Tips Memanfaatkan Blog Ini

  1. Perhatikan tanggal penulisan dan tanggal update artikel. Semakin baru tanggal-tanggal ini, semakin valid informasi yang tercantum.
  2. Harap membaca komentar-komentar terkait sebelum bertanya; bisa jadi hal yang ingin Anda tanyakan sudah terjawab.
  3. Pertanyaan dapat disampaikan lewat bagian komentar atau lewat akun Twitter @asyafrudin.

Jumat, 05 Juni 2009

Mengakali Blokir URL

URL (Uniform Resource Locator) adalah cara yang paling umum digunakan pengguna Internet untuk mengunjungi sebuah situs. Saya tidak perlu menulis panjang lebar tentang URL. IP Address pun pada dasarnya bukan hal baru bagi para pengguna Internet. Kita sama-sama tahu bahwa URL itu sebenarnya berfungsi sebagai alias untuk IP Address dari sebuah situs.

Saya rasa sebuah contoh cukup untuk menjelaskan hubungan antara IP Address dan URL. Situs dengan URL www.antaranews.com memiliki IP Address 202.134.4.28. Jadi pada dasarnya dua alamat di bawah ini akan membawa Anda ke tempat yang sama:

http://www.antaranews.com
http://202.134.4.28

Jadi seandainya pengelola jaringan Internet Anda memblokir akses ke sebuah URL, Anda mungkin bisa menggunakan pasangan IP Address dari URL tersebut sehingga Anda dapat terbebas dari blokir.

Untuk mengetahui IP Address dari sebuah URL, Anda dapat menggunakan layanan yang tersedia di http://ping.eu/. Masuk ke situs tersebut, masukan URL pada isian "Domain or host name", klik pilihan "DNS lookup", dan klik tombol "Go" untuk melihat hasilnya.

Kalau dengan memasukan IP Address pun tidak berhasil mengatasi blokir, mungkin Anda perlu versi lain dari IP Address tersebut. Versi lain? Betul. IP Address dapat direpresentasikan ke dalam 4 (empat) bentuk, yaitu dotted-decimal (versi yang umum seperti contoh di atas), dword (atau decimal), octal, dan hexadecimal. Saya hanya akan menjelaskan versi dword. Referensi lebih lanjut mengenai berbagai versi IP Address ini dapat dilihat di akhir tulisan ini.

Versi dword dari sebuah IP Address didapatkan melalui cara tertentu. Saya tidak akan membicarakan masalah teknisnya di sini. Layanan untuk melakukan konversi IP Address dari dotted-decimal ke dword atau sebaliknya sudah banyak tersedia di Internet.

Satu layanan yang saya gunakan adalah http://www.allredroster.com/iptodec.htm. Masuk ke halaman web tersebut, masukan kombinasi IP Address versi dotted-decimal ke isian "Enter IP address", klik tombol "Calculate" dan versi dword dari IP Address Anda dapat dilihat di dalam isian "Decimal".

Untuk IP Address pada contoh di atas, yaitu 202.134.4.28, hasil konversinya adalah 3397780508. Sekarang untuk mengakses situs www.antaranews.com saya dapat menggunakan 3 (tiga) alamat yang berbeda:

http://www.antaranews.com
http://202.134.4.28
http://3397780508

Semoga bermanfaat!

Referensi:
--
Amir Syafrudin

Versi PDF tulisan ini: http://www.4shared.com/file/111564519/9fa00733/MengakaliBlokirURL.html

Tidak ada komentar: