Tips Memanfaatkan Blog Ini

  1. Perhatikan tanggal penulisan dan tanggal update artikel. Semakin baru tanggal-tanggal ini, semakin valid informasi yang tercantum.
  2. Harap membaca komentar-komentar terkait sebelum bertanya; bisa jadi hal yang ingin Anda tanyakan sudah terjawab.
  3. Pertanyaan dapat disampaikan lewat bagian komentar atau lewat akun Twitter @asyafrudin.

Minggu, 13 September 2009

Merubah Blog Post Menjadi Facebook Notes

Facebook menyediakan fasilitas bagi para penggunanya untuk membuat Notes. Dengan begitu pengguna Facebook dapat dengan mudah menuangkan isi pikirannya tanpa perlu meninggalkan Facebook. Akan tetapi seorang blogger mungkin tidak melihat fitur ini sebagai nilai tambah, karena blogger tersebut lebih memilih untuk tetap menulis di blog.

Saya pribadi termasuk orang yang tidak pernah berniat menggunakan fitur Notes pada Facebook. Saya lebih memilih menulis di blog ketimbang menggunakan fitur Notes tersebut. Saya menulis untuk berbagi, sementara ruang lingkup pembaca Notes di Facebook jelas lebih terbatas ketimbang sebuah blog yang pada umumnya dapat diakses oleh siapa saja. Jadi alasan untuk lebih memilih blog cukup jelas.

Walaupun begitu, Facebook menyediakan fitur untuk merubah Blog Post kita menjadi Facebook Notes. Hal ini memungkinkan seseorang untuk meneruskan menulis di blog seraya menampilkan tulisan yang sama di akun Facebook miliknya.

Cara untuk merubah Blog Post menjadi Facebook Notes itu mudah. Kita hanya perlu melakukan konfigurasi tertentu pada akun Facebook kita. Fitur ini dalam kamus Facebook disebut "Import Stories", karena pada dasarnya kita mengimpor sesuatu ke dalam Facebook.

Langkah pertama untuk Import Stories dimulai dari tampilan awal Facebook Profile kita. Di bawah kotak isian Wall akun Facebook Anda, klik "Options". Selanjutnya akan ada tombol "Settings". Klik tombol tersebut untuk menampilkan tampilan seperti gambar di bawah ini.


Bagian yang perlu diperhatikan adalah bagian di bawah "Stories Posted by You". Pada pilihan "Imported Stories", klik tombol "Blog/RSS" untuk menampilkan tampilan seperti pada gambar di bawah ini.


Pada isian "Public URL", masukan URL lengkap blog Anda. Tekan tombol "Import" dan biarkan Facebook bekerja. Saat proses selesai, Anda akan melihat tampilan seperti gambar di bawah ini.


Proses impor Blog Post menjadi Facebook Notes milik Anda sudah selesai. Mulai saat ini setiap Blog Post akan otomatis diimpor oleh Facebook untuk dijadikan Notes dalam akun Facebook Anda.

Semoga bermanfaat!

--
Amir Syafrudin

Versi PDF tulisan ini: http://www.4shared.com/file/135015656/850e6857/MerubahBlogPostMenjadiFacebookNotes.html

4 komentar:

  1. berguna sekali...
    ada gambarnya jadi lebih jelas+terperinci...
    thx a lot ^0^

    BalasHapus
  2. Sama-sama. Senang bisa membantu.

    BalasHapus
  3. dengan segala rasa hormat saya ucapkan terima kasih atas info yang berguna ini ...

    BalasHapus
  4. Sama-sama. Semoga informasinya masih relevan.

    BalasHapus