Tips Memanfaatkan Blog Ini

  1. Perhatikan tanggal penulisan dan tanggal update artikel. Semakin baru tanggal-tanggal ini, semakin valid informasi yang tercantum.
  2. Harap membaca komentar-komentar terkait sebelum bertanya; bisa jadi hal yang ingin Anda tanyakan sudah terjawab.
  3. Pertanyaan dapat disampaikan lewat bagian komentar atau lewat akun Twitter @asyafrudin.

Senin, 26 September 2011

Menggunakan fitur List dan Subscription di Facebook

Persaingan jejaring sosial bergulir kembali. Menyikapi kehadiran Google+, Facebook pun melakukan banyak perubahan pada fitur-fiturnya sendiri. Perubahan yang dilakukan pun cukup banyak. Kemungkinan besar para pengguna Facebook pada umumnya akan membutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk bisa memahami dan menggunakan fitur-fitur baru di Facebook.

LIST
Salah satu perubahan yang menarik untuk dicoba di Facebook adalah fitur List. Sebelumnya fitur List di Facebook ini sebatas digunakan untuk mengelompokan Friends kita ke dalam kelompok tertentu. Saya sendiri sebelumnya menggunakan List ini untuk mengumpulkan keluarga, teman-teman sekolah, teman-teman kuliah, dan rekan-rekan kerja. Semua List yang saya buat itu saya gunakan bila saya ingin melihat status updates dari orang-orang dalam List tertentu.

Yang disayangkan adalah fitur List ini sedikit sekali diekspos oleh Facebook. Jadi tidak heran kalau sebelumnya banyak pengguna Facebook yang bahkan tidak mengetahui keberadaan fitur List ini. Akan tetapi, Facebook saat ini sudah mulai memaksimalkan fitur List. Fitur List ini bahkan dibuat sedemikian rupa sehingga mirip (atau bahkan melebihi kemampuan) fitur Circle di Google+.

List dapat diakses di sidebar dalam bagian Home di Facebook. Saat pemakaian pertama kali, daftar List yang dapat kita akses adalah kombinasi dari Default List (Close Friends, Acquaintances, dan Restricted), Smart List (yang otomatis dibuat berdasarkan status keluarga, pendidikan, dan pekerjaan), dan Old List (yang sebelumnya kita buat sendiri).

Default List
Smart List
Seandainya Old List yang kita punya tumpang tindih dengan Default List atau Smart List, kita dapat menggabungnya menjadi satu dengan fitur Merge List. Misalnya saya memiliki List Family dalam Old List saya yang tumpang tindih dengan List Family dalam Smart List saya. Untuk menggabungkan kedua list tersebut, saya buka Smart List Family lewat sidebar. Selanjutnya saya klik tombol Manage List di pojok kanan atas dan klik pilihan Merge List. Selanjutnya kita tinggal memilih Old List Family untuk digabungkan ke dalam Smart List Family.

Manage List
Merge List
Sebagaimana fitur List sebelumnya, fitur List yang baru memungkinkan kita melihat status updates dari orang-orang tertentu saja. Contohnya List Family di atas memungkinkan kita melihat status updates dari keluarga kita saja. Perbedaannya dengan fitur List yang lama adalah fitur List yang baru pun memungkinkan membatasi siapa saja yang bisa membaca status updates kita. Hal ini yang membuat saya mengkaitkan fitur List yang baru di Facebook ini dengan fitur Circle di Google+.

Status Updates untuk List tertentu
Dengan fitur List yang baru di Facebook, kita bisa memilih siapa yang ingin kita baca statusnya dan kita bisa memilih siapa yang bisa membaca status kita. Dengan begitu, kita memiliki kontrol yang lebih baik terhadap arus informasi yang beredar di seputar akun Facebook kita. Pada akhirnya, kita pun akan memiliki kontrol yang lebih baik terhadap perilaku sosial kita di Facebook.

SUBSCRIPTION
Fitur lain yang fungsinya serupa dengan fitur List adalah Subscription. Paparan mengenai fitur Subscription ini akan saya tuangkan dalam post selanjutnya; insya Allah.

--
Amir Syafrudin

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar