Tips Memanfaatkan Blog Ini

  1. Perhatikan tanggal penulisan dan tanggal update artikel. Semakin baru tanggal-tanggal ini, semakin valid informasi yang tercantum.
  2. Harap membaca komentar-komentar terkait sebelum bertanya; bisa jadi hal yang ingin Anda tanyakan sudah terjawab.
  3. Pertanyaan dapat disampaikan lewat bagian komentar atau lewat akun Twitter @asyafrudin.

Selasa, 25 Januari 2011

Menghapus Aplikasi Memory Bar Dari USB Flash Disk

Beberapa waktu yang lalu saya sempat menghadiri seminar dan mendapatkan suvenir berupa sebuah USB flash disk berukuran 2 GB. Tidak ada yang spesial dari flash disk tersebut kecuali di dalamnya sudah terisi materi-materi seminar yang diproteksi menggunakan aplikasi bernama Memory Bar.

Fungsi proteksi data Memory Bar cukup baik. Pada prinsipnya Memory Bar membagi space di Flash Disk menjadi bagian yang dapat diakses lewat Windows Explorer (bagian publik) dan bagian yang dapat diakses setelah memasukan password lewat aplikasi tersebut j(bagian privat). Akan tetapi, saya sendiri tidak merasa membutuhkan Memory Bar dan memilih untuk menghapusnya dari USB saya.

Untuk menghapus Memory Bar dengan sempurna, kita dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini. Sebelumnya perlu diperhatikan bahwa langkah-langkah berikut dapat menyebabkan hilangnya data dalam USB. Sebaiknya lakukan back up data terlebih dahulu sebelum menghapus Memory Bar.

Langkah-langkah untuk menghapus aplikasi Memory Bar dari USB:
  1. Setelah USB kita colok ke komputer, buka aplikasi Memory Bar (memorybar.exe).
  2. Klik tab Partition dan arahkan pointer pada bagian Security Disk Size ke "Min".
  3. Klik tombol Partition dan masukan password Memory Bar kita. Klik tombol Login.
  4. Pada jendela peringatan yang muncul, klik tombol Partition. Dengan langkah ini, bagian privat USB flash disk kita akan diformat.
Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, bagian privat dari USB flash disk kita akan hilang. USB flash disk kita dapat kembali digunakan sebagaimana layaknya USB flash disk pada umumnya tanpa perlu lagi menggunakan password.

Semoga bermanfaat!

Referensi:
--
Amir Syafrudin

4 komentar:

  1. Flashdisk-ku terbaca sebagai memory bar, tapi setelah aplikasi memorybar.exe tak buka malah ada peringatan "disk write protect". Gmn solusinya ya? Trims

    BalasHapus
  2. Apa mungkin flash disk-nya tidak sengaja di-lock? Kan ada tuh beberapa flash disk yang menyediakan tombol lock manual.

    BalasHapus
  3. BOS KALO SAYA KLIK MEMORY BAR KETIKA COLOK FLASDISKNYA DI WARNET MUNCUL PESAN "NOT FIND USB DISK: BAGAIMANA MENGATASINYA YA...??
    TERIMAKASIH SEBELUMNYA....
    KIRIM AJA KE EMAIL SAYA BOS
    SUGENG1506@GMAIL.COM

    BalasHapus
  4. Maaf, Mas sugeng1506. Untuk masalah di atas saya tidak bisa membantu. Saya sendiri tidak pernah bermasalah saat menggunakan aplikasi Memory Bar itu.

    BalasHapus