Tips Memanfaatkan Blog Ini

  1. Perhatikan tanggal penulisan dan tanggal update artikel. Semakin baru tanggal-tanggal ini, semakin valid informasi yang tercantum.
  2. Harap membaca komentar-komentar sebelumnya sebelum bertanya; bisa jadi hal yang ingin Anda tanyakan sudah dijawab.
  3. Alternatif tempat bertanya: @asyafrudin

Rabu, 06 Oktober 2010

Download Video dari Youtube

PEMBERITAHUAN
Saya tidak lagi menggunakan aplikasi yang tercantum di bawah karena saya sudah lama beralih ke JDownloader untuk mengunduh video dari Youtube. Untuk menghindari kesalahan informasi, terhitung mulai tanggal 15 Januari 2014, fitur komentar untuk tulisan ini ditutup.

UPDATE (23 April 2011)
Pastikan untuk menggunakan versi terakhir dari Any Video Converter dan Youtube Downloader HD untuk mencegah masalah saat download video dari Youtube. Selain itu, berdasarkan pengalaman pribadi, Any Video Converter versi 3.2.0 ke atas tidak mengharuskan kita memasukan username dan password akun Youtube kita.

Ada banyak cara mudah untuk mengunduh (download) video yang ada di Youtube. Dalam tulisan ini, saya akan paparkan 3 (tiga) aplikasi yang dapat digunakan untuk mengunduh video-video tersebut. Tiga aplikasi tersebut adalah Any Video Converter, Youtube Downloader HD, dan Savevid.com.

Any Video Converter adalah aplikasi yang dapat kita gunakan untuk merubah (convert) format video dari berbagai format ke berbagai format. Aplikasi ini dapat diunduh dari http://www.any-video-converter.com/products/for_video_free/. Aplikasi ini adalah aplikasi freeware. Jadi kita tidak perlu pusing mencari crack, keygen, atau sejenisnya.

Saya sudah mencobanya untuk merubah format video seperti MKV, MP4, FLV, dan 3GP. Sementara aplikasi ini sendiri mendukung lebih banyak format video. Terlepas dari itu, aplikasi ini menyediakan fitur untuk mengunduh video dari Youtube. Untuk mengunduh video dari Youtube menggunakan aplikasi ini, kita harus memiliki akun Youtube.

Setelah aplikasi ini berhasil di-instal dan dijalankan, masuk ke menu Edit > Options > Online Video dan masukan username dan password Youtube kita. Klik OK untuk menyimpan informasi akun Youtube kita dan kembali ke tampilan utama aplikasi. Di toolbar aplikasi (bagian atas tampilan utama), klik tombol Youtube kemudian masukan URL ke video Youtube yang ingin kita unduh seperti http://www.youtube.com/watch?v=eRsGyueVLvQ. Klik OK dan URL yang kita masukan akan terlihat pada daftar video dalam tampilan utama aplikasi Any Video Converter. Klik dua kali pada URL dalam daftar tersebut untuk mulai mengunduh video terkait. Informasi lebih lanjut mengenai mengunduh video dari Youtube dengan aplikasi ini dapat ditemukan di http://www.any-video-converter.com/support/faqs/youtube_faqs.php (dalam bahasa Inggris).



Aplikasi selanjutnya adalah Youtube Downloader HD yang dapat diunduh dari http://www.youtubedownloaderhd.com/. Aplikasi ini lebih praktis bila dibandingkan dengan Any Video Converter. Tampilan utama aplikasi ini sangat mudah digunakan. Kita dapat langsung memilih kualitas video yang kita gunakan dan memasukan URL video yang ingin kita unduh pada tampilan utama.

Berbeda dengan Any Video Converter, Youtube Downloader HD tidak mengharuskan kita memasukan informasi akun Youtube kita sebelum mengunduh video dari Youtube. Sayangnya dengan Youtube Downloader HD ini, kita harus menunggu satu video selesai diunduh sebelum memasukan URL video yang lain. Sementara dengan Any Video Converter, kita dapat memasukan URL sebanyak mungkin dan aplikasi tersebut akan mengunduh semuanya.


Aplikasi selanjutnya adalah Savevid.com. Aplikasi ini adalah aplikasi berbasis browser. Jadi kita tidak perlu melakukan instalasi apa pun. Hanya saja dalam proses unduh video lewat aplikasi ini dibutuhkan Java Runtime Environment (Java) di komputer kita. Ini bukan masalah besar karena Microsoft Windows pada umumnya sudah dilengkapi Java.

Proses unduh video di Savevid.com dapat dikatakan semudah Youtube Downloader HD. Semua kebutuhan kita dapat diakses di halaman utama. Kita cukup memasukan URL video yang ingin kita unduh dan Savevid.com akan memberikan pilihan resolusi dan format video yang dapat kita unduh. Klik salah satu pilihan tersebut untuk mengunduh video yang kita inginkan.


Semoga bermanfaat!
--
Amir Syafrudin

Versi PDF tulisan ini: T/A (Tidak Ada)

3 komentar:

  1. after you download the video from the youtube.com, you can use our video converter to help you to convert the video.
    http://www.leawo.com/leawo-video-converter/

    BalasHapus
  2. wah lengkap tutorial ya di sini :)

    BalasHapus
  3. JDownloader juga bisa dipakai untuk download video dari Youtube. Aplikasinya pun mudah dipakai seperti Download Manager pada umumnya.

    JDownloader dapat diunduh dari http://www.jdownloader.org

    BalasHapus