Tips Memanfaatkan Blog Ini

  1. Perhatikan tanggal penulisan dan tanggal update artikel. Semakin baru tanggal-tanggal ini, semakin valid informasi yang tercantum.
  2. Harap membaca komentar-komentar terkait sebelum bertanya; bisa jadi hal yang ingin Anda tanyakan sudah terjawab.
  3. Pertanyaan dapat disampaikan lewat bagian komentar atau lewat akun Twitter @asyafrudin.

Selasa, 31 Desember 2013

Memperpanjang SIM di Pelayanan SIM Keliling

Masa berlaku SIM sudah hampir habis? Perpanjang saja di Pelayanan SIM Keliling. Itulah yang saya lakukan saat masa berlaku SIM saya sudah hampir tutup usia. Setelah menghabiskan beberapa jam googling tentang Pelayanan SIM Keliling, akhirnya saya memutuskan untuk mencoba layanan tersebut untuk memperpanjang SIM saya.

Sebelum saya berbagi lebih lanjut, saya perlu tegaskan 2 hal, yaitu  (1) SIM yang saya urus adalah SIM A dan (2) SIM saya diterbitkan di Polres Metro Kota Tangerang. Kedua hal tersebut akan menentukan jumlah biaya yang perlu saya keluarkan dan lokasi pengurusan SIM saya. Jadi informasi yang akan saya tuangkan dalam tulisan ini sangat bergantung pada 2 hal tersebut.

Pertama, mengenai lokasi Mobil Pelayanan SIM Keliling. Saya mendapatkan informasi lokasi tersebut dari sini: http://ntmc-korlantaspolri.blogspot.com/2013/11/pelayanan-sim-keliling-wilayah-kota.html. Lokasi-lokasi Mobil Pelayanan SIM Keliling di Kota Tangerang berbeda setiap harinya: Senin di Tang City Cikokol, Selasa di Pos Pol Pinang Cipondoh, dan seterusnya. Saya sendiri mengurus perpanjangan SIM pada hari Jumat. Jadi, berdasarkan informasi yang saya dapat dari tautan (link) di atas, saya pun berangkat ke Mal Metropolis (Modern Land).

Saya tiba di Mal Metropolis sekitar pukul 08.15. Mobil Pelayanan SIM Keliling yang ada di dalam Mal Metropolis pun mudah ditemukan. Satpam Mal yang saya tanya pun memberi petunjuk dengan mudah. Berhubung mal itu masih sepi, mobil saya pun bisa saya parkir tidak jauh dari Mobil Pelayanan SIM Keliling itu. Tidak ada kendala sama sekali untuk menemukan mobil itu walaupun ini baru pertama kalinya saya memperpanjang SIM.

Berikut ini prosedur dan persyaratan yang perlu saya ikuti untuk memperpanjang SIM A saya:
  1. Saya menghampiri Mobil Pelayanan SIM Keliling (selanjutnya saya sebut "mobil") dan langsung meminta Formulir Perpanjangan SIM (selanjutnya saya sebut "formulir") kepada petugas di dalam mobil itu.
  2. Petugas meminta SIM A Asli dan Fotokopi KTP saya (KTP asli tidak diminta). SIM A itu disimpan oleh petugas, sementara Fotokopi KTP saya distaples ke formulir. Setelah itu formulir (dengan KTP yang distaples) diberikan ke saya untuk saya isi sendiri.
  3. Saya mengisi formulir tersebut sesuai isi KTP saya, mulai dari alamat, tempat lahir, tanggal lahir, dan lain-lain. Ada beberapa isian lain yang terkait dengan kesehatan, tapi isiannya tidak rumit. Untungnya saya membawa pulpen sendiri, sehingga saya tidak perlu cari pinjaman pulpen untuk mengisi formulir itu.
  4. Saya mengembalikan formulir yang sudah diisi itu ke petugas yang ada di dalam mobil. Formulir saya diterima dan saya diminta menunggu untuk dipanggil.
  5. Saya menunggu panggilan tidak jauh dari mobil karena petugasnya tidak menggunakan pengeras suara. Untungnya belum ada banyak orang yang mengantri sehingga di sekitar mobil pun tidak terlalu berisik.
  6. Saya dipanggil setelah sekitar 3-5 orang yang dipanggil lebih dulu. Saya tidak menyangkan akan dipanggil secepat itu karena saya dapat nomor urut 24. Prosedur pembuatannya memang terbilang cepat karena orang-orang yang dipanggil ke dalam mobil lebih dulu pun tidak lama kemudian keluar membawa SIM baru mereka.
  7. Di dalam mobil, saya diminta menandatangani sebuah kertas kecil yang kosong menggunakan spidol berwarna hitam. Area untuk tanda tangan dibatasi sejenis kotak agar tidak terlalu besar. Tanda tangan itu yang akan direkam ke dalam data kita. Intinya saya cukup membubuhkan tanda tangan sesuai KTP saya di atas kertas itu.
  8. Saya kemudian mengantri untuk foto dan rekam sidik jari. Saat diambil fotonya, data yang saya isi ke dalam formulir diklarifikasi kembali saat akan disimpan ke dalam sebuah sistem (aplikasi) oleh petugas terkait.
  9. Setelah foto dan rekam sidik jari selesai, saya diminta menunggu sebentar untuk proses pencetakan SIM. Setelah SIM baru saya selesai dicetak, saya menerimanya dan prosedur pengurusan SIM selesai.
Total biaya untuk perpanjangan SIM A saya adalah Rp. 150.000. Tidak ada kendala sama sekali dalam proses perpanjangan SIM A di Mobil Pelayanan SIM Keliling tersebut. Prosedurnya tidak ribet dan tidak bertele-tele. Seingat saya, waktu yang dibutuhkan mulai dari mengisi formulir sampai menerima SIM baru itu membutuhkan waktu tidak lebih dari 30 menit.

Beberapa tips lain yang bisa saya sampaikan terkait perpanjangan SIM A di Mobil Pelayanan SIM Keliling adalah sebagai berikut:
  1. Cari informasi yang valid mengenai lokasi Mobil Pelayanan SIM Keliling. Ada kemungkinan lokasi mobil tersebut tidak sama setiap harinya. Jangan sampai kita datang ke lokasi yang salah.
  2. Bawa pulpen sendiri. Jangan sampai kita merepotkan orang lain (dan tentunya merepotkan diri kita sendiri) karena harus meminjam pulpen.
  3. Pakai kemeja. Setahu saya saat foto SIM itu harus memakai kemeja; bukan kaos. Jadi sebaiknya kita membawa kemeja kita sendiri, baik langsung dipakai atau hanya dipakai saat akan masuk ke dalam Mobil Pelayanan SIM Keliling. Kalau memang tidak sempat membawa, ada kemungkinan kita bisa meminjam kemeja yang memang disediakan untuk digunakan oleh pemohon SIM di dalam mobil.
  4. Datang sepagi mungkin. Lebih pagi, lebih sedikit pemohon, lebih cepat selesai.
Demikian informasi yang bisa saya sampaikan.

Semoga bermanfaat!

34 komentar:

  1. Info yang bagus , kebetulan sim saya akan segera berakhir di bulan April Ini

    BalasHapus
  2. Mau tanya gan, apa tidak pake surat keterangan sehat jasmani dan rohani? Setau saya setiap perpanjangan sim harus ada kir dokter itu deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu dia. Saya juga sempat mikir gitu. Entah kenapa waku saya mengurus perpanjangan SIM saat itu memang tidak pakai surat keterangan sehat. Yang lain yang mengurus bareng saya pun sama saja; sama-sama tidak pakai surat keterangan sehat. Mungkin memang begitu prosedurnya untuk SIM Keliling.

      Hapus
  3. Kalo ktp beda kota sama simnya boleh gk ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kurang tahu. Mohon maaf tidak bisa membantu.

      Hapus
  4. makasi bro infonya . kebetulan lagi googling nyasar ksini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama. Makasih dah mampir dan ninggalin komentar.

      Hapus
  5. Balasan
    1. Kurang tahu, Mas. Saya hanya tahu kalau SIM keliling itu melayani perpanjangan SIM A dan C.

      Hapus
  6. Pak sy mo tanya..sy mau perpanjang STNK...thn kemarin balik nama..tp yg tertera hanya di STNK nya saja sedangkan di BPKB nya blm berubah..td. sy mau perpanjang STNK ternyata petugasnya bilang BPKB nya harus di balik nama dulu ke gedung biru...itu bisa diwakilkan tidak ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk kondisi itu saya tidak bisa membantu, Mas. Saya sendiri bahkan belum pernah mengurus balik nama. Maaf kalau kurang membantu.

      Hapus
  7. alhamdulillah
    tambah mudah mengurus SIM online sendiri
    terima kasih banyak infonya

    BalasHapus
  8. Mau tanya, saya barusan ingin perpanjang SIM, antri banyak, kebetulan karena SIM saya masa berlakunya tinggal sehari lagi, saya disarankan sama petugas untuk langsung menghadap seseorang (sepertinya satpam atau apa, tapi berseragam hitam. Saya cuma diminta fotokopi KTP dan fotokopi SIM,tidak melalui bagian administrasi depan, besok pagi disuruh balik lagi, sayangnya saya lupa menanyakan nama dan nomornya Bapak itu. Sampai di rumah saya baru kepikiran apakah itu calo?

    Pertanyaannya, jika saya akhirnya lebih memilih membuat SIM di tempat lain (karena dapat info di dekat rumah besok pagi ada SIM KELILING), apakah saya akan bermasalah dengan 'calo' tersebut? dalam hal ini saya tidak meninggalkan KTP maupun SIM asli, saya juga belum foto dan sidik jari.

    Mohon penjelasannya. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin saja itu calo, Mas Joko. Menurut saya, lebih baik urus di SIM keliling saja. Untuk urusan calo, kalau bisa dihindari saja.

      Hapus
  9. Mau tanya paj.. besok saya mau perpanjang sim di tangerang tp alamat sim + ktp saya jawa .. kira2 bs g ya pak.. mohon info nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sampai saat ini, saya belum tahu perihal mengurus SIM dengan KTP beda wilayah. Mohon maaf tidak bisa membantu.

      Hapus
  10. Mohon info Pak....saya mau perpanjang SIM C, tp KTP saya blm ektp, apa msh bisa diproses ?
    Tq b4

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lho, harus e-KTP? Saya malah baru tahu.

      Hapus
    2. Ada info spt itu, Alhamdulillah klo msh bs Pak...makasih yaa pak

      Hapus
  11. Balasan
    1. Saya malah baru tahu ada aturan itu.

      Hapus
  12. mohon informasi, saya mau perpanjang SIM A daerah Purwokerto sedangkan saat ini sedang berkunjung di Karawaci Tangerang, apakah bisa melalui layanan on line SIM Keliling? dan mohon info lokasinya. Tksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf saya tidak tahu pasti sudah seluas apa cakupan layanan online SIM keliling.

      Hapus
  13. Kalo ingin memperbaiki sim a yang kelebihan nama apa bisa di rubah saat perpanjang sim nanti pak ?makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang tahu. Mohon maaf tidak bisa membantu.

      Hapus
  14. Saya beralamat tangerang kota apa bisa mengurus sim di alam sutra?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kurang tahu untuk daerah Alam Sutera.

      Hapus
  15. Terimakasih utk infonya pak amir syafrudin, utk rekan2 dr daerah yg mau perpnjng ms brlku sim,info yg sy dpt dr petugas pajak stnk keliling & info google itu bs dilakukan ditmpt kita tinggal skrg, s&k sprt yg pak amir smpaikan,info detil bs serch digoogle, sy jg mau perpnjng ms aktf sim C sy, & sy jg dr daerah (jawa).maaf mdh2n membantu.

    BalasHapus
  16. MU tanya mas...... Kalo mau memperpanjang stnk mobil bandung gmn ya.... Saya di kudus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan cek di tulisan tentang STNK dalam blog ini.

      Hapus
  17. Mas Amir, jadwal mall metropolis itu setiap Jumat ya Mas, lokasi mobilnya di dlm parkiran mall atau di luar mall nya ya, lalu sebaiknya kita tiba di sana jam brp ya, mksh Mas info berharganya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu 4 tahun yang lalu, Mas. Lebih baik cari info lagi ya. Saat itu, lokasinya di dalam area parkir. Saat itu, saya tiba jam 8an sudah dapat nomor antrian 20an, tapi tetap cepat karena durasi per orang juga tidak terlalu lama.

      Hapus
    2. Terimakasih bnyk infonya ya Mas Amir, info Anda sangat berharga, tetap sukses dan jaya selalu Mas Amir..

      Hapus