Tips Memanfaatkan Blog Ini

  1. Perhatikan tanggal penulisan dan tanggal update artikel. Semakin baru tanggal-tanggal ini, semakin valid informasi yang tercantum.
  2. Harap membaca komentar-komentar terkait sebelum bertanya; bisa jadi hal yang ingin Anda tanyakan sudah terjawab.
  3. Bagian komentar di blog ini sudah ditutup karena blog ini tidak lagi dikelola secara aktif. Komentar dan pertanyaan lebih lanjut dapat disampaikan lewat akun Twitter @asyafrudin.

Senin, 22 September 2008

Urus STNK Hilang

Versi revisi (lebih rapi dan lebih lengkap) dari tulisan ini dapat diakses di: http://bagaimana-cara.blogspot.com/2012/01/urus-stnk-hilang-revisi.html. Setiap pertanyaan atau saran dapat disampaikan lewat bagian komentar pada tulisan versi revisi tersebut.

Update (28 Juli 2011)
Berikut ini adalah informasi tambahan bagi yang tidak bisa mengurus STNK sendiri (harus diwakilkan orang lain):

1. Bila orang yang mewakilkan itu suami atau isteri sendiri, tidak ada masalah.

2. Bila orang yang mewakilkan itu anggota keluarga (selain suami atau isteri), harap siapkan surat keterangan dari RT setempat dan fotokopi Kartu Keluarga sebagai bukti.

3. Bila orang yang mewakilkan itu orang lain, misalnya tetangga sebelah rumah, harap siapkan surat kuasa. Surat kuasa ini harus menggunakan materai 6.000.

Saran dari Penulis: Untuk kasus kedua, bila surat keterangan dari RT setempat itu sulit diurus, langsung saja gunakan surat kuasa.

Update (14 Januari 2011)
Informasi tambahan dari pembaca bernama Ibenk:

Kemarin STNK saya hilang, prosedur pengurusannya gampang kok..cuma satu hari
biaya yg dikeluarkan
1.cek fisik = 30rb pungli
2.pendaftaran = free
3.cek komputer/blokir = 5rb pungli
4.cek pajak = 5rb pungli
5.cetak surat keterangan hilang = 40rb pungli
6.regsitrasi di BBN II = 40rb pungli
5.pembayaran pajak admn stnk hilang = 52rb (2rb pungli org pemda)

total = 172rb, padahal biaya resmi cuma 50rb lho!
oh ya..jika stnk yg hilang bukan atas nama kita, langsung dibalik nama saja, prosedur sama seperti diatas, bedanya cuma ada penulisan BPKB aja di Polda

untuk samsat, tidak harus di tempat penerbitan stnk, kendaraan saya Plat Jakpus, bisa diurus di samsat Jakut. yg penting masih satu Polda aja ;)

Update (20 September 2010)
Untuk persyaratan ketiga, fotokopi STNK yang lama (hilang), sepertinya bukan syarat yang mutlak atau tidak berlaku umum. Bila fotokopi STNK tersebut tidak ada, saya rasa tidak akan menghambat proses pengurusan STNK yang hilang.

Persyaratan untuk mengurus STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) yang hilang adalah sebagai berikut:
  1. KTP (Kartu Tanda Penduduk) pemilik kendaraan yang tercantum di STNK.
  2. Fotokopi KTP yang disebutkan di Nomor 1.
  3. Fotokopi STNK yang lama (hilang).
  4. Surat Keterangan Hilang dari Polsek terdekat.
  5. BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) terkait.
Khusus untuk BPKB kendaraan yang masih kredit, siapkan fotokopi BPKB dan surat pengantar dari perusahaan kredit terkait. Selanjutnya semua persyaratan di atas dibawa ke Polda Metro Jaya (atau instansi lain yang berwenang) bagian pengesahan BPKB untuk mendapatkan Surat Keterangan Pengesahan.

Prosedur pengurusan Surat Keterangan Pengesahan adalah sebagai berikut:
  1. Mengisi Formulir Pendaftaran di bagian Pengesahan BPKB.
  2. Serahkan Formulir Pendaftaran yang sudah diisi beserta persyaratan tersebut di atas ke bagian Pengesahan BPKB.
  3. Mengambil kembali semua persyaratan di atas dan Surat Keterangan Pengesahan yang sudah siap.
Kalau semua persyaratan di atas sudah selesai diurus, STNK yang hilang sudah siap diurus di Kantor Samsat setempat.

Prosedur pengurusan STNK hilang adalah sebagai berikut:
  1. Cek Fisik kendaraan.
    Lakukan cek fisik kendaraan bermotor untuk mendapatkan keterangan resmi nomor mesin dan nomor rangka kendaraan terkait.
  2. Mengisi Formulir Pendaftaran di bagian Tata Usaha.
  3. Mengurus Surat Keterangan STNK Hilang dari Samsat.
    Semua persyaratan yang dibawa dan Formulir Pendaftaran yang sudah diisi diserahkan ke loket STNK Hilang. Surat Keterangan STNK Hilang ini berbeda dengan Surat Keterangan Hilang dari Polsek setempat. Surat tersebut berisi keterangan keabsahan STNK terkait, misalnya tidak diblokir atau dalam pencarian. Biaya: Rp. 30.000.
  4. Mengurus pembuatan STNK baru di loket BBN II.
    Loket BBN II adalah loket untuk pengurusan balik nama, tukar warna, dan rubah bentuk. Di loket ini kita serahkan semua persyaratan dan Surat Keterangan STNK Hilang.
  5. Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor.
    Berkas-berkas yang kita serahkan akan diurus. Kalau tidak ada masalah, kita akan dipanggil untuk membayar Pajak Kendaraan Bermotor. Biaya: Rp. 50.000.
  6. Pengambilan STNK dan SKPD (Surat Ketetapan Pajak Daerah).
    Selain STNK dan SKPD, KTP asli pemilik kendaraan juga akan kita ambil kembali.
Total Biaya Pengurusan STNK hilang (dalam ribu Rupiah):
30 + 50 = 80

Perlu diperhatikan bahwa biaya tersebut mengacu pada biaya pengurusan STNK mobil pribadi. Kemungkinan besar ada perbedaan biaya bila mengurus kendaraan bermotor dengan jenis yang berbeda.

Tips yang bisa saya sampaikan dalam pengurusan STNK yang hilang adalah sebagai berikut:
  1. Bawa alat tulis.
    Jangan sampai kita kebingungan mencari alat tulis untuk mengisi Formulir Pendaftaran atau dokumen lainnya.
  2. Hindari calo.
    Calo (baik dari kalangan petugas atau umum) bisa dihindari. Jangan mengaku memiliki uang lebih. Cari bagian Informasi atau skema prosedur pengurusan STNK hilang.
  3. Cari informasi sebelum mengurus.
    Akan lebih baik kalau kita bisa mencari tahu informasi prosedur pengurusan STNK hilang yang berlaku di tempat kita mengurus STNK tersebut. Penjelasan di atas (persyaratan, prosedur, biaya) bisa jadi bersifat lokal, yaitu tidak berlaku umum di setiap tempat pengurusan STNK. Hal ini akan membantu kita menghindari calo.
  4. Datang sepagi mungkin di hari kerja selain Jumat.
    Pengurusan STNK hilang dapat diselesaikan dalam satu hari. Semakin pagi kita hadir di tempat pengurusan STNK, semakin cepat kita pulang membawa STNK yang sudah jadi. Saya menyarankan datang di hari kerja untuk menghindari kerumunan pengurus STNK; kecuali hari Jumat. Shalat Jumat bisa jadi alasan melambatnya proses pengurusan STNK.
Semoga bermanfaat!

--
Amir Syafrudin

Versi PDF tulisan asli (tanpa update): http://www.4shared.com/file/95568995/a8cd8e4c/UrusSTNKHilang.html

241 komentar:

  1. Wah murah banget mas, ini beneran soalnya stnk aku ilang sekarang lagi cari info dulu buat ngurusnya. Sip deh bisa buat acuan. Aku di jakarta mas kalo mas dimana

    BalasHapus
  2. Informasi di atas mengacu kepada pengalaman saya sendiri. Saya mengurusnya di Samsat Tangerang. Saat saya mengurus STNK saya yang hilang, Samsat Tangerang memang menindak tegas calo. Segala sesuatu berjalan sesuai prosedur.

    Sebelumnya saya bermaksud menyewa biro jasa pengurusan SIM/STNK namun saya membatalkan niat saya karena mereka minta dibayar Rp. 300.000.

    BalasHapus
  3. Hai.... Saya juga dari Tangerang nih..
    penjelasan di atas sangat membantu sekali, cuma 2 saja yang saya mau tanya sehubungan hilangnya STNK motor saya yang masih kredit.
    1. Berapa biaya yang dikenakan waktu pengesahan BPKB di Polda? (jika memang ada biaya resmi)
    2. Berapa lama waktu menunggu pengesahan?

    Terima kasih ya

    BalasHapus
  4. Sebelumnya saya perlu sampaikan bahwa saya belum pernah mengurus STNK motor yang hilang. Saya hanya pernah kehilangan STNK mobil. Semoga saja hal ini tidak relevan.

    Jadi berdasarkan pengalaman saya itu, pengesahan BPKB itu tidak dikenakan biaya. Saat itu saya mengurusnya sendiri lewat jalur resmi tanpa bantuan calo.

    Untuk waktu pengesahannya bisa ditunggu. Sayangnya saat itu saya datang agak siang pada hari Jum'at. Jadi petugasnya meminta saya kembali keesokan harinya.

    BalasHapus
  5. mas klw gk ada foto copy STNK yg hilang biayanya lbh mahal gk..???

    BalasHapus
  6. Setahu saya tidak, Mas. Keberadaan fotokopi STNK yang hilang itu seharusnya dapat diwakili oleh BPKB. Menurut saya yang penting itu BPKB-nya. Mudah-mudahan informasi ini masih relevan dengan kenyataan di lapangan.

    BalasHapus
  7. wah... makasih banyak infonya bro...

    stnk motor honda ane baru aja ilang....

    udah bikin surat keterangan ilang di polsek...

    mau lewat biro jasa,, diminta 395 ribu...

    mau coba urus sendiri besok,,, awalnya bingung karena gak punya fotokopian stnk-nya,,, tapi setelah baca artikel ini jadi ada sedikit bayangan harus ngapain aja besok... :)

    BalasHapus
  8. Senang bisa membantu.

    PS:
    Ternyata harga biro jasa pengurusan SIM/STNK masih sekitar itu ya.

    BalasHapus
  9. mas kalau saya tidak ada foto copi stnk yang ilang gmn??

    saya sedang ingin mengurusnya tapi ga tau harus gimana???

    BalasHapus
  10. Mengutip jawaban saya sebelumnya:
    "Setahu saya tidak, Mas. Keberadaan fotokopi STNK yang hilang itu seharusnya dapat diwakili oleh BPKB. Menurut saya yang penting itu BPKB-nya. Mudah-mudahan informasi ini masih relevan dengan kenyataan di lapangan."

    BalasHapus
  11. gak pake fotokopi gak pa pa kok...

    menambahkan informasi aja,,, saya urus sendiri abis 126 ribu,,, lebih murah daripada lewat biro jasa dan sehari jadi...

    126 ribu tuh itungannya...
    - 30 pas cek fisik
    - 5 ribu di pas ngecek pajak STNK udah dibayar pa blom...
    - 30 ribu pas di loket Tata Usaha bagian kehilangan STNK
    - 30 ribu pas di loket BNN
    - 26 ribu di kasir
    - 5 ribu pas ngambil stnk...

    tapi mungkin total biaya,, beda-beda di tiap tempat,,, soalnya yang saya dikasih kuintasi itu cuman yang dikasir... itu juga sebenernya cuman 25 ribu,, tapi kasirnya minta ditambah seribu... :) (jadi gak tau dah biaya yang laen itu legal pa nggak,, kalaupun legal, tetep gak tau,, di mark up ma pak polisinya pa enggak... )

    dan setelah beres dapet STNK baru... besoknya ternyata ada orang yang nganter STNK motor yang ilang...

    hahahah,,, jadi saran saya kalo stnka ilang coba aja ditunggu beberapa hari... siapa tau ada yang nemu trus nganter STNK ke rumah... ^_^

    BalasHapus
  12. Lokasi pengurusan STNK hilang itu di kantor polisi mana, Satriyo?

    Terima kasih atas tambahan informasinya.

    BalasHapus
  13. oke mas, makasi ya...
    infonya sangat membantu...

    BalasHapus
  14. aloha,,
    saya dari depok ..
    mw tanye neyhh
    klo masalah pajek nya gmna yah??
    kan otomatis di balik stnk ada pajak nya
    klo yg blom bayar pajek gmna tuh mas??
    apa skalian gtu di bayar?
    ataw engga?
    skalian buat surat pajek yg baru?
    trerima kaseee

    BalasHapus
  15. Hallo pak, saya dari pondok aren tangerang, STNK saya hilang. alamat STNk saya sesuai KTP di pondok areng, tangerang juga...........kira2 bisa diurusnya di SAMSAT mana yah?.....di SAMSAT yg di ciputat atau ciledug bisa pak?....trima kasih!
    mohon bantuannya.........

    BalasHapus
  16. @chandra:
    Maaf baru sempet bales. Pajak langsung dibayar saat urus STNK termasuk denda kalau ada.

    @Satria Aciel:
    Saya gak bisa membantu di bagian itu. Informasi yang saya berikan hanya sebatas prosedur berdasarkan informasi dan pengalaman saya mengurus STNK hilang di Samsat Tangerang.

    BalasHapus
  17. mas mau nanya, stnk saya hilang, tapi fotocopy stnk nya gak ada,, apa prosedurnya masih sama dengan yang dijelaskan diatas?

    BalasHapus
  18. Setahu saya masih bisa diurus selama kita bisa memperlihatkan BPKB terkait. Kelihatannya yang paling utama adalah BPKB itu dan bukan fotokopi STNK yang hilang.

    BalasHapus
  19. Mas Amir mau nanya. Waktu ngurus STNK hilang diminta bayar pajak ga(pajak thn yg sdng brjalan sdh dibayar)? trus tanggal jatuh tempo pajak antara stnk lama & baru sama ga? makasih

    BalasHapus
  20. Pajak tahun yang berjalan tidak akan ditagih lagi. Untuk pengurusan STNK hilang, biaya yang perlu dibayar sebenarnya hanya biaya administrasi pengurusan STNK. Untuk tanggal jatuh tempo tidak ada perubahan antara yang baru dibuat dan yang hilang.

    BalasHapus
  21. mas kalo gak ada fotokopiannya gimana

    BalasHapus
  22. Fotokopi STNK yang hilang yang gak ada ya? Sebenarnya hal ini sudah -beberapa kali- dijawab di atas. Yang penting itu sebenarnya BPKB. Fotokopi STNK yang hilang itu hanya dokumen pelengkap.

    BalasHapus
  23. mas,,klo ktpnya ikutan hilang di dompet,,gk ad data sama sekali !
    yang ada persyratn diatas cuma bpkp asli,gmna tuch mas ,,
    ada solusi gk ?
    saya baru kehilangan stnk kemaren,,
    terima kasih

    BalasHapus
  24. Pertama, Anda bisa mencoba mengurus surat keterangan dari kepolisian untuk KTP dan STNK yang hilang. Ada kemungkinan surat keterangan hilang ini dapat diterima sebagai pengganti beberapa persyaratan yang disebutkan di atas.

    Kedua, Anda bisa urus satu per satu. Urus surat keterangan hilang untuk KTP dan STNK yang hilang itu. Setelah itu langsung buat kembali KTP baru dengan data sama seperti KTP yang hilang. Terakhir adalah mengurus STNK yang hilang dengan modal surat keterangan hilang dan KTP baru itu.

    Mungkin saja ada alternatif lain. Kadang kebijakan seperti ini tergantung pada masing-masing kantor Samsat. Kalau Samsat tempat Anda mengurus STNK itu sudah "bersih", sebaiknya jangan ragu untuk bertanya di sana. Informasinya akan lebih valid lagi.

    BalasHapus
  25. mas...kalo bikin surat keterangan hilang dari polisi syaratnya apa aja?

    BalasHapus
  26. Gak ada persyaratan apa pun untuk bikin surat keterangan hilang.

    BalasHapus
  27. mas, klo gak punya ktp yg sama ama bpkb gmn?
    soalnya motor second, ktp tangan pertama ga ada...

    BalasHapus
  28. Maaf sebelumnya, kalau untuk kasus seperti itu belum bisa saya jawab. Tulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi saat mengurus hilangnya STNK yang saya sesuaikan dengan prosedur resmi secara umum. Harap maklum.

    BalasHapus
  29. klau mengurus stnk yang mati 1 tahun hilang,serta pajaknya 1 tahun , prosedurnya sama tidak seperti dia atas,

    BalasHapus
  30. Sepertinya ada perbedaan mendasar, Mas. Prosedur di atas tidak melibatkan pajak yang telat dibayar. Kalau sekedar mengurus kehilangannya mungkin sama.

    Maaf kalau kurang membantu.

    BalasHapus
  31. maaf mas, numpang tanya nih... STNK saya hilang, lalu sempat kena tilang sama pak polisi. katanya untuk membuat yang baru kita diharuskan memasang iklan pada koran di daerah terkait selama beberapa hari?
    betul tidak sih?
    terima kasih^^

    BalasHapus
  32. Kalau saya sih tidak pakai pasang iklan, Mas. Gak lama setelah STNK hilang, saya langsung urus sesuai prosedur yang saya paparkan di atas. Selama saya mengurus STNK saya yang hilang, saya tidak pernah ditanya masalah pasang iklan.

    BalasHapus
  33. wah makasih banyak mas saya jadi dapat ilmu tambahan nih kebetulan stnk saya hilang kalau daerah rumah saya di bekasi apakah hampir sama dengan tangerang untuk pengurusannya mas?...sekali lagi terima kasih banyak mas atas informasinya.

    BalasHapus
  34. @Ahmad:
    Maaf telat balas. Untuk Bekasi prosedurnya saya gak tahu. Informasi di atas adalah prosedur resmi untuk daerah Tangerang. Maaf kalau kurang membantu.

    BalasHapus
  35. mas klo saya kan blom 17 thn tp ud ada sim pas 16 thn nah STNK saia ilank n SIM saia ilank terus gmn klo cuman ada BPKPna? thx

    BalasHapus
  36. STNK yang hilang seharusnya bisa diurus karena BPKB-nya ada. Yang penting KTP dari orang yang namanya tercantum di BPKB itu disertakan.

    Untuk SIM saya jawab di post terkait: http://bagaimana-cara.blogspot.com/2008/09/urus-sim-hilang.html

    BalasHapus
  37. Terima kasih banyak atas Infonya, ane di cibinong bogor nih mau ngurus STNK ilang juga tapi soal biaya ane di tawari jasa ampe satu juta lebih eh ternyata setelah baca rujukan ini cuman kisaran Rp. 200 000, tapi ga tauh dah nanti realisasinya, sekali lagi makasih banget informasinya. (dede)

    BalasHapus
  38. Alhamdulillah. Senang kalau tulisan saya bermanfaat. Semoga urusannya di Cibinong bisa lancar. Asalkan kantor Samsat yang terkait juga mau menolak calo, saya yakin prosedur di atas bisa dilalui tanpa kesulitan.

    BalasHapus
  39. ass. bagaimana cara2 mengurus stnk yang sudah telat 3 tahun coz ktp pemilik pertama tidak ada alias pemiliknya menghilang dan kalu bisa mau sekalian mutasi ke daerah. terima kasih.

    BalasHapus
  40. @Anonim:
    Wa'alaikumsalam. Maaf sebelumnya. Untuk kasus di atas saya tidak bisa membantu.

    BalasHapus
  41. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  42. mas kalo kita tidak dapat fotocopy yang pny motor gmn mas ..cs dulu beli seken

    BalasHapus
  43. @hary:
    Sudah pernah ada yang menanyakan masalah yang sama sebelumnya. Sayangnya saya gak bisa bantu. Sebaiknya ditanyakan langsung ke petugas Samsatnya.

    BalasHapus
  44. kebetulan bgt STNK sya hilang sudah 5 hari, trus tanggal 28 Mei 2010 ini pajaknya juga habis, ini bgm ya prosedurnya?? buat STNK baru dulu atau sekalian byr pajak? klo sekalian byr pajak gmn prosedurnya ya? kira2 selesainya berapa jam? tks banyak atas infonya yg sangat membantu saya yg sedang benar2 kebingungan.

    BalasHapus
  45. Langsung saja diurus. Seharusnya sih bisa sekalian bayar pajak dan urus STNK hilangnya. Prosedurnya tidak jauh berbeda dengan yang di atas. Itu saja yang bisa saya sampaikan. Semoga bisa membantu.

    BalasHapus
  46. saya adalah pengguna sepeda motor wanita yg sedang kehilangan STNK, besok rencananya saya akan ke Samsat u/ mengurus ini setelah membaca petunjuk dr bapak, yg jd pertanyaan saya adalah :apa betul harus diiklankan dulu ke koran kalo STNK hilang??? Kira2 dipersulit kah dalam proses ini??? atau bapak bisa kasih saya referensi dg siapa nanti disana sy mengurusnya??

    Atas bantuan Bapak, saya ucapkan banyak terima kasih.

    BalasHapus
  47. Saya urus di Samsat daerah Tangerang (dulu tepatnya di Cikokol). Saya sendiri tidak pernah mengiklankan STNK saya yang hilang di koran. Saya urus sendiri semuanya; mulai dari mengurus surat keterangan hilang sampai mengurus STNK-nya; tidak pakai biro jasa, calo, atau referensi siapa pun.

    Semoga pertanyaannya terjawab.

    BalasHapus
  48. makasih boz ni hari q juga lagi bingung krn stnk motor q ilang.... setelajh baca artikel ni jadi jelas deh mau ngapain entar......
    Urus aja semuanya sendiri
    BrAntas MaFia Caloo....

    BalasHapus
  49. mas stnk saya baru aja ilang, nah kebetulan saya sudah ganti ktp jadi alamatnya beda ma stnk dan belum sempat mutasi eh stnk hilang duluan itu gmn mas? thx before

    BalasHapus
  50. @juli:
    Maaf, saya tidak bisa bantu untuk kasus itu.

    BalasHapus
  51. aslmkm,,bagian pengesahan BPKB ntu selain di polda metrojaya dmana aj mas???

    ngurusnya harus di daerah kantor samsat yang tertera di BPKB ya???

    trims,,,

    BalasHapus
  52. Wa'alaikumsalam.

    Yang saya tahu, untuk daerah Bekasi dan Tangerang harus ke Polda Metrojaya untuk pengesahan BPKB. Untuk Depok atau Bogor saya kurang tahu.

    Untuk pengurusan STNK hilang harus di Kantor Samsat yang sesuai dengan daerah masing-masing. Setahu saya urusan STNK -entah itu membuat atau memperpanjang- memang harus di Kantor Samsat daerah masing-masing.

    BalasHapus
  53. Saya mau tanya nih,,,,KTP baru saya jg hilang, hanya ada foto copy dan KTP yang sudah tidak berlaku lg apakah bisa pakai ktp tersebut atau pakai pasport bisa tidak untuk mengganti ktp.

    BalasHapus
  54. Kalau berdasarkan prosedur, seharusnya @Alsss urus dulu KTP yang hilang. Setelah itu baru mengurus STNK yang hilang dengan KTP yang baru itu.

    BalasHapus
  55. Maaf mas Amir, mengutip pertanyaan Alsss : apa harus menunjukkan ktp asli?, fotokopi-nya saja apa tidak bisa?

    BalasHapus
  56. Iya. Setahu saya begitu. KTP digunakan untuk verifikasi identitas yang tercantum di BPKB. Untuk melakukan itu, KTP asli yang harus disertakan dan tidak bisa hanya dengan fotokopinya.

    BalasHapus
  57. maaf mas amir...
    klo stnk sya ilang lapor ma kapolsek pa ke samsat. ?
    trus ke bagian apa. ?

    BalasHapus
  58. maaf mas amir...
    klo stnk sya ilang lapor ma kapolsek pa ke samsat. ?
    trus ke bagian apa. ?

    BalasHapus
  59. @rudi:
    Ke Polsek untuk bikin surat keterangan hilang setelah itu ke Samsat untuk mengurus STNK yang hilang. Surat keterangan hilang yang dibuat di Polsek itu diperlukan saat mengurus di Samsat.

    BalasHapus
  60. oh..
    trus ke samsat ke bagian apnya?
    n kira2 brapa duit pmbuatan stnk baru?
    1lgi ntr nomor polisi nya gnti apa msih yg lm?
    mav bnyk tnya..

    BalasHapus
  61. 1. Prosedurnya dimulai dengan cek fisik. Kamu bisa mulai dengan membawa kendaraan kamu ke bagian cek fisik. Selanjutnya ikuti saja prosedur yang saya paparkan di atas.

    2. Mengenai biaya juga sudah saya jelaskan di atas. Total biayanya 80 ribu rupiah, tapi angka itu hanya berupa rujukan saja. Mungkin realita di lapangan agak berbeda.

    3. Nomor polisi tidak berubah. Kita tetap akan menggunakan nomor polisi kita yang lama.

    Semoga membantu.

    BalasHapus
  62. Saya kehilangan STNK 2 hari yg lalu, tp saya belum laporkan kejadian ni dgn polisi ..BPKB saya lgkp mas, tp apa ia ngurus sndiri itu kluarnya smpai berbulan-bulan?? saya d tawarin sm calo dia cm minta 100 ribu aja, saya di Balikpapan Kalimantan Timur mas.. kira2 kalo urus sendiri lama ga ya proses jd nya STNK?? thanks

    BalasHapus
  63. Pengalaman saya mengurus sendiri hanya membutuhkan waktu 2 hari. Itu pun karena saya harus ke Polda Metro Jaya di hari pertama untuk mengurus pengesahan BPKB. Kendaraan saya masih dalam kredit jadi BPKB yang asli ditahan oleh pihak penyedia jasa kredit. Jadi kalau BPKB saya lengkap dan persyaratan urus STNK hilang juga lengkap, saya yakin dalam waktu 1 hari urusan STNK hilang itu bisa selesai.

    Hanya saja beda Samsat bisa jadi beda kebijakan. Samsat tempat saya mengurus STNK hilang itu memang menolak calo dan menyarankan setiap orang mengurus STNK-nya sendiri. Jadi prosedurnya pun teratur dan mudah. Kalau di tempat lain mungkin kondisinya berbeda.

    Lebih baik lihat dulu kondisi Samsat setempat. Kalau memang kondusif, kenapa harus melalui calo? Di Samsat tempat saya mengurus STNK itu bahkan ibu-ibu pun tak segan mengantri sendiri. Semuanya serba teratur dan mudah.

    BalasHapus
  64. Mas Amir, saya juga kehilangan stnk mobil, dan kondisinya sih saya sedang mau ambil kertas untuk identifikasi nomor rangka dan mesin, lalu saya juga pegang BPKB asli.

    Paling yang akan saya lakukan sekarang itu bikin surat hilang, kemudian menggesek nomor mesin dan rangka di kertas khusus tersebut, baru nanti mau diurus di samsat.

    Saya kehilangan STNKnya di Bandung, tapi nomor mobil saya, BPKB, dan STNKnya alamat Jakarta. Berarti harus saya urus di Jakarta kan?

    Selain itu, untuk pengurusannya di Samsat Jakarta, apakah dapat diwakili, atau harus saya sendiri yang ada di Samsat?

    BalasHapus
  65. Maaf sekedar tanya, kalau Jakarta Pusat Samsat utk pengurusan STNK hilang itu di Daan Mogot atau Komdak ya ?

    Thanks

    BalasHapus
  66. @Danu:
    Iya, mengurus STNK hilang itu harus di Samsat tempat STNK itu diterbitkan pertama kali. Untuk mengurusnya dapat diwakili oleh orang lain; tidak harus diurus sendiri.

    @Agus:
    Untuk lokasi Samsat daerah Jakarta Pusat saya kurang tahu. Maaf sebelumnya.

    BalasHapus
  67. mas amir, kemarin tgl 18 agustus, saya ngurus stnk saya yang hilang, tpi yg ke kantor samsat ( samsat cibinong ) bukan saya tpi temen saya. waktu saya tanya, prosesnya tidak semudah yg mas amir alami. temen saya diminta biaya sbesar 850 ribu belum termasuk pajak. dan satu yang paling ribet itu, kata pak polisi harus memasang iklan dulu dikoran sbnyak 3 kali, apa benar sperti itu?
    jadi stlah saya baca pengalaman mas diatas, saya seperti nggak percaya bisa semudah itu.

    BalasHapus
  68. Persyaratan, prosedur, dan biaya pada tulisan di atas saya ambil berdasarkan pengalaman dan informasi yang saya dapatkan di kantor samsat tempat saya mengurus STNK hilang. Saat itu saya mengurus STNK hilang di Samsat Tangerang.

    Sebelumnya pernah juga ada yang menanyakan masalah pasang iklan di koran sebanyak 3 kali itu, tapi saya sendiri tidak mengalaminya. Jadi saya berasumsi masing-masing Samsat punya aturan main sendiri.

    Maaf sebelumnya kalau tidak banyak membantu.

    BalasHapus
  69. Wah makasih gan...info nya..ane minta ijin save

    BalasHapus
  70. mv mas mengganggu, saya mau tanya ni mas kebetula saya juga kehilangan stnk.
    gini mas ni mah ceritanya motor saya kan tadinya oper kredit trus diatas kn persyaratannya harus ad KTP dari pemilik kendaraannya kebetulan saya tidak tahu soalnya kendaraan tersebut dibeli sama bapak saya klau kya gtu bisa g mas tp tanpa ada KTP dari pemiliki kendaraan tersebut kalau BPKB ad sih....
    kalau kya gtu bisa g mas & biayanya lebih mahal atau tidak mas....?????

    BalasHapus
  71. Kalau berdasarkan prosedur yang saya tahu seharusnya Mas asep perlu mengurus surat keterangan domisili sebagai pengganti KTP yang hilang itu. Dokumen tersebut wajib disertakan untuk pemeriksaan BPKB. Prosedurnya yang saya tahu seperti itu.

    BalasHapus
  72. nanya dong om amir..
    Cek fisik kendaraan itu, kita bawa motor / mobilnya ya??biar d periksa no2 serinya??
    (fotokopi stnk tidak ada)

    BalasHapus
  73. Cek fisik kendaraan harus membawa kendaraannya untuk mendapatkan data nomor mesin dan nomor rangka kendaraan terkait.

    Fotokopi STNK yang hilang tidak ada? Sepertinya persyaratan yang satu ini tidak wajib. Yang penting adalah BPKB dan KTP orang yang tercantum dalam BPKB itu.

    Semoga membantu.

    BalasHapus
  74. thx mas amir..bener biaya'y juga = 80 rebu + biaya perpanjang stnk..tp yg menawarkan u/ maen samping justru dari polisi sendiri.(mengecewakan)

    BalasHapus
  75. Sama-sama. Senang bisa membantu.

    Memang masih ada oknum polisi yang cari sampingan. Alhamdulillah di Samsat daerah saya tidak pernah saya temukan oknum seperti itu. Semoga memang tidak ada. :)

    BalasHapus
  76. Nice info...
    thx'z Gan,,
    kebetulan besok ane mau ngurus STNK motor yang iLang ke Samsat...

    BalasHapus
  77. Senang bisa membantu. Semoga urusannya gak dipersulit sama oknum-oknum di Samsat. :)

    BalasHapus
  78. mas,, saya kehilangan stnk 6hr yg lalu...
    tp saya belum mengurusnya karena saya masih cari2 tau infonya...
    motor itu baru 2bln dan belinya kredit...
    nah klo kredit kan belum dpt bkpb gmn ngurusnya ya ??
    klo surat keterangan polisi apa boleh diwakilkan atau harus a/n yg di stnk itu ??
    thanks before...

    BalasHapus
  79. Untuk kendaraan yang masih kredit perlu mengurus Surat Keterangan Pengesahan. Prosedur untuk mengurus Surat Keterangan Pengesahan ada di atas.

    Surat keterangan hilang itu setahu saya mencantumkan data pribadi pelapor, tapi data ini seharusnya tidak relevan. Yang penting tercantum dalam surat keterangan hilang itu tentunya data barang yang hilang itu sendiri. Walaupun begitu, saya pribadi tetap menyarankan sebaiknya surat keterangan hilang itu diurus sendiri oleh orang yang mengalami kehilangan.

    BalasHapus
  80. kaluw copy stnk gak ada gmn?

    BalasHapus
  81. Saran saya coba urus saja. Sepertinya fotokopi STNK yang lama itu bukan syarat mutlak dan tidak berlaku umum.

    BalasHapus
  82. wah makasih sekali mas, sangat bermanfaat!
    saya remaja 17 tahun, jadi istilahnya blm tau apa-apa tntang hal beginian. terimakasih mas, mudah"an mas selalu dimudahkan dlm mnghadapi brbabgai masalah, sperti orang" yang mrasa trbantu dgn pngalaman mas ini :)

    BalasHapus
  83. Aamiin. Terima kasih atas apresiasi dan doanya. Saya senang bisa membantu.

    BalasHapus
  84. Wah berarti ane kena boong OKNUM POLISI SAMSAT Ciledug dung masa STNK motor kena 350rebu(tapi ga ribet sih terima beres duang tapi kl dihitung" lumayan kan lebihnya) dasar deh polisi masih aja menyulitkan dan memnberatkan seseorang dengan uang yg diminta........................!

    BalasHapus
  85. Baekati Suratman14 Oktober 2010 17.50

    Mohon Terima Kasih sebelumnya,saya cuma mau tanya mas saya kehilangan STNK mobil sedangkan pajak STNK sudah mati 2th batas akhir th 2012 dan STNK dan BPKB atas nama orang lain yang sudah pindah rumah ga jelas, bisakah saya urus duplikat STNK nya tanpa balik nama BPKB dan tanpa bayar pajak yang mati 2th, mobil baru beli 3 bulan ini mana lagi cekak nih mas ,pusiiiing,banyak berkahnya saya doakan,amin

    BalasHapus
  86. @Baekati Suratman:
    Kalau sesuai prosedur sih bakal repot, Mas. Pas urus STNK hilang nanti pasti ditanya soal KTP orang yang namanya tercantum di STNK dan BPKB. Terus pas diproses urusan administrasinya, pasti keliatan utang pajak dan dendanya. Alhasil pasti ditagih semua utang pajak dan dendanya sebelum STNK-nya bisa diambil. Dalam kasus ini saya tidak bisa banyak membantu. Maaf sebelumnya.

    BalasHapus
  87. mas, mau nanya.
    saya beli motornya di ponorogo, tetapi karena saya kuliah di surabaya saya bawa tu motor di sby yang kebetulan kemarin stnknya hilang. apa saya harus mengurusnya ke polsek dan samsat ponorogo? atau bisa di surabaya? atau ada petunjuk lain.

    karena kalau bawa motor antarkota tanpa STNK bisa2 kena tilang banyak.

    maksih.

    BalasHapus
  88. @adib nur ikhwan:
    Jangankan beda kota, Mas. Beda samsat dalam satu kota aja gak bisa urus STNK hilang. Memang setahu saya urus STNK itu harus di samsat tempat STNK itu diterbitkan. Mungkin Mas Adib bisa balik ke Ponorogo dengan kendaraan umum untuk mengurus STNK yang hilang itu. Kalau tidak sempat mungkin bisa minta tolong kerabat di Ponorogo untuk mengurusnya. Mengurus STNK itu bisa diwakilkan siapa saja. Yang penting persyaratannya disiapkan dengan lengkap.

    BalasHapus
  89. mas STNK saya ilang, bulan puasa kemarin

    nah niatnya ahir bulan saya mau urus2 tuh, tapi saya sempet shock juga karena biayanya sampe 800rb, saya baca2 disini gak sampe 200rb an,
    saya baru nanya temen2 sih, mungkin aja itu kerja nya calo2...

    motot saya beli di sukabumi dan mengurus di samsat sana...mungkin gak biayanya segede itu??

    makasih..

    BalasHapus
  90. Kalau masalah biaya sih setahu saya gak jauh dari yang di atas, Mas. Setahu saya biaya di atas itu biaya resmi. Seharusnya sih tidak jauh berbeda untuk setiap Samsat.

    BalasHapus
  91. Pak Amir yg baik,
    Apakah untuk dapat Surat Keterangan Pengesahan BPKB di Polda harus cek fisik yg di legalisir dulu pak ? Infonya di sini www.lantas.metro.polri.go.id/informasi/index.php?id=3.
    Terma kasih ,

    BalasHapus
  92. Terakhir kali saya urus Surat Keterangan Pengesahan itu saya tidak butuh cek fisik. Mungkin peraturannya sudah berubah.

    Maaf kalau kurang membantu.

    BalasHapus
  93. stnk saya hilang, saya sdh dapat surat keterangan dari lising, surat kehilangan dari polsek. Tapi ternyata BPKB saya belum diterima oleh lising, ada pernyataan di surat keterangan lising. Pertanyaan saya, perlukah saya mengurus Surat Keterangan Pengesahan BPKB. Motor belum 1 bulan dari dealer.

    BalasHapus
  94. Surat Keterangan Pengesahan BPKB tetap perlu diurus. Yang memungkinkan Surat Keterangan Pengesahan BPKB itu tidak diurus hanya bila BPKB itu ada di tangan kita.

    BalasHapus
  95. Mas saya mo tanya:
    1. STNK motor saya hilang dri 1 minggu yg lalu tapi saya blom ngurusin sampe skrg menurut mas bisa terjadi msl ngk?
    2. Motor saya kan masih kredit apakah saya harus laporkan ke lising dan lising yg ngurusinya? atau bisa kita urus ke samsat lansung?Tks

    BalasHapus
  96. 1. Maksudnya dalam membuat Surat Keterangan Hilang dari kepolisian ya? Seharusnya tidak ada masalah.
    2. Kendaraan yang masih kredit itu BPKB-nya ditahan pihak leasing. Jadi kita harus kontak pihak leasing untuk minta fotokopi BPKB yang dilegalisir. Fotokopi BPKB yang dilegalisir itu diperlukan untuk membuat Surat Keterangan Pengesahan BPKB. Ini sudah saya jelaskan di atas. Selanjutnya kita bisa urus sendiri. Setahu saya pihak leasing pun bisa diminta bantuan mengurus STNK kita yang hilang, tapi harga jasanya tidak jauh beda dengan harga calo.

    BalasHapus
  97. Mas tadi malam saya ke kantor polisi minta surat keterangan hilang tapi polisinya malah minta keterangan dari lising seperti legalisir BPKB itu, baru bisa kantaya bikin keterangan hilang STNK?
    Gimana ya?

    BalasHapus
  98. Terus terang waktu STNK saya hilang, saya bisa langsung minta surat keterangan hilang tanpa harus ke leasing dulu. Tapi kalau petugasnya bilang begitu terpaksa dituruti. Mungkin prosedurnya beda di masing-masing kantor.

    Semoga urusannya lancar.

    BalasHapus
  99. maaf mas,,mau ikutan nanya juga nich' untuk kepengurusan stnk yg hilang apa harus bawa bpkb yg aslinya?cz mslhnya bpkb sy lg di sekolahin dulu{maklum lg perlu dana bt ke rmh skt} trz pajaknya mati dah 5bln mas? terimakasih atas informasinya semoga kesehatan dan keselamatan slalu melindungi keluarga mas amir AMIN

    BalasHapus
  100. Setahu saya untuk BPKB yang masih "sekolah" itu statusnya sama dengan BPKB kendaraan yang masih kredit. Minta fotokopi BPKB dan surat pengantar dari tempat BPKB itu disekolahkan. Lanjut dengan membuat Surat Keterangan Pengesahan seperti dijelaskan di atas.

    Kalau untuk pajak yang mati, kemungkinan akan dikenakan denda saat mengurus STNK yang hilang itu. Ini tidak mungkin dielakan.

    Itu saja dari saya. Semoga membantu. Maaf sebelumnya karena telat balas.

    BalasHapus
  101. Mas kalo urus STNK hilang itu sampe jutaan tidak? mohon jawabannya thanks

    BalasHapus
  102. Seharusnya tidak, Mas Anonim. Di tahun 2008 saya sendiri urus STNK hilang cuma keluar uang 80 ribu. Sepertinya gak mungkin sampai jutaan.

    Maaf telat balas.

    BalasHapus
  103. Mas amir, mau nanya,

    saya mau urus ilang STNK motor bebek plat nomer jakarta,
    tapi motor saya sekarang lagi di bandung,

    bisa diurus tanpa harus ada motornya ga sih?
    terus ini yang penting, saya kan tinggal di depok, kalo ngurus di samsat depok bisa ga ya atau harus ke samsat DKI?

    trims

    BalasHapus
  104. Prosedurnya (sebagaimana tertera di atas) itu motor harus dibawa untuk cek fisik kendaraan. Urusnya harus di Samsat yang sama dengan Samsat yang menerbitkan STNK.

    Semoga membantu.

    BalasHapus
  105. Kemarin STNK saya hilang, prosedur pengurusannya gampang kok..cuma satu hari
    biaya yg dikeluarkan
    1.cek fisik = 30rb pungli
    2.pendaftaran = free
    3.cek komputer/blokir = 5rb pungli
    4.cek pajak = 5rb pungli
    5.cetak surat keterangan hilang = 40rb pungli
    6.regsitrasi di BBN II = 40rb pungli
    5.pembayaran pajak admn stnk hilang = 52rb (2rb pungli org pemda)

    total = 172rb, padahal biaya resmi cuma 50rb lho!
    oh ya..jika stnk yg hilang bukan atas nama kita, langsung dibalik nama saja, prosedur sama seperti diatas, bedanya cuma ada penulisan BPKB aja di Polda

    untuk samsat, tidak harus di tempat penerbitan stnk, kendaraan saya Plat Jakpus, bisa diurus di samsat Jakut. yg penting masih satu Polda aja ;)

    BalasHapus
  106. Terima kasih atas komentarnya. Informasinya sudah saya cantumkan sebagai update di post ini. Mudah-mudahan bisa lebih bermanfaat.

    BalasHapus
  107. Pak Amir, saya mu nanya
    saya mu bayar pajak mas, terus KTP saya abis masa tenggangya, kemudian saya perpanjang, dan ternyata ada kesalahan dalam penulisan alamatnya. apkh sy bs membayar pajak dengan menggunakan KTP tersbut?

    BalasHapus
  108. mas amir, kalau legalisir/pengesahan Copy BPKB di polda syaratnya cuma yang mas amir sebutkan aja ya?soalnya saya rencananya baru mau buat SURAT KETERANGAN HILANG dari POLSEK setelah mendapat pengesahan/legalisir Copy BPKB di POLDA.

    BalasHapus
  109. maksud saya diatas itu, apakah ketika meminta pengesahan BPKB, pihak POLDA meminta SURAT KETERANGAN HILANG STNK dari POLSEKnya atau tidak?

    BalasHapus
  110. @Anonim 1:
    Untuk masalah perbedaan alamat antara BPKB dan KTP, saya kurang tahu bisa langsung dipakai untuk urus pajak atau tidak. Kalau saya pribadi menyarankan sebaiknya alamat KTP itu diperbaiki dulu, karena KTP itu kan dipakai untuk banyak hal dan bukan hanya urus STNK saja.

    @Anonim 2:
    Setahu saya untuk pengesahan/legalisir BPKB itu tidak butuh Surat Keterangan Hilang. Surat Keterangan Hilang itu hanya diperlukan saat mengurus STNK yang hilang.

    BalasHapus
  111. kalo di bandung gmn tah? mudah2an sama

    BalasHapus
  112. Kemungkinan besar sama. Setahu saya yang saya paparkan di atas itu adalah prosedur standar pengurusan STNK hilang. Berdasarkan informasi dari beberapa pihak, termasuk komentar-komentar di tulisan ini, prosedur standar masih sama.

    BalasHapus
  113. mas,mau tanya..kalo yg hlg tu stnk nya motor kantor (ber-plat nomor merah) itu gimana mas??dstu kn ats nama kantor,bukan perorangan..
    Terimakash atas bantuannya..

    BalasHapus
  114. mas amir saya mau nanya..
    stnk pengganti stnk saya yg hilang nanti itu ahir periode pajaknya mengikuti stnk lama atau atau dapat periode yg baru?
    terima kasih..

    BalasHapus
  115. Maaf telat balas. Periode pajaknya mengikuti STNK yang hilang.

    BalasHapus
  116. bang amir , saya nau tanya , kalo buta daerah bandung gmana iia ??
    soal.a saya stay d.bandung ..
    mw ngurusin stnk yg hilang.a gmana ??

    BalasHapus
  117. Saya juga buta daerah Bandung, tapi prinsipnya kan cuma bikin surat keterangan hilang di polsek terdekat dan urus stnk-nya di samsat setempat.

    Maaf kalau kurang membantu.

    BalasHapus
  118. kalo mutasi kira kira berapa yah biayanya
    saya mutasi dari tangerang kabupaten ke daerah cakung pulogebang-cakung (jaktim )
    trus kira'' berapa yah biayanya..terima kasih atas bantuannya

    BalasHapus
  119. Saya tidak punya informasi tentang proses mengurus mutasi kendaraan.

    Maaf sebelumnya.

    BalasHapus
  120. Mas stnk motor saya ninja 250R hilang.
    denger2 hrus ngurus surat A dulu??
    bagaimana cara proses mengurusnya??
    dan kira2 administrasinya habis brapa???
    trima kasih....

    BalasHapus
  121. Saya aja baru tau kalau ada "surat A" itu. Yang saya tahu kalau STNK hilang itu cukup mengurus surat keterangan hilang.

    Maaf sebelumnya kalau kurang membantu.

    BalasHapus
  122. mau tny mas,brarti klo kita ndak pnya fotokopi stnk gpp yah asal ada bpkbnya? dan kalau kendaraannya msh kredit BPKB bisa minta surat pengantar dari tmpt kredit terkait?

    BalasHapus
  123. @susiani:
    Betul. Fotokopi STNK yang hilang bukan syarat mutlak. Yang penting ada BPKB. Kalau BPKB masih ditahan di tempat kredit, siapkan fotokopi BPKB dan surat pengantar dari perusahaan kredit terkait. Selanjutnya ke Polda Metro Jaya (atau instansi lain yang berwenang) bagian pengesahan BPKB untuk mendapatkan Surat Keterangan Pengesahan. Nanti Surat Keterangan Pengesahan ini yang dipakai sebagai pengganti BPKB saat mengurus STNK yang hilang.

    BalasHapus
  124. makasi gan infonya... :-)

    BalasHapus
  125. mas mau naya' ni,,
    stnk saya ilang, masalah'y saya beli moto ini udh tangan ke 3,,
    dan g ada foto copi dari pemilik awal, sedanfkan nama di bpkbnya masih nama pemilik awal,,
    jadi ngurus'y gmn mas,,,
    saya dimalang,,,

    BalasHapus
  126. Maaf sebelumnya. Untuk kasus di atas saya tidak bisa membantu karena setahu saya melibatkan proses mutasi.

    BalasHapus
  127. Mas Amir,,saya juga kehilangan stnk.Pa perlu terlebih dahulu kita masang iklan d radio dan surat kabar ya..Tlong djwab ya mas.
    Makasih

    BalasHapus
  128. Untuk masalah pemasangan iklan itu informasinya agak simpang siur. Sebelumnya sudah ada yang menanyakan hal ini. Saya pribadi tidak pernah memasang iklan di radio atau surat kabar. Dan selama saya mengurus STNK saya yang hilang, tidak ada satu petugas pun yang menanyakan/menghimbau pemasangan iklan seperti ini. Jadi saya sendiri langsung mengurus STNK saya yang hilang tanpa memasang iklan kehilangan di radio maupun surat kabar.

    Semoga membantu.

    BalasHapus
  129. asslamualekum,,,
    kang saya mo nanya...kan akang bilang klo stnkny bukan atas nama kita, bsa kita balik nama...
    soalnya saya g ada ktp pemilik motor yang sebelumnya...jadi mohon untuk penjelasan lebih lanjut tentang balik nama stnk nya...
    terima kasih sebelumnya...

    BalasHapus
  130. Wa'alaikumsalam.

    Maaf sebelumnya. Saya tidak memiliki informasi untuk pengurusan STNK hilang yang memerlukan balik nama.

    BalasHapus
  131. mas klo BPKB msh kridet jdi kan blm di bwa sma pemiliknya sma fto copy stnk yg hilang tdk ada gmna tuh ngurusnya. .??

    BalasHapus
  132. Untuk BPKB kendaraan yang masih kredit harus mengurus Surat Keterangan Pengesahan terlebih dahulu. Prosedur mengurus surat ini sudah saya paparkan di atas.

    Fotokopi STNK yang hilang tidak menjadi syarat mutlak. Hal ini sudah saya tegaskan di bagian Update 20 September 2010.

    Semoga membantu.

    BalasHapus
  133. permisi pak saya mau tanya, wktu itu saya kehilangan stnk di bandung dan plat motornya E (cirebon):
    1. saya mau tanya apakah kalau cek fisik motor itu harus ada di cirebon? motor saya ada di bandung.
    2. apakah syarat fotokopi stnk itu wajib ?
    terimaksih sebelumnya

    BalasHapus
  134. 1. Setahu saya cek fisik itu harus di Samsat yang menerbitkan STNK. Dalam kasus Mas Anonim, cek fisik harus di Cirebon. Mengurus STNK hilang itu pun di Cirebon dan bukan di Bandung.
    2. Fotokopi STNK yang hilang tidak wajib ada.

    BalasHapus
  135. Mas mau tanya,, kalau foto copy STNK nya gag ada gimana yah?

    BalasHapus
  136. Untuk persyaratan ketiga, fotokopi STNK yang lama (hilang), sepertinya bukan syarat yang mutlak atau tidak berlaku umum. Bila fotokopi STNK tersebut tidak ada, saya rasa tidak akan menghambat proses pengurusan STNK yang hilang.

    BalasHapus
  137. sore pak... stnk saya hilang,motor msh kredit . yg dikasih dialer cmn pengantar surat kehilangan ke polisi, dan juga foto copi BPKB. pajak mati 1 tahun, gimana pak cara ngurus yang lebih gampang???

    BalasHapus
  138. Kalau jalur resmi sama saja dengan prosedur di atas. Resikonya harus bayar denda.

    BalasHapus
  139. mas jika fotokopi STNK aslinya ga ada gimana?
    dan semua biaya pengurusannya brapa?

    BalasHapus
  140. 1. Untuk persyaratan ketiga, fotokopi STNK yang lama (hilang), sepertinya bukan syarat yang mutlak atau tidak berlaku umum. Bila fotokopi STNK tersebut tidak ada, saya rasa tidak akan menghambat proses pengurusan STNK yang hilang.

    2. Total Biaya Pengurusan STNK hilang (dalam ribu Rupiah): 30 + 50 = 80

    Semuanya tercantum dalam tulisan asli dan update yang ada di atas.

    Semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  141. maaf ni mas saya kerhilangan stnk aku hialang, dipenjelasan di atas ada persyaratan fotokopy stnk lama ya,itu gak ada terus gmana?

    BalasHapus
  142. Update (20 September 2010)
    Untuk persyaratan ketiga, fotokopi STNK yang lama (hilang), sepertinya bukan syarat yang mutlak atau tidak berlaku umum. Bila fotokopi STNK tersebut tidak ada, saya rasa tidak akan menghambat proses pengurusan STNK yang hilang.

    BalasHapus
  143. stnk mobil saya uda 3 tahun tidak perpanjang pajak (case-nya mobil dipinjam, yg minjem kirain 5 tahun pdhl hrs diurus tiap tahun -_-), ada solusi ga mas? makasi ya..

    soalny dngr2 laporin aja stnk hilang, wew..

    BalasHapus
  144. Susah, Mas Anonim. Walaupun lapor STNK hilang, denda karena gak bayar pajak 3 tahun itu tetap harus dibayar. Saya gak bisa bantu apa-apa nih.

    BalasHapus
  145. kemarin stnk motor saya hilang, motor saya baru setahun kredit. cara prosedurnya gimana mas? trims..

    BalasHapus
  146. Sudah dijelaskan di atas. Termasuk prosedur untuk mengurus Surat Keterangan Pengesahan bila BPKB masih ditahan perusahaan pemberi kredit.

    BalasHapus
  147. mas amir punten nanya saya beli motor seken, ga ada ktp asli, itu bisa diurus ga sih mas? trims ya

    BalasHapus
  148. Setahu saya STNK sesuai BPKB itu mutlak. Itu saja yang saya tahu.

    Maaf kurang membantu.

    BalasHapus
  149. mas, Sebulan yg lalu STNK saya hilang.trs setelah saya urus untuk duplikatnya.prosedur2nya sudah dilakukan semua hanya kurang cek fisik.yang saya mau tanyakan apakah pengurusan duplikat itu tidak akan bs keluar kalo tidak ada BPKB asli sedangkan motor saya masih leasing.padahal saya dpt legalisir bpkb tp sepertinya masih susah.
    Mohon sarannya..Thx

    BalasHapus
  150. Kalau sudah dapat legalisir BPKB, seharusnya gak ada masalah.

    Semoga membantu.

    BalasHapus
  151. seblumnya saya berterima kasih atas informasi yg telah diberikan oleh Bapak Amir :beer:

    hari ini tepatnya tanggal 16/7/11 siang/sore hari STNK motor saya hilang, lalu saya telusuri jalan yg saya lewatin tetep ga ketemu (blom rejeki kali ya??)

    niat saya, mungkin besok saya baru akan mengurus untuk surat kehilangan di polsek terdekat, setelah saya liat2 syarat bapak Amir jabarkan, ada 1 yg saya tidak miliki, yaitu fotokopi STNK (yang hilang).

    1. Apakah akan menjadi hambatan untuk mengurusnya??
    2. kebetulan saya telat membayar pajak 1 tahun (tanggal tertera di STNK bulan May 2011) apakah ada perkiraan untuk biaya tambahan??

    FYI lokasi saya kebetulan di Tangerang, mudah2an nanti sesuai dengan informasi bapak Amir.

    Terima Kasih.

    BalasHapus
  152. Fotokopi STNK yang hilang tidak menjadi persyaratan mutlak sebagaimana saya cantumkan di bagian Update di atas.

    Untuk perkiraan biaya tambahan seharusnya ada. Biaya tambahan itu adalah biaya denda karena terlambat membayar pajak kendaraan. Nilai pastinya saya kurang tahu.

    Semoga membantu.

    BalasHapus
  153. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  154. wah ternyata sudah ada di Update mengenai Fotokopi STNK, maap pak kesalahan ada di saya :malu:

    oke pak, terima kasih (lagi) atas informasi dan reply nya :)

    BalasHapus
  155. tkas banget sangat bermanfaat.....moga lannggeng

    BalasHapus
  156. trimah kasih mas atas informasinya, ni sgat mmbntu sya

    BalasHapus
  157. mas, mf mau nanya lagi. .STNK motor dan SIM saya hilang.
    masalahnya:
    1. persaratanya kalau nama di BPKB tidak sesuai dengan nama saya gimana (maklum mas, beli motor bekas) bisa gak kalau pinjam dulu KTP ma yang punya motor pertama? terus, kalau sekalian oper nama kira2 kisaran biayanya berapa mas?makasi

    BalasHapus
  158. Kalau memang bisa pinjam KTP dengan pemilik motor pertama malah bagus, Mas (atau Mbak?) hagi. Yang penting itu kita mencantumkan KTP sesuai dengan identitas di BPKB. Kasarnya, kalau pun pemilik KTP itu sudah meninggal, KTP-nya masih bisa dipakai untuk urus STNK asalkan KTP-nya masih berlaku.

    Sekedar saran untuk kasus di atas. Kalau memang kita mau pinjam KTP orang lain, sebaiknya kita siapkan surat kuasa. Surat kuasa itu atas nama pemilik motor pertama (pemilik KTP) yang memberi kuasa ke Mas hagi untuk mengurus STNK-nya. Jadi, kesannya Mas hagi sekedar diberi kuasa membantu mengurus STNK. Saya yakin ini akan membantu; terutama di Samsat yang ketat terhadap calo.

    Kalau untuk BBN saya gak bisa langsung jawab. Biaya BBN itu tergantung dari beberapa faktor seperti tahun kendaraan dan mesin. Sebaiknya langsung tanya ke Samsat terdekat.

    Semoga membantu.

    BalasHapus
  159. makasi banget mas. .
    tapi mau nanya lagi, kira2 ngurus nya bisa selese pada waktu itu juga? terus selain biaya diatas udah jadi STNK duplikat, ada biaya tambahan lagi gak mas???
    di tunggu balasanya. .

    BalasHapus
  160. Kalau berdasarkan pengalaman saya sendiri, urus STNK hilang itu bisa selesai pada hari yang sama. Cuma untuk kasus saya butuh waktu lebih dari 1 hari karena saya harus ke Polda Metro Jaya untuk membuat Surat Keterangan Pengesahan.

    Untuk masalah biaya sih sesuai yang saya cantumkan di atas. Mungkin saja nominalnya berbeda karena biaya di atas itu berdasarkan pengalaman saya mengurus STNK hilang 3 tahun yang lalu (tahun 2008). Tapi untuk hal-hal yang harus dibayar sih kemungkinan sama.

    Semoga lancar urusannya.

    BalasHapus
  161. makasi banget mas. . .makasi udah bagi informasi n ngrespon pertanyaan2nya.makasi banget.

    amin. . .

    BalasHapus
  162. mas, saya kehilangan STNK 2 kali.. dan sekarang saya kehilangan lagi, saya mau tanya.. apakah waktu mengurus STNK hilang itu pake tanda tangan pemiliknya ato enggak ? masalahnya saya takut bilang papa saya, yang punya itu papa saya... saya coba diam-diam ngurus sendiri.. makasih..

    BalasHapus
  163. Setahu saya gak perlu tanda tangan pemilik. Yang penting itu KTP asli yang sesuai dengan BPKB. Mudah-mudahan lancar urusannya.

    BalasHapus
  164. oh ya, kalo surat keterangan dari RT setempat maksudnya gimana ?

    BalasHapus
  165. Surat keterangan yang menerangkan kalau kita memang anggota keluarga seperti yang tercantum dalam Kartu Keluarga (KK). Untuk yang ini kayaknya opsional deh. Soalnya untuk membuktikan kalau kita anggota keluarga kan cukup bawa KK dan KTP kita aja.

    BalasHapus
  166. brarti surat keterangan g perlu dong ? masalahnya umur saya 16 tahun.. apakah boleh saya mengurus sendiri.. soalnya saya takut bilang ke bokap kalo stnknya hilang

    BalasHapus
  167. Kalau gak ada KTP sih terpaksa urus surat keterangan dari RT setempat, rafael. Takutnya kamu dianggap calo kalau gak ada surat keterangan itu. Kalau petugas Samsatnya ketat, kamu bisa ditolak urus STNK itu.

    BalasHapus
  168. Iya, hanya itu saja. Good luck.

    BalasHapus
  169. mas, saya dari bekasi, kuliah di bandung, motor saya bawa bandung, nah stnk nya hilang, apa ngurusnya mesti di bekasi? bagaimana pas tes fisiknya mas? terima kasih

    BalasHapus
  170. Untuk urus STNK yang hilang tetap di Bekasi karena data kendaraan di Samsat yang satu biasanya tidak bisa diakses di Samsat yang lain. Jadi @desfan memang harus balik ke Bekasi untuk mengurusnya.

    Untungnya untuk cek fisik bisa dilakukan di Bandung. Kalau tidak salah istilahnya "cek fisik bantuan". Sayangnya saya tidak bisa memberikan informasi lebih lanjut soal cek fisik bantuan ini. Silakan @desfan kontak Samsat Bandung untuk masalah ini.

    Kalau memang cek fisik itu bisa dilakukan di Bandung, @desfan cukup membawa persyaratan yang saya sebutkan di atas ditambah dengan hasil cek fisik tersebut ke Samsat Bekasi untuk mengurus STNK yang hilang.

    Urus STNK hilang juga bisa diwakilkan seandainya @desfan tidak sempat kembali ke Bekasi. Cek persyaratan untuk mewakilkan pengurusan STNK hilang di atas.

    PS:
    Kalau memang bisa cek fisik di Bandung, mohon berbagi pengalamannya di sini. Terima kasih.

    BalasHapus
  171. mas,kalo ngurus surat kehilangan di polsek harus sampe diiklankan di koran 3 kali ya ? kalo ngurus surat kehilangan dan ngurus stnk itu totalnya berapa hari ?

    BalasHapus
  172. Masalah iklan ini sering ditanyakan ke saya. Setahu saya yang perlu diiklankan itu kalau BPKB yang hilang. Kalau hanya STNK yang hilang, tidak perlu diiklankan. Saya sendiri tidak memasang iklan apa pun saat mengurus surat keterangan hilang di polsek setempat.

    BalasHapus
  173. 3 minggu yg lalu sy kehilangan STNK, kemudian sy urus di SAMSAT cibinong bogor. di sana sy di beri formulir yng berisi 14 persyaratan, yg salah satunya harus pasang iklan 3 minggu berturut-turut, selain itu mash ada 13 persyaratan lg yang jika di urus hars kemana-mana, ke reskrim, ditlantas, polres, dll. akhirnya karena sy kelihatan frustasi ada oknum petugas menawari jasa dg harga 500 rb, kemudian sy berpikir karena kendaraan sy masih atas nama orang lain makanya mau sy mutasi sekalian. lg2 petugas menawari jasa dg harga 450 rb.
    mungkin itu nasib saya kali y. klo sy bc pengalaman bung amir, sangat2 beda sekali.
    mdh2an negara ini segera bersih dari oknum2 SAMSAT yg seperti di cibinong. aamiin

    BalasHapus
  174. stnk saya ilang , pajak telt 1 thn saya jg pindah rumah dari jakarta ke tanggerang bpkp saya masih dki jakarta tp ktp saya tanggerang gmn ya car urusnyaa mohon dibantuuu pakk ????????????

    BalasHapus
  175. - Setahu saya dalam kondisi seperti itu harus urus STNK hilangnya di samsat DKI Jakarta, Wan aboe. Selanjutnya tinggal urus pindah alamat dari DKI Jakarta ke Tangerang.

    - Kondisinya berarti KTP DKI Jakarta Wan aboe dah gak ada ya? Untuk kondisi seperti ini saya tidak punya informasinya. Yang pasti prosedur standar urus STNK hilang itu butuh KTP yang sesuai dengan BPKB. Coba tanyakan langsung saja ke samsat DKI Jakarta. Setahu saya tetap bisa diurus kok STNK hilangnya.

    - Untuk pajak yang telat itu bakal ditagih saat urus STNK hilang. Jadi kudu siap uang untuk bayar pajak dan dendanya.

    Semoga membantu.

    BalasHapus
  176. pak, mau bertanya nih, kalau STNK hilang mengurusnya bagaimana? masalahnya STNK hilang di malang karena motor dibawa ke malang untuk berkuliah, sedangkan nopolnya adalah nopol daerah gresik. STNK adalah atas nama ayah saya (beliau berada di gresik)
    apakah harus diurus semua di gresik, atau bisa diurus di malang saja?
    mohon balasannya pak

    BalasHapus
  177. Kondisi @pupud sudah pernah ditanyakan sebelumnya. Coba cek jawaban saya di sini: http://bagaimana-cara.blogspot.com/2008/09/urus-stnk-hilang.html?showComment=1315236182895#c7600114261278701390

    Intinya sih STNK hilangnya tetap diurus di Gresik, tapi cek fisiknya kemungkinan besar bisa dilakukan di Malang.

    Semoga membantu.

    BalasHapus
  178. Beberapa hari yang lalu STNK mobil saya hilang. Semua prosedur sudah saya lakukan. Tp ternyata STNK telah ditemukan oleh orang baik yang mengantarkannya ke rumah saya.
    Yang jadi pertanyaan, apakah saya mesti melapor kembali ke Polda karena kemarin saya ke Polda untuk buka Blokir BPKB (mobil masih cicilan - BPKB masih di pihak leasing)???

    BalasHapus
  179. Kalau sebatas Surat Keterangan Pengesahan BPKB saja, Anonim tidak perlu melapor kembali. Surat Keterangan Pengesahan itu, setahu saya, tidak memiliki fungsi apa pun selain mengesahkan bahwa fotokopi BPKB yang kita bawa itu memang sah. Jadi saya tidak merasa Anonim perlu kembali ke Polda untuk melapor.

    Kalau Anonim sudah terlanjur mendapat STNK pengganti, STNK yang lama (yang ditemukan dan dikembalikan oleh orang lain itu) disimpan saja. Gunakan saja STNK pengganti yang baru dibuat. Walau bagaimana pun, Anonim memang sudah melaporkan kehilangan dan mengurus STNK yang hilang itu secara resmi. Jadi, saya rasa tidak akan menjadi masalah kalau STNK yang lama itu tidak lagi digunakan.

    Itu saja dari saya. Semoga membantu.

    BalasHapus
  180. saya baru saja bikin stnk karena hilang,, saya harus bayar 480rb karena saya lewat biro jasa dan plat polisi saya diganti dengan yang baru.

    BalasHapus
  181. Plat nomor diganti dengan yang baru? Emang masa berlakunya habis ya? Kalau masih berlaku sih setahu saya cukup ganti STNK.

    BalasHapus
  182. makasih ya mas :)
    ini sudah setengah perjalanan ngurus, tinggal ke kasat lantas gresik, lalu ke samsat malang untuk cek fisik.

    nah yg saya bingung, nanti apa STNK nya keluar di malang atau di Gresik? krn jika saya baca2 kok STNK itu keluar saat cek fisik.. makasih :)

    BalasHapus
  183. Di Malang itu setahu saya hanya membantu cek fisik saja. Nantinya berkas cek fisik dari Malang itu pun perlu dibawa ke Samsat Gresik untuk mengurus STNK yang hilang. Jadi, STNK yang baru itu juga akan dikeluarkan di Gresik.

    Semoga lancar urusannya ya. Kalau berkenan, pengalamannya dituangkan di sini supaya informasi tentang urus STNK hilang ini menjadi lebih lengkap. :)

    BalasHapus
  184. mas saya mau tanyak,,saya tinggal di surabaya stnk saya hilang,kebetulan sepeda motor saya ber plat nomer B,n satu lg sepeda saya sepeda berplat merah,gimna ya mas caranya,saya bingung

    BalasHapus
  185. Prosedur dan persyaratannya sama saja dengan di atas. Perbedaannya untuk sepeda motor plat B, cek fisiknya bisa di Surabaya. Selanjutnya urus STNK-nya di Jakarta (tempat asal). Untuk yang plat merah, perbedaannya cuma persyaratan saja. Kalau untuk kendaraan pribadi itu perlu KTP, untuk plat merah butuh surat keterangan dari kantor (instansi terkait).

    BalasHapus
  186. aku baru aja kehilangan STNK, kayaknya ketinggalan d saku motor pas parkir d kampus. kalo mau ngurusin, lebih baik bikin STNK baru aja, atau ganti sekalian NOPOL'nya ya? soalnya takut STNK yg lama ditangan orang yg gk bertanggung jawab.
    kalo mau ganti NOPOL juga, prosedurnya gimana ya mas? saya bingung + cemas.

    BalasHapus
  187. Coba pasang pengumuman dulu. Siapa tahu ada yang berbaik hati dan mengembalikan STNK Anonim. Kalau tidak memungkinkan, coba saja urus STNK yang hilang itu. Setelah STNK yang baru sudah terbit, motornya segera dijual saja. Kalau untuk ganti NOPOL, saya belum bisa bantu. Saya tidak punya informasi perihal penggantian NOPOL.

    Maaf kalau kurang membantu.

    BalasHapus
  188. baru aja kmarin ane kehilangn stnk, ane bingung harus ngapain..tadi siang ane ke polres depok tapi berhubung motor ane masih kredit ane disuruh ke oto depok dulu buat minta poto copy bpkb sbg persyaratan katanya. yaudah ane berangkat kekantor oto, ternyata pas disana kantornya baru aja tutup, ane tanya sama satpam ttg proseddur ngurus stnk yg ilang..jawabannya ga memuaskan bgt, katanya besok lusa disuruh dateng lagi dan temuin dia katanya biar doi yang ngurus..dalem hati ane ngedumel..wah, calo nih..
    nah abis dari situ ane mampir ke spbu numpang solat, berhubung ane bawa laptop ane pikir knapa ga sekalian aja ane tanya sama mbah gugel, hasil penelusuran kebanyakan yang tampil dihalaman depan biro jasa semuan, tapi untung aja ane nemu blog ente diposisi 2 hal 1 gan..
    skrg ane tau apa yang harus lakuin besok, tentunya tanpa calo, syang syang duitnya lumayan bakal ngopi..
    thanks bgt gan blognya sungguh bermanfaat buat orang awam kya ane..

    BalasHapus
  189. Alhamdulillah. Senang kalau tulisan saya bermanfaat. Mudah-mudahan urusan STNK hilangnya lancar tanpa hambatan dan tanpa calo.

    BalasHapus
  190. Hi, mas Amir... Saya kemaren habis kejambret tas ama isinya termasuk stnk mobil. Yg mau saya tanyakan, klo sudah bayar pajak kendaraan bermotor apa wkt kita ngurus stnk yg ilang bakal disuruh bayar lagi? Kira2 apa biaya yg mas Amri cantumkan utk mengurus stnk mobil yg hilang itu sama seperti kasus saya? thx in advance

    BalasHapus
  191. Hi, Anonim.

    Pajak kendaraan gak perlu bayar lagi. Biaya yang saya cantumkan di atas itu tidak termasuk pajak tahunan kendaraan. Cuma biaya administrasi saja. Maaf kalau informasinya agak membingungkan.

    BalasHapus
  192. Dear Mas Amri,
    Thx a lot buat infonya... Keep up the good work, mas...

    BalasHapus
  193. Gan saya masih Kredit
    dan saya tinggal di medan
    (kota paling korup sedunia)
    nah menurut bapak gimana menyiasatinya,,

    oh ya mas saya ga punya FOTOKOPI stnk
    terima kasih

    BalasHapus
  194. Kalau kendaraan masih kredit, harus urus dulu Surat Keterangan Pengesahan. Prosedurnya sudah saya paparkan di atas. Dicoba saja dulu, Bang Anonim. Mudah-mudahan lancar.

    PS:
    Tak ada fotokopi STNK pun seharusnya tidak masalah.

    BalasHapus
  195. mas, izinkan saya bagi-bagi pengalaman.
    saya hagi,
    pada bulan juni sebelum puasa kemarin saya kehilangan dompet yang isinya sim, stnk dan surat berharga lainya.
    tapi saya baru ngurus stnk kemarin tanggal 10 n0v 2011.
    saya hanya bawa 3 persyaratan

    1.Identitas saya(karena KTP saya hilang, saya pake kartu pemilih)
    2.Surat Keterangan Hilang dari Polsek terdekat.
    3.BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) terkait.

    saya tidak mempunyai KTP sesuai dengan BPKB (orangnya sudah pindah)makanya saya gak bawa. .

    berikut proses n tarif nya hehe. .
    1. pergi ke cek fisik (folmulir rp 15.000)
    2. cari petugas cek pisik (infak 5000)
    3. ambil arsip, dibagian arsip. sekaligus bawa surat kehilangan di polres.di suruh foto copy BPKB,KTP,Surat hilang(administrasi rp.10000 + fotocopy 2000)disini di jelasin, katanya harus pasang iklan di koran, kalau mau bapak bisa bantu (jagan di dengerin)
    4. tanda tangan hasil cek fisik ma petugas nmr 1
    5. palkir 1000
    . arsip/berkas udah di tangan.dari SAMST pergi ke POLRES untuk bikin berita acara bawa arsipnya, tanya-tanya ma pak polisi mw bikin brita acara dimana. klw ada yang baik hati ntr di anter ke ruanganya.bikin brita acara GRATIS,dikasih uang juga gak di terima.
    6. berita acara selese, bawa arsip tadi+berita acara. disuruh ke dua ruangan lagi, ruangan satu saya lupa lagi, ruangan satunya lagi di lakalantas kalaw gak salah. disana cuma nandatanganin arsip. (sodakoh 10000)
    7. pergi ke samsat lg, PALKIR GRATIS
    8. setelah di samsat, arsip yang tadi di serahin ke loket khusus. saya bilang "pak, mw ngurus STNK langsung mw di BBN atas nama saya" duduk dulu yang manis, ntr di panggil.
    9. ceritanya lg di panggil "pak polisi bilang, STNK Hilang trus mw di BBN ya??iya pak. .sambil megang kalkulator pak polisi bilang lagi biaya semuanya Rp. 662.000 rupiah. okeh, saya menyetujuinya. langsung di suruh beli materai ma kwtansi dulu. katanya buat formalitas BBN tadi (kwtansi 200+materai 7000)
    10. udah dapet materai n kwtansi balik lagi ke loket khusus. tulis, tulis, tulis, "nah, bawa ini (Arsip) ke polres, ke bagian BPKB. ini biayanya smbl ngash rp. 150.000. jadi uang yang 662000 itu, di kembaliin lagi 150.000.
    11. palkir 1000, go to polres
    12. sampe di bagian BPKB kasih arsip tadi, n tunnggu di panggil.disini di tanyaain, mana KTP. saya bilang hilang jd pk kartu pemilih. biaya nya 150.000 (uang yang tadi)
    13. BPKB bisa di ambil 1 minggu lagi(jagan lupa arsip n isiny cek lagi)
    14. Slese. go to SAMSAT.
    15. balik lagi ke loket khusus, kasih arsip yang tadi.n tunggu arsip kita sdng di proses+STNK atas nama saya." TAMAT "

    BalasHapus
  196. " nah, keuntungan yang saaya dapat"
    1. BPKB atas nama saya
    2. plat nomor baru tadinya habis 05-13 jadi 10-16(diambil sekitar 1 bulanan)
    3. pajak STNK nya juga ganti tadinya kalau gak hilang STNK harus bulan mei 2012 jadi 10 november 2012, jadi bulan mei gak usah majeg lg.
    semoga bermanfaat. .

    BalasHapus
  197. Terima kasih sudah berbagi pengalaman, Mas Hagi. Kalau bisa sekalian diinformasikan mengurusnya di daerah mana. Kadang beda daerah itu beda kebijakan. Contohnya Mas Hagi sendiri harus bolak-balik Samsat-Polres, sementara saya sendiri cukup mengurus di Samsat. Memang sih saya sempat ke Polda Metro Jaya, tapi itu hanya untuk mengurus Surat Keterangan Pengesahan BPKB untuk kendaraan saya yang masih kredit.

    Terima kasih sekali lagi. :)

    BalasHapus
  198. salam bang Amir,saya baru hari ini tersadar stnk kendaraan saya hilang. biasanya saya selalu tarok ditempat biasa karna saya bawa kemana mana dan stnk itu selalu saya tarok bareng sama surat surat lain kaya sim, ktp, dan atm. tapi terakhir saya cek stnk saya aja yang gak ada didompet saya. saya panik naujubilah sampe akhirnya baca postingan ini dan agak tenang tapi belum lega. karna yang saya baca dari postingan lain ngurus stnk mahal sampe 600ribuan.

    tadi saya baca kalo belum balik nama harus diurus dulu. nah kebetulan ini kendaraan sebenarnya punya orang yang ngutang sama abang saya tapi saya pake terus. kira kira bisa gak yah diurus balik namanya, karna saya juga takut nih bang, ngaku ke abang saya. makasih sebelumnya mohon segera direspond. :)

    BalasHapus