Tips Memanfaatkan Blog Ini

  1. Perhatikan tanggal penulisan dan tanggal update artikel. Semakin baru tanggal-tanggal ini, semakin valid informasi yang tercantum.
  2. Harap membaca komentar-komentar sebelumnya sebelum bertanya; bisa jadi hal yang ingin Anda tanyakan sudah dijawab.
  3. Alternatif tempat bertanya: @asyafrudin

Minggu, 16 Desember 2012

Memindahkan Google Bookmarks ke Chrome Bookmarks

Sudah bertahun-tahun saya menggunakan layanan Google Bookmarks untuk keperluan bookmark saya saat browsing di Internet. Kenapa saya menggunakan Google Bookmarks? Pertama, bisa diakses lewat komputer mana saja (as opposed to a local per browser per computer bookmarks). Kedua, terintegrasi dengan akun Google sehingga saya tidak perlu membuat akun baru. Ketiga, bebas fitur "sosial" seperti halnya Delicious atau layanan social bookmarks sejenisnya.

Akses ke Google Bookmarks pun terbilang mudah. Web interface Google Bookmarks terbilang nyaman dan mudah digunakan. Add-ons Google Bookmarks yang handal untuk Firefox pun berhasil saya temukan. Bahkan sejak saya mulai menggunakan Google Chrome, saya tetap bertahan menggunakan Google Bookmarks lewat YAGBE (Yet Another Google Bookmarks Extension). YAGBE sendiri menjadi pilihan utama saya karena memang "nyaman dan mudah digunakan". Not like I need any other reason to use an extension though.

Sayangnya YAGBE sudah mulai memasang iklan. Untuk setiap web page yang di-load di Chrome, YAGBE akan menampilkan iklan (kalau tidak salah berbasis Google Ads) di bagian paling bawah web page tersebut. Fitur untuk menonaktifkan iklan ini memang tersedia di YAGBE, tapi saya tidak tega. Rasanya tidak sreg kalau saya, sebagai pengguna gratis YAGBE ini, tidak mau bahkan sekedar mengaktifkan fitur iklan (yang pada dasarnya memang tidak mengganggu) tersebut.

Walaupun begitu, waktunya tiba untuk move on. Setelah lama menggunakan Google Chrome, ada baiknya saya melakukan migrasi dari Google Bookmarks ke fitur bookmarks yang tersedia di Chrome. Alasannya? Karena Chrome Bookmarks juga menyediakan fitur sync. Dengan begitu, bookmarks di satu komputer pun masih bisa saya akses di komputer yang lain. Dengan fitur ini pula, bookmarks saya dapat diakses lewat Chrome di Android saya. Namun yang lebih penting lagi adalah saya bisa berhenti menggunakan YAGBE dan mengurangi sedikit beban dari komputer saya (less extension, less memory consumption). Selain itu, saya pun mengurangi sedikit konsumsi bandwidth saya karena iklan dari YAGBE pun otomatis hilang.

Lalu bagaimana cara mudah memindahkan bookmarks yang ada di Google Bookmarks ke Google Chrome? Akhirnya kita masuk ke inti tulisan ini --mohon maaf karena terlalu bertele-tele. Pemindahan bookmarks ini dapat dilakukan hanya dengan beberapa langkah sebagai berikut:
  1. Akses www.google.com/bookmarks menggunakan browser kita.
  2. Scroll ke bagian paling bawah dan klik link Export bookmarks di pojok kiri bawah web page Google Bookmarks. Sebuah file html (bernama GoogleBookmarks.html) akan otomatis diunduh ke komputer kita.
  3. Jalankan Google Chrome kita. Buka Bookmark Manager di Chrome (shortcut: Ctrl+Shift+O).
  4. Klik menu Organize.
  5. Pada pilihan yang muncul, klik "Import bookmarks from HTML file...".
  6. Pilih file GoogleBookmarks.html yang sudah kita unduh dan klik Open.
  7. Voila! Semua entri dari Google Bookmarks sudah masuk ke dalam Chrome Bookmarks di bawah folder Imported.
Mudah, bukan? Yang tersisa adalah membuang bookmarks yang sudah tidak lagi terpakai.

Tips: Tepat di bawah link Export bookmarks, ada link Delete all. Very useful! :D

--
Amir Syafrudin

*Gambar diambil dari http://thewritersgroup.com.au/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar