Tips Memanfaatkan Blog Ini

  1. Perhatikan tanggal penulisan dan tanggal update artikel. Semakin baru tanggal-tanggal ini, semakin valid informasi yang tercantum.
  2. Harap membaca komentar-komentar terkait sebelum bertanya; bisa jadi hal yang ingin Anda tanyakan sudah terjawab.
  3. Pertanyaan dapat disampaikan lewat bagian komentar atau lewat akun Twitter @asyafrudin.

Senin, 29 Juni 2009

Update Status Facebook dengan Ping.fm

Salah satu cara untuk update status Facebook adalah dengan menggunakan layanan web Ping.fm (dapat diakses di http://ping.fm/). Layanan ini memungkinkan kita merubah status akun Facebook kita tanpa perlu login ke situs Facebook itu sendiri.

Sebelum saya menjelaskan bagaimana cara update status Facebook dengan Ping.fm, saya berikan sedikit perkenalan lewat gambar di bawah ini.

Gambar di atas adalah gambar dashboard akun Ping.fm. Semua kebutuhan Ping.fm bisa Anda akses lewat dashboard tersebut. Dashboard ini adalah halaman pertama yang diakses setelah seorang pengguna masuk ke Ping.fm.

Kotak hijau pada gambar adalah kumpulan jejaring sosial (social network) yang sudah dikonfigurasi dengan Ping.fm. Kotak merah adalah tempat isian update status yang akan dikirim ke jejaring sosial dalam kotak hijau. Kotak biru menyediakan berbagai pilihan cara update status selain yang tersedia di kotak merah.

Gambar di atas sudah menyiapkan konfigurasi untuk 4 (empat) situs jejaring sosial, yaitu Twitter, Facebook, LinkedIn, dan Friendster. Akan tetapi awal penggunaan Ping.fm, bagian tersebut akan kosong. Yang ada hanya link "Add More Networks". Klik link tersebut untuk menambahkan konfigurasi jejaring sosial baru.

Link tersebut akan membawa Anda ke pilihan jejaring sosial yang didukung oleh Ping.fm. Cari "Facebook", kemudian klik link "Add Network" yang ada di sebelahnya. Selanjutnya Anda akan diminta mengikuti langkah-langkah konfigurasi Ping.fm dengan Facebook. Untuk konfigurasi ini, Anda juga perlu masuk ke akun Facebook Anda karena pada dasarnya konfigurasi ini akan memasang aplikasi Ping.fm untuk akun Facebook Anda.

Setelah melewati semua langkah-langkah tersebut, seharusnya Anda akan kembali ke dashboard Ping.fm Anda. Kalau konfigurasi yang Anda lakukan sudah benar, Anda langsung bisa mengirim pesan lewat Ping.fm. Perhatikan kembali bagian kotak merah pada gambar. Di bagian tersebut pada dashboard Anda, Anda bisa mengisi pesan yang ingin dikirim oleh Ping.fm ke Facebook, kemudian tekan tombol "Ping it!"

Di titik ini Anda seharusnya sudah bisa update status Facebook kapan saja menggunakan Ping.fm. Anda tidak perlu lagi login ke situs Facebook kalau hanya ingin update status. Saya yakin bagi beberapa orang cara ini terbilang praktis terutama untuk orang-orang yang kesulitan mengakses situs Facebook mereka, misalnya karena situs Facebook diblokir atau koneksi Internet yang digunakan terbilang lambat.

Anda bisa segera menambahkan konfigurasi situs jejaring sosial yang lain selain Facebook seperti pada contoh di atas, yaitu Twitter, Friendster, atau LinkedIn. Situs untuk blogging dan micro-blogging seperti Blogger dan Plurk pun didukung oleh Ping.fm. Masalah jejaring sosial mana yang ingin Anda gunakan, semua kembali kepada kebutuhan dan kenyamanan masing-masing pengguna.

Namun kelebihan Ping.fm (dan alasan saya membuat tulisan ini) tidak berhenti di sini. Kelebihan Ping.fm adalah fasilitas yang diberikan kepada pengguna untuk melakukan update dari berbagai perangkat. Contoh yang bisa saya berikan adalah update dengan menggunakan email.

Perhatikan kembali gambar di atas, bagian kotak biru itu menyediakan berbagai pilihan cara update. Untuk bisa mengirim update lewat email, klik link "E-mail" pada bagian di dalam kotak biru pada dashboard Anda.

Link itu akan membawa Anda ke sebuah halaman yang menyediakan khusus untuk akun Ping.fm Anda. Anda cukup mengirim pesan lewat akun Gmail atau Yahoo!Mail Anda yang ditujukan kepada posting e-mail address tersebut. Dengan begitu, Anda tidak perlu masuk ke Ping.fm untuk update status. Itu artinya bila konfigurasi Ping.fm dan Facebook Anda sudah benar, Anda bisa langsung update status Facebook hanya dengan mengirim email.

Alternatif lain selain email juga tersedia. Seperti yang dijanjikan oleh Ping.fm sendiri, Anda bisa update status dari Instant Messenger, seperti GTalk atau YM, atau lewat SMS. Silakan Anda coba sendiri berbagai alternatif yang disediakan oleh Ping.fm itu.

Jadi dengan bermodalkan Ping.fm, kita dapat update status Twitter, Facebook, Friendster, LinkedIn, dan situs jejaring sosial kita yang lain hanya dengan mengirim sebuah email. Satu hal yang perlu diperhatikan bila menggunakan Ping.fm untuk berbagai situs jejaring sosial adalah bagaimana masing-masing situs jejaring sosial itu memperlakukan pesan yang diterima. Contohnya Twitter membatasi pesan sepanjang 140 karakter. Kalau kita mengirim pesan dengan panjang melebihi 140 karakter, pesan kita akan terpotong secara otomatis.

Semoga bermanfaat!

--
Amir Syafrudin

Versi PDF tulisan ini: http://www.4shared.com/file/114814518/b421d7cc/UpdateStatusFacebookdenganPingFm.html

4 komentar:

  1. Help me,,Sy coba update status via email dgn mengirimkan email ke email khusus yg dikasih ping.fm tapi selalu gagal : status fb sy tdk terupdate. Apa ini karena Sy menggunakan Thunderbird sbgi email client Saya? Tapi sy baca di menu help pada situs itu sndiri, email bisa dikirimkan melalui semua jenis email client. Terima kasih

    BalasHapus
  2. Perlu ditelusuri satu per satu, Mas. Sudah coba update status langsung lewat web-nya Ping.fm atau lewat IM client seperti GTalk? Bisa jadi masalahnya bukan pada email, tapi pada konfigurasi account Facebook-nya. Kalau memang lewat cara lain selain email bisa, mungkin service email Ping.fm sedang bermasalah.

    Kalau masalahnya di service email Ping.fm, saya hanya bisa menyarankan untuk reset email tersebut. Mungkin dengan reset email itu masalah update status ke Facebook bisa selesai.

    Semoga membantu.

    BalasHapus
  3. Wah, terima kasih atas sharing informasinya Sob, tapi kalau dibandingkan antara Ping.Fm dengan Socialmonkey bagus mana Sob. Salam persahabatan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Postingan lama nih. :-)

      Saya udah lama gak pakai Ping.fm. Udah beberapa kali ganti provider layanan sejenis, tapi sayangnya saya gak pernah nyobain Socialmonkey. Sekarang saya pakai ifttt.com dan sepertinya bakal bertahan. :-)

      Hapus