Tips Memanfaatkan Blog Ini

  1. Perhatikan tanggal penulisan dan tanggal update artikel. Semakin baru tanggal-tanggal ini, semakin valid informasi yang tercantum.
  2. Harap membaca komentar-komentar terkait sebelum bertanya; bisa jadi hal yang ingin Anda tanyakan sudah terjawab.
  3. Bagian komentar di blog ini sudah ditutup karena blog ini tidak lagi dikelola secara aktif. Komentar dan pertanyaan lebih lanjut dapat disampaikan lewat akun Twitter @asyafrudin.

Kamis, 11 November 2010

GTalk Group Chat (Chat Rooms)

PEMBERITAHUAN
Penulis tidak lagi menggunakan layanan Partychat. Untuk menghindari terjadinya kesalahan informasi dalam tulisan ini, Penulis memutuskan untuk menutup fitur komentar dan tidak lagi menerima pertanyaan terkait tulisan ini.

Chat rooms adalah satu fitur yang, sampai saat tulisan ini ditulis, belum tersedia pada Google Talk (GTalk). Oleh karena itu pengguna GTalk perlu mencari alternatif lain untuk menggunakan chat rooms. Salah satu alternatif tersebut adalah dengan menggunakan layanan Partychat. Partychat memungkinkan kita menggunakan GTalk untuk membuat chat rooms dan bergabung dengan chat rooms yang sudah ada.

Pembuatan chat rooms dapat dilakukan dengan dua cara:
  1. Kita sign in ke dalam akun Google/Gmail kita, kemudian masuk ke http://partychapp.appspot.com/. Di halaman tersebut, klik tombol Create new room. Pada form yang muncul, isi Room name, pilih Room type, dan isi alamat email orang-orang yang ingin kita ajak bergabung di chat room kita. Setelah itu klik tombol Create. Pada GTalk kita, muncul akun roomname@partychapp.appspotchat.com yang bisa langsung kita gunakan untuk chatting (roomname disesuaikan dengan nama yang kita masukan ke dalam isian Room name).
  2. Cara yang lebih mudah adalah dengan menambahkan akun roomname@partychapp.appspotchat.com ke GTalk kita (ganti roomname sesuai keinginan kita). Setelah itu kita coba kirim pesan ke akun tersebut. Chat room roomname itu akan otomatis dibuat bila chat room itu belum ada.
Setelah chat rooms kita siap digunakan, kita dapat menggunakan perintah "/invite alamatemailteman" (tanpa tanda kutip) untuk mengajak alamatemailteman kita bergabung di chat rooms kita. Perintah ini kita ketikan lewat window chat rooms kita. Kalau kita ingin bergabung di chat rooms yang sudah ada, kita harus menunggu invitation dari orang lain. Tapi kalau chat rooms yang sudah ada itu bersifat open, kita cukup lakukan langkah 2 di atas.

Ada beberapa perintah lain yang dapat kita gunakan dalam chat rooms ini, daftar lengkapnya dapat dilihat di bagian fitur halaman web Partychat http://partychapp.appspot.com/#nowwhat atau dengan mengetikan perintah "/help" (tanpa tanda kutip) pada window chat rooms kita.
    Semoga bermanfaat!

    PS:
    Khusus untuk group chat, kita dapat menggunakan Gmail chat (fitur chat dalam Gmail). Petunjuk penggunaan Gmail chat dapat dilihat di sini http://www.google.com/support/chat/bin/answer.py?hl=en&answer=81095.

    --
    Amir Syafrudin

    33 komentar:

    1. thanks infonya bermanfaat sekali.
      setelah kita creat roomchat-nya, bisa ga kita rename roomname-nya?

      BalasHapus
    2. Setahu saya roomname tidak bisa diubah.

      BalasHapus
    3. gmn cr ngedelete anggota yg sdh di room chat?

      BalasHapus
      Balasan
      1. Pakai perintah ini:

        /kick [alamat email user yang ingin di-kick]

        Misalnya ingin delete orangsokganteng@gmail.com, ketik:

        /kick orangsokganteng@gmail.com

        di chat windows-nya.

        Untuk daftar perintah lain, ketik:

        /help

        di chat windows-nya.

        Hapus
    4. mas, ada dua pertanyaan yang akan saya ajukan
      1. bagaimana cara menghapus salah satu member yang ada di room yang kita buat?
      2. aku sudah membuat room, coba coba meninggalkan ternyata setelah kutinggalkan, aku tidak bisa balik lagi. bagaimana cara baliknya agar aku bisa mengendalikan roomname yang kita buat ?
      terimakasih. hormat saya, edy

      BalasHapus
      Balasan
      1. 1. Sudah saya jawab persis di komentar sebelum komentar Anda. :)
        2. Minta tolong "invite" sama member lain atau coba gunakan perintah add ulang roomname terkait dan kirim message untuk memancing supaya kita di-add ke dalam room itu.

        Hapus
    5. SY SUDAH BUAT PARTYCHAT DAN SDH ADA BBRAPA TEMAN YG JOIN, TAPI PESAN YG DKIRIM KE GROUP GA NYAMPE MA TEMAN... GMN TUH BOS MOHON PENCERAHANNYA

      BalasHapus
      Balasan
      1. Gak nyampe ke orang-orang tertentu aja atau ke semua orang? Kalau hanya ke orang-orang tertentu, mungkin mereka belum dianggap join sama server partychat. Coba minta orang-orang itu kirim message ke grup dulu buat "mancing". Kalau gak nyampe ke semua orang, mungkin ada masalah di server partychat. Kalau ini sih terpaksa nunggu servernya operasional lagi.

        Hapus
    6. mas gimana ya caranya cari temen di g talk.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Gak ngerti deh. Saya sendiri gak pernah nyari temen di GTalk. Cuma nge-add orang-orang yang saya kenal aja.

        Hapus
    7. Terima kasih
      saya jadi tahu
      sudah saya praktekan langsung

      BalasHapus
    8. mw tnya klo sudah /kick 1 member partychat,
      dia masih terdaftar sm servernya di partychat itu (idle doang sebentar gak baca chat digroup) tp bs masuk ke partychat lagi kan dg tes message ke group?
      soalna 1 member itu blom /leave partychat???

      BalasHapus
      Balasan
      1. Setahu saya bukan masalah "leave"-nya. Yang membuat orang yang di-kick itu bisa langsung masuk lagi adalah karena chat group-nya bersifat open. Ubah dulu ke "invite only", lalu kick user terkait. Setelah itu seharusnya user yang di-kick itu gak bakal bisa join lagi tanpa di-invite member lain.

        Hapus
      2. gimana sih gan cara untuk mencari teman nya itu sendiri? ne alamat email aku dedisetiawan880@gmail.com. tolong dikirim yea gan...

        Hapus
      3. Kita perlu tahu dulu ID bot group chat yang sudah ada. Setelah itu kita pastikan bahwa group chat itu TIDAK bersifat invite-only. Kalau sudah kita temukan, kita tinggal add ID bot itu dan kirim sebuah pesan agar kita di-add ke dalam group chat tersebut. Setahu saya untuk daftar group chat yang sudah pernah dibuat itu memang tidak tersedia. Jadi kita tidak bisa browsing dan memilih group chat yang ingin kita ikuti.

        Hapus
    9. bagaimana cara mengundang lagi orang yg udah perbah di kick dari partychat?
      sudah saya invete tapi gak keluar notifnya di gtalk yg bersangkutan

      BalasHapus
      Balasan
      1. Saya sendiri gak ada pengalaman seperti itu, tapi kalau untuk mengakalinya sih cukup mudah. Kalau partychat itu sifatnya "open", orang yang udah di-kick cukup add aja ID bot partychat-nya (kalau udah hilang dari list GTalk dia) dan mulai kirim message lagi. Kalau partychat itu sifatnya "invite-only", set aja ke "open" dulu. Setelah orang yang bersangkutan udah masuk, kita kembalikan ke "invite-only".

        Hapus
    10. bagaimana cara mengganti nickname utk chatroom, biasanya harus mengganti namanya untuk ikut suatu chatrooms di gtalk

      BalasHapus
      Balasan
      1. Di partychat tidak harus menggunakan nickname. By default, username GTalk kita yang digunakan sebagai nickname. Kalau kita ingin menggantinya, gunakan perintah "/alias nickname_baru". Misalnya kita ketikan "/alias bagito", selanjutnya nickname kita di partychat itu akan menjadi "bagito".

        Hapus
    11. Hi, mau tanya kalau saya buat room tersebut pertama kali dan dalam hal ini saya sebagai administrator, bisakah hanya administrator saja yang bisa invite ? (seperti YM Group ChatRoom)
      Dan member tidak berhak invite kecuali saya.

      Dan mungkin ada alternatif group chatroom lain, ada pendapat mungkin selain gtalks.
      Trim's

      BalasHapus
      Balasan
      1. Setahu saya memang aturan mainnya itu siapa saja bisa invite user lain dan bahkan siapa saja bisa kick user lain. Jadi memang Partychat ini tidak memiliki fitur admin khusus karena semua user punya hak yang sama. Sementara untuk alternatif group chat yang lain, saya tidak bisa merekomendasikan apa pun.

        Hapus
      2. Trim's mas Amir, kebetulan saya ingin membuat group chat room seperti milik www.imgroup.net - Yahoo Group Chat Room, dan berhubung per tanggal 14 Desember 2012, situs Down, terpaksa musti cari alternatif lain.
        Trim's sekali lagi

        Hapus
      3. Sama-sama. Senang bisa membantu.

        Hapus
    12. Saya mau tanya mas, kok status di window temen saya offline terus ya, padahal saya yang bikin grupnya status di window saya online. ada apa ya? terimakasih atas jawabannya.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Untuk kasus ini saya gak bisa jawab nih. Kalau masalah status itu bisa jadi memang di server-nya sedang bermasalah atau mungkin masalah jaringan Internet teman Anda. Coba aja teman Anda leave group dulu, terus di-remove dulu bot-nya, terus coba join ulang.

        Semoga membantu.

        Hapus
    13. cara-cara diatas nggak ada yg jalan mas... bingung saya juga...

      BalasHapus
      Balasan
      1. sama... saya jg coba bikin baru, dah coba bbrp kali dr 1 bulan lalu smp skrg g bs jg, keterangannya sukses tp status grup nya off, tmn2 yg saya invite hanya terima pemberitahuan lewat gmail kalau ada undangan group, tp tdk bs accept. kira2 kenapa ya

        Hapus
      2. Kenapa ya? Saya juga udah lama gak bikin group chat/chat room baru. Apa mungkin server-nya partychat lagi down ya?

        Hapus
    14. Partychat sepertinya sedang ada masalah, room saya tiba2 ngga bisa berfungsi setelah berjalan sekian lama. jadilah saya di protes sama membernya. membuat yang baru ngga berfungsi dan ngga bisa lagi.
      ada solusi lain...please

      BalasHapus
      Balasan
      1. Sayaa sendiri masih mengandalkan Partychat untuk group chat di Google Talk. Bot-nya memang sering terlihat tidak aktif atau terasa tidak responsif, tapi dalam kasus saya, sifatnya selalu temporer. Sampai saat ini beberapa partychat yang saya gunakan masih berfungsi dengan baik. Saya sendiri tidak tahu alasan munculnya masalah-masalah dengan Partychat, sementara untuk solusi lain pun saya belum coba.

        Mohon maaf kalau kurang membantu.

        Hapus