Tips Memanfaatkan Blog Ini

  1. Perhatikan tanggal penulisan dan tanggal update artikel. Semakin baru tanggal-tanggal ini, semakin valid informasi yang tercantum.
  2. Harap membaca komentar-komentar terkait sebelum bertanya; bisa jadi hal yang ingin Anda tanyakan sudah terjawab.
  3. Pertanyaan dapat disampaikan lewat bagian komentar atau lewat akun Twitter @asyafrudin.

Selasa, 12 Juli 2011

Mematikan Notifikasi di Google+

UPDATE (15 Januari 2014)
Antar muka untuk merubah notifikasi sudah mengalami banyak perubahan sejak tulisan di bawah dibuat, tetapi alurnya secara mendasar tetap sama. Terlepas dari itu, fungsi "Mute" yang dijelaskan di bawah masih tersedia.

Tulisan Awal
Saya yakin semua pengguna situs jejaring sosial sudah familiar dengan istilah Notifikasi. Di Facebook, misalnya, notifikasi akan disampaikan kepada kita saat ada pengguna Facebook lain yang mengomentari status kita atau saat ada pengguna yang menuliskan sepatah-dua patah kata di Wall kita. Di Twitter, misalnya, notifikasi akan disampaikan kepada kita saat ada pengguna Twitter lain yang mengirim Direct Message atau mention kita dalam status mereka.

Google+ pun sudah pasti memiliki fitur ini. Juga seperti Facebook dan Twitter, Google+ pun menyediakan pilihan untuk mematikan notifikasi ini. Perbedaannya adalah Google+ memungkinkan kita mematikan notifikasi khusus untuk post (status) tertentu saja. Tujuannya untuk apa? Bayangkan status kita berisi komentar-komentar yang sudah tidak lagi relevan atau kita ikut berkomentar di sebuah status yang komentar-komentar lanjutannya pun ngalor-ngidul tanpa tujuan. Apakah kita bersedia menerima notifikasi setiap ada komentar yang tidak relevan (baca: yang tidak mau kita baca)? Jawaban saya, tidak.

Cara mematikan notifikasi di Google+ adalah sebagai berikut. Untuk mematikan notifikasi total (dan melepaskan diri kita dari cengkraman orang-orang liar di Google+), klik gambar gerigi di pojok kanan Google+ Bar di Home kita. Pada menu yang muncul, klik Google+ settings.

Google+ settings
Di tampilan Google+ settings yang muncul, cek bagian Receive notifications dan pilih jenis notifikasi yang tidak kita inginkan. Selesai! We got our life back.

Receive notifications
Seandainya kita hanya ingin mematikan notifikasi untuk status-status tertentu saja, kita harus masuk ke bagian Notifications, baik lewat sidebar di Home kita atau lewat tombol indikator notifikasi di Google+ Bar kita.

Notifications
Untuk mematikan notifikasi lewat bagian Notifications (lihat gambar di atas), cukup klik tombol menu di masing-masing status yang ingin kita matikan notifikasinya. Pada menu yang muncul, klik Mute this post.


Untuk mematikan notifikasi lewat tombol indikator notifikasi di Google+ Bar kita (lihat gambar di atas), cukup klik notifikasi terkait dan klik Mute this post.

Sekali lagi, selesai! We saved ourselves from those savages without sacrificing our social life.

Semoga bermanfaat!

--
Amir Syafrudin

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar