Tips Memanfaatkan Blog Ini

  1. Perhatikan tanggal penulisan dan tanggal update artikel. Semakin baru tanggal-tanggal ini, semakin valid informasi yang tercantum.
  2. Harap membaca komentar-komentar terkait sebelum bertanya; bisa jadi hal yang ingin Anda tanyakan sudah terjawab.
  3. Pertanyaan dapat disampaikan lewat bagian komentar atau lewat akun Twitter @asyafrudin.

Rabu, 24 Maret 2010

Multiple Folder Zip dengan 7-Zip

Kadang kita berada dalam situasi yang mengharuskan kita untuk zip banyak folder sekaligus. Hal ini dapat dilakukan menggunakan aplikasi 7-Zip, yaitu dengan mengatur penggunaan aplikasi ini lewat batch file. Batch file adalah file dengan ekstensi .BAT yang dapat digunakan dalam Windows untuk menjalankan sekumpulan perintah atau aplikasi lain. Di sini kita akan membuat batch file yang akan menjalankan 7-Zip untuk zip folder-folder yang kita kehendaki secara otomatis.

Langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:
  1. Buka aplikasi Notepad, kemudian Save file kosong tersebut. Pada jendela Save As, pilih folder tempat penyimpanan, beri nama file dengan ekstensi .BAT (kita gunakan "batch7zip.bat"), dan pilih "All Files" untuk pilihan Save as type. Klik tombol Save. Perhatikan Gambar 1 di bagian akhir tulisan ini.
  2. Copy dan paste kode di bawah ini ke dalam file batch7zip.bat itu, kemudian Save kembali file itu. Perhatikan Gambar 2 di bagian akhir tulisan ini. Kode yang dimaksud adalah dua baris berikut:
    echo off
    for /f "delims=" %%A in ('dir /b /ad') do 7z a -tzip "%%A.zip" "%%A\*" -r
  3. Setelah Anda Save, batch file ini sudah siap dipakai. Namun sebelumnya, kita perlu tambahkan folder instalasi 7-Zip ke dalam PATH Windows. Folder default untuk instalasi 7-Zip adalah "C:\Program Files\7-Zip". Kalau kita tidak ingin menambahkan folder instalasi ini ke dalam PATH Windows, maka kata "7z" di atas harus diubah menjadi "C:\Program Files\7-Zip\7z" (dengan tanda kutip). Perhatikan Gambar 3 di bagian akhir tulisan ini. Kode yang digunakan akan berubah menjadi:
    echo off
    for /f "delims=" %%A in ('dir /b /ad') do "C:\Program Files\7-Zip\7z" a -tzip "%%A.zip" "%%A\*" -r
  4. Batch file akhirnya dapat digunakan untuk zip banyak folder dengan sekali jalan. Contoh penggunaannya dapat Anda lihat pada Gambar 4 dan Gambar 5. Gambar 4 berisi folder-folder yang akan di-zip. Kita copy batch file yang kita buat ke lokasi yang sama. Klik dua kali batch file tersebut dan setiap folder yang ada di situ akan di-zip oleh 7-Zip.
Gambar 1
Gambar 2
Gambar 3
Gambar 4
Gambar 5

Semoga bermanfaat!

--
Amir Syafrudin

8 komentar:

  1. boleh joga dicoba nih.. soalnya terbiasa pake winZip.. :)

    BalasHapus
  2. Silakan dicoba. Saya malah sudah bertahun-tahun pakai 7-zip karena open source, legal, dan nyaman dipakai. :D

    BalasHapus
  3. Silakan dicoba. Kalau ada masalah bisa tanya di sini.

    BalasHapus
  4. klo hasil zip di arahkan ke path lain, bagaimana mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara yang paling mudah adalah dengan menambahkan path lain itu ke dalam batch file, yaitu di bagian yang menunjuk ke nama file hasil zip.

      Hapus