Tips Memanfaatkan Blog Ini

  1. Perhatikan tanggal penulisan dan tanggal update artikel. Semakin baru tanggal-tanggal ini, semakin valid informasi yang tercantum.
  2. Harap membaca komentar-komentar terkait sebelum bertanya; bisa jadi hal yang ingin Anda tanyakan sudah terjawab.
  3. Pertanyaan dapat disampaikan lewat bagian komentar atau lewat akun Twitter @asyafrudin.

Jumat, 10 Juli 2009

Update Symantec Antivirus Client Tanpa Liveupdate

PEMBERITAHUAN
Saya (Penulis) sudah tidak lagi menggunakan Symantec Antivirus sehingga tidak memungkinkan bagi saya untuk menjawab pertanyaan yang diajukan pembaca dengan baik. Dengan demikian, terhitung mulai tanggal 21 September 2012, bagian komentar blog post ini saya tutup. Harap maklum.

Tulisan Awal
Cara paling nyaman untuk update Symantec Antivirus Client adalah dengan LiveUpdate. Sayangnya LiveUpdate mengharuskan kita terhubung ke Symantec Antivirus Server atau lokasi lain yang memiliki fungsi sejenis. Kondisi ini tentu menyulitkan pengguna Symantec Antivirus apabila server tersebut tidak tersedia, misalnya karena komputer pengguna tersebut tidak terhubung ke jaringan.

Tanpa LiveUpdate berarti update Symantec Antivirus Client harus dilakukan secara manual. Salah satu cara manual ini adalah dengan menggunakan file .XDB. File ini dapat diunduh dari http://www.symantec.com/business/security_response/definitions/download/detail.jsp?gid=savce.

Pada halaman web tersebut, cari bagian Manager Installations on Windows Platforms (32-bit). Setelah itu cari sub-bagian Symantec Antivirus Server installations on Windows platforms (32-bit). Di sini kita akan menemukan link ke sebuah file .XDB yang dapat kita unduh. Jangan bingung dengan kata-kata "Server" di bagian ini karena file .XDB ini juga dapat digunakan untuk update Symantec Antivirus Client.


Setelah selesai mengunduh file .XDB tersebut, kita cukup copy file tersebut ke folder yang tepat sesuai dengan jenis Windows yang kita gunakan. Untuk pengguna Windows 2003/XP/2000, copy file tersebut ke folder C:\Documents and Settings\All Users\Application Data\Symantec\Symantec AntiVirus Corporate Edition\7.5\ ke dalam komputer terkait.

Cukup itu saja langkah yang perlu dilakukan untuk melakukan update Symantec Antivirus Client dengan file .XDB. Symantec Antivirus Client dilengkapi dengan sebuah aplikasi kecil yang akan memeriksa keberadaan file .XDB baru pada folder yang disebutkan di atas. Selanjutnya program itu yang akan mengolah file .XDB untuk update Symantec Antivirus Client yang sedang berjalan.

Semoga bermanfaat!

Referensi:
--
Amir Syafrudin

Versi PDF tulisan ini: http://www.4shared.com/file/117327559/a9701d3e/UpdateSymantecAntivirusClientTanpaLiveupdate.html

17 komentar:

  1. hadis
    terus kalau sudah diupdate boleh kita buang file updatenya tipe xdb .apakah updatenya itu masih baru?bingung ni kalau tdk dibuangkan kan buat penuh kapasitas hdd?

    BalasHapus
  2. Selama proses update manual ini sudah selesai, file XDB bisa dibuang. Yang penting pastikan dulu kalau Symantec Antivirus Client-nya udah up-to-date. Setelah itu silakan hapus file XDB-nya.

    BalasHapus
  3. gmana caranya kita tahu klo proses update manual sedang berlangsung ato udh selesai???


    apa cara tersebut bisa digunakan untk update semua jenis symantec antivirus????

    BalasHapus
  4. bagamna kita mengetahui type dari symantec yg terinstal di pc kita????

    soalnya kmrn tu yg nginstalin tukang service...coba aq buka symantec nya tidak menemukan....jadi aq kebingungan mw update amnual....sebenernya penegen jga pke liveupdate, tapi btuh byk waktu.....alhasill,,proses liveupdate an q selalu g sampe selesai...


    mohon penjelasannya ...terimakasih...

    BalasHapus
  5. Proses update manual, setelah file .XDB kita copy-paste ke folder yang sesuai, dilakukan secara periodik. Symantec Antivirus Client itu akan memeriksa folder tempat kita copy-paste file .XDB itu setiap 10 menit. Kalau ditemukan file .XDB baru, proses update akan berjalan. Sayangnya proses update ini tidak terlihat oleh user. Tidak ada progress bar atau sejenisnya untuk memperlihatkan proses update sedang berjalan. Yang bisa kita lakukan untuk memeriksa hasil update secara manual adalah memeriksa tanggal antivirus definition di komputer kita. Tanggal antivirus definition itu akan berubah sesuai dengan file .XDB yang terbaru.

    BalasHapus
  6. Untuk mengetahui versi Symantec Antivirus Anda, coba buka kembali aplikasinya. Setelah itu buka bagian "Help", "Help & Support", atau sejenisnya. Di bagian itu seharusnya kita bisa melihat versi Symantec Antivirus yang kita gunakan. Saya tidak bisa memberikan gambaran lengkap, tapi link yang saya sertakan di bawah mungkin bisa membantu.

    http://kb.wisc.edu/helpdesk/page.php?id=7178

    BalasHapus
  7. Ok gan, akan saya Coba...

    BalasHapus
  8. setahu saya update manual cukup di extrak file tersebut dengan cara dobel klik, akan jalan sendiri tu update

    BalasHapus
  9. oke bos akan saya praktekkan, makasih atas infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip. Semoga informasinya masih valid ya. Tulisan ini umurnya sudah hampir 3 tahun sih. :)

      Hapus
  10. kalau untuk update scan engine-nya gimana
    dalam jaringan di tempat saya bekerja, ada yang scan engine-nya bisa update
    tapi di komputer yang lain ga update

    BalasHapus
    Balasan
    1. Informasi yang saya miliki terbatas pada apa yang saya tulis di atas. Jadi saya tidak bisa menjawab pertanyaan Anda. Maaf.

      Hapus
  11. min, kenapa ya symantec ku nggak bisa diupdate scra meskipun secara online??? pas diupdate katanya liveupdatenya rusak, jadi gimana ya cara memperbaikinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, Mbak Siti. Untuk masalah ini saya tidak tahu jawabannya.

      Hapus