membuat task yang kita butuhkan.
  3. Dari sini langkah-langkahnya benar-benar mudah diikuti. Awalnya kita akan melakukan konfigurasi trigger. Klik link this.
  4. Pada pilihan channel, klik tombol (ikon) Feed.
  5. Pada pilihan trigger, klik New feed item.
  6. Masukan URL feed dari asyafrudin.blogspot.com dan klik Create trigger.
  7. Langkah selanjutnya adalah konfigurasi action. Klik link that.
  8. Pada pilihan channel, klik tombol (ikon) Facebook.
  9. Pada pilihan action, klik Create a link post.
  10. Kita akan melihat konfigurasi default untuk action yang kita pilih. Ubah konfigurasi ini sesuai kebutuhan dan klik Create action.
    Perlu diperhatikan bahwa dalam mengubah konfigurasi ini kita dapat memanfaatkan Addins yang tersedia untuk masing-masing trigger atau action.
  11. Langkah terakhir adalah memberikan deskripsi untuk task yang baru saja kita buat. Setelah itu, klik tombol Create task.
Mudah, bukan?

Bahkan tanpa tutorial seperti ini pun, konfigurasi task di ifttt tetap mudah diikuti. Mulai dari konsep sampai implementasi teknis dari layanan ini bersifat intuitif. Dengan berbagai pilihan channel yang tersedia, kombinasi trigger dan action yang dapat kita buat akan menjadi sangat banyak. Layanan ifttt ini dapat digunakan untuk jauh lebih banyak task ketimbang sekedar menjadi alat untuk mempublikasikan blog post baru di jejaring sosial kita.

Semoga bermanfaat!

--
Amir Syafrudin

4 komentar:

  1. cara nampilin ke facebook nya gmn mas?
    otomatis setiap udpate post blog atau harus manual?

    BalasHapus
  2. Update ke Facebook-nya otomatis setiap ada post yang baru di blog terkait. Hanya saja mungkin ada jeda antara publish post baru di blog dengan update ke Facebook-nya.

    BalasHapus
  3. wah terima kasih infonya, sangat bermanfaat
    :)

    BalasHapus
  4. makasihh.. sangat bermanfaat :)

    BalasHapus