Tips Memanfaatkan Blog Ini

  1. Perhatikan tanggal penulisan dan tanggal update artikel. Semakin baru tanggal-tanggal ini, semakin valid informasi yang tercantum.
  2. Harap membaca komentar-komentar terkait sebelum bertanya; bisa jadi hal yang ingin Anda tanyakan sudah terjawab.
  3. Pertanyaan dapat disampaikan lewat bagian komentar atau lewat akun Twitter @asyafrudin.

Rabu, 29 September 2010

Mematikan fitur Google Buzz

PEMBERITAHUAN
Fitur komentar untuk tulisan ini ditutup karena informasi yang ada di dalam tulisan ini tidak lagi valid.

Tulisan Awal
Google Buzz adalah salah satu bentuk pendekatan Google terhadap social media seperti Facebook atau Twitter. Sayangnya tidak seperti Facebook atau Twitter, Google Buzz ibarat layanan tak terpisahkan dari Gmail. Untuk mengakses dan menggunakan Google Buzz, kita harus terlebih dahulu sign in ke dalam Gmail.

Ada banyak alasan kenapa seseorang mau menggunakan Google Buzz dan ada banyak alasan kenapa seseorang mau menghapus Google Buzz. Untungnya mematikan fitur Google Buzz dari akun Gmail kita itu sangat mudah melalui langkah-langkah berikut:
  1. Masuk ke dalam akun Gmail Anda. Scroll halaman ke bagian paling bawah. Kita akan menemukan link "turn off buzz". Klik link "turn off buzz" itu untuk memulai.
  2. Kita akan diarahkan ke bagian Settings - Buzz. Di halaman Settings - Buzz ini, scroll halaman ke bagian bawah dan cari pilihan "Show Buzz in Gmail". Klik pilihan "Do not show Google Buzz in Gmail" dan klik tombol "Save Changes".
  3. Gmail akan reload dan Google Buzz tidak lagi muncul di Gmail kita.
Perlu diperhatikan bahwa langkah di atas tidak bersifat permanen. Untuk memunculkan kembali fitur Google Buzz di Gmail, scroll halaman Gmail ke bagian paling bawah dan klik link "turn on buzz". Gmail akan reload dan Google Buzz sudah siap digunakan.

Untuk menghapus Google Buzz secara permanen, masuk ke bagian Settings - Buzz seperti di atas. Scroll ke bagian bawah dan klik link "Disable Google Buzz". Perhatikan bahwa dengan mematikan Google Buzz secara permanen, kita juga akan menghapus Google Profile kita.

Masih ada akun social media lain yang ingin dihapus? Coba kunjungi Delete Your Account. Situs tersebut berisi cara-cara untuk menghapus berbagai akun layanan web -termasuk Facebook dan Twitter.

Semoga bermanfaat!
--
Amir Syafrudin

Tidak ada komentar: